Jumat, 18 Desember 2009

Format Rencana Awal PTK

FORMAT RENCANA AWAL PTK


Nama : Suminem

N I M : 282009087

Kelas : C

LOKASI

PENELITIAN

KELAS V SD KLIDANG LOR BATANG JAWA TENGAH

ANALISIS

KONDISI AWAL

Siswa kelas V SD Klidang berjumlah 28 orang mereka rata – rata memiliki nilai rapor dalam mata pelajaran matematika sangat rendah, kebanyakan nilainya dibawah kriteria ketuntasan Minimal ( KKM ). Dari 28 siswa kelas V SD Klidang Lor tesebut sebanyak 65% mengalami kesulitan mengerjakan matematika bangun datar dalam bentuk metrik maupun bentuk berhitung soal ( mengacu pada rumpun jajaran genjang, yang didalamnya termasuk persegi panjang, belah ketupat dan persegi )

RUMUSAN

MASALAH

Bagaimana meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Klidang Lor melalui bimbingan belajar kelompok dalam mata pelajaran matematika bangun datar dalam bentuk metrik maupun bentuk berhitung soal ?

LANDASAN

TEORI

Temuan PTK ditinjau dari kegiatan teori adalah : bahwa pelaksanaan diskusi kelompok dengan jumlah peserta yang kecil biasanya lebih efektif dari pada yang jumlah pesertanya besar.

Kelompok kecil biasanya diikuti peserta yang jumlahnya kurang dari sepuluh orang, topiknya jelas ada interaksi tatap muka, dan berlangsung sistematis.

- Ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan adalah ketrampilan untuk mengadakan :

1. Pendekatan positif secara pribadi

2. Pengorganisasian siswa

3. Membimbing dan memudahkan belajar

4. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar

BENTUK DAN TINDAKAN

HASIL YANG DIHARAPKAN ( INDIKATOR )

Pertemuan 1

Secara klasikal guru mengingatkan kembali cirri – cirri bangun datar dan cara menghitung luasnya ( yaitu bangun datar jajaran genjang, persegi panjang, persegi dan belah ketupat ) bahwa dari keempat bangun tersebut mempunyai ciri yang sama yaitu :

a. Sisi yang berhadapan sejajar dan sama panjang

b. Sudut yang berhadapan sama besar

Siswa secara individu mengerjakan LK dua model bentuk soal yang meterinya sama, dibimbing oleh guru.

Pertemuan 1

Sebanyak 75% siswa mengetahui cara mengerjakan soal matematika bangun datar menggunakan gambar bangun dan berbentuk metrik ( tabel )

Pertemuan 2

Setiap kelompok belajar terdiri dari 4 – 5 anak. Setiap kelompok mengerjakan 8 soal matematika yang berbentuk metrik ( tabel ) materinya bervariasi ada yang ditanyakan luas, keliling atau sisinya.

Dipimpin oleh ketua kelompok dan didampingi guru.

Pertemuan 2

Sebanyak 75% siswa mengetahui cara mengerjakan soal matematika bangun datar dan hasilnya benar.

Pertemuan 3

Setiap kelompok per 4/5 orang siswa mengerjakan 5 soal matematika bangun datar berbentuk berhitung soal dipimpin ketua kelompok tanpa didampingi guru.

Pertemuan 3

Sebanyak 75% siswa dapat mengerjakan dengan benar soal metamatika bangun datar berbentuk hitung soal.

Pertemuan 4

Secara individual siswa mengerjakan L K 5 soal matematika bangun datar berbentuk berhitung soal tanpa didampingi ketua kelompok dan guru.

Pertemuan 4

Sebanyak 85% siswa dapat mengerjakan secara benar soal matematika bangun datar berbentuk berhitung soal.

ITEM

OBSERVASI

A. Keaktifan siswa ( skor 1 – 2 – 3 – 4 – 5 )

B. Semangat siswa

C. Kerja sama

D. Keberanian bertanya

ITEM

EVALUASI

RETROSPEKSI

1. Hasil belajar siswa, baik secara individual maupun secara kelompok.

2. Temuan PTK ditinjau dari kajian teori atau pendapat para ahli.

ITEM

REFLEKSI

SISWA

a. Siswa merasa bermanfaat ? ( skor 1 – 2 – 3 – 4 – 5 )

b. Siswa merasa senang ? ( skor 1 – 2 – 3 – 4 –5 )

c. Siswa perlu dilanjutkan kegiatannya ? ( skor 1 – 2 – 3 – 4 – 5 )

d. Siswa merasa kesulitan ? ( skor 1 – 2 – 3 – 4 – 5 )

JUDUL

PENELITIAN

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD KLIDANG LOR DALAM MENGERJAKAN TUGAS MATEMATIKA BANGUN DATAR MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BELAJAR




Tidak ada komentar:

Posting Komentar