Rabu, 23 Desember 2009

Sri Sujoko@gmail.com Tugas PTK

Lokasi Penelitian
Kelas IV SD N Karangasem 06 Batang Jateng
Analisis Kondisi awal
Dari 35 siswa SD N Karangasem 06, 70% siswa mengalami kesulitan mengerjakan matematika berbentuk perkalian
Rumusan Masalah
Bagaimana meningkatkan pemahaman siswa dalam mengerjakan tugas matematika berbentuk soal perkalian
Landasan Teori
Diskusi kelompok terbimbing dengan model permainan beranggotakan 7 siswa, dibawah bimbingan guru untuk membantu kesulitan siswa dalam memahami materi ajar dengan menggunakan permainan ( kerikil ). Diharapkan setiap siswa lebih mudah dalam mengerjakan soal yang diberikan guru, sehingga siswa yang bersangkutan lebih bersemangat untuk mempelajari ajar dengan






Bentuk Tindakan
Hasil yang diharapkan ( Indikator )
Pertemuan I
Tiap kelompok mengajukan pada anggotanya tentang jumlah kerikil yang diterima setiap anak.
Pertemuan I
Sebanyak 80% siswa mengetahui jumlah kerikil yang diterima teman-temannya.
Pertemuan II
Setiap kelompok melakukan simulasi dengan mengelompokkan kerikil dalam jumlah masing-masing anak delapan kerikil.
Pertemuan II
Sebanyak 80% siswa mengetahui bahwa 7 x 8 sama dengan 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8 + 8
Pertemuan III
Secara kelompok mengerjakan simulasi mengelompokkan sejumlah kerikil tanpa didampingi guru.
Pertemuan III
Sebanyak 90% siswa dapat mengerjakan perkalian secara benar.
Pertemuan IV
Secara individual siswa mengerjakan 5 soal metematika, perkalian berbentuk simulasi penegelompokan kerikil tanpa didampingi guru dan teman sebaya.
Pertemuan IV
Sebanyak 95% siswa dapat mengerjakan soal metematika berbentuk perkalian secara benar.






Item observasi
A. Keaktifan siswa { skor 4 }
B. Semangat dalam berkelompok { skor 5 }
C. Keberanian siswa dalam bertanya { skor 3 }
Item evakulasi retrospeksi
1. Hasil pekerjaan siswa secara kelompok benar.
2. Cara siswa mengelompokan kerikil benar.
3. Hasil pekerjaan siswa secara individu benar.
Item refleksi siswa
a. Dalam permainan simulasi perkalian pengelompokan kerikil, siswa merasa bermanfaat { skor 4 }.
b. Dengan simulasi perkalian siswa merasa senang dan dapat bekerja sama { skor 5 }.
c. Anak ingin melakukan kegiatan lagi { skor 4 }.
d. Siswa yang merasa kesulitan bisa mengulangi lagi dirumah { skor 2 }.
Judul Penelitian
Dengan model simulasi permainan pengelompokan kerikil dan bimbingan guru siswa kelas IV SD N Karangasem 06 dapat meningkatkan kemampuan dalam megerjakan matematika berbentuk perkalian dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar