Kamis, 17 Desember 2009

Tugas PKn Unit 7

NAMA : SLAMET RAHAYU
NIM : 282009067



UNIT 7

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan analis kurikulum PKn SD itu dan bagaimana cara melakukannya?

Jawab :

Kurikulum PKn SD mencakup struktur keilmuan yang telah dijelaskan bahwa struktur PKn SD keilmuannya akan sangat membantu dalam menyusun Silabus PKn SD. Muatan kurikuler setiap SD akan sangat jelas lagi arahannya dalam menentukan kegiatan belajar mengajar, indikatornya, alat penilaiannya maupun sumbernya.

Bagaimana cara melakukannya?

Berdasarkan tujuan kedua selaku guru anda harus mau melakukan instropeksi diri apakah yang telah anda lakukan sudah tepat atau belum? Hasil instropeksi pada diri tersebut dapat anda gunakan sebagai umpan balik pada diri anda sendiri dalam melakukan perbaikan unjuk kerja, proses orang objek dan lain-lain.

2. Apakah yang dimaksud dengan silabus PKn SD itu? Jelaskan!

Jawab :

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran / tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar materi pokok / pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

Komponen silabus, terdiri dari :

a. Standar kompetensi dan kompetensi dasar

b. Materi pembelajaran

c. Kegiatan pembelajaran

d. Indikator

e. Penilaian

f. Alokasi waktu

g. Sumber belajar

3. Langkah-langkah penyusunan silabus

a. Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar

Kompetensi dasar mata peklajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

- Aturan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu atau tingkat kesulitan materi.

- Keterkaitan antar standar kompetensi dasar dalam mata pelajaran.

- Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

- Kedalaman dan keluasan materi.

- Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan.

- Alokasi waktu.

b. Mengidntifikasi materi pembelajaran

Mengidentifikasi materi pokok dengan mempertimbangkan :

- Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik.

- Kebermanfaatan bagi peserta didik.

- Struktur keilmuan.

- Kedalaman dan keluasan materi.

c. Merumuskan kegiatan pembelajaran

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.

d. Menetapkan indikator

Indikator merupakan pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur / diobservasi yang mencakup pengetahuan dan keterampilan.

e. Menetapkan alat penilaian

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis dan memfairkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.


Lokasi Penelitian

Kelas V SD

Rumusan Masalah

Bagaimana dalam mengerjakan soal matematika baik bersusun atau mencongak biar cepat menggunakan teknik jari dan mau masuk kelas dan pulang sekolah mengadakan tanya jawab perkalian di bawah angka 10

Landasan Teori

Setiap masuk kelas setelah berdoa, kita adakan tanya jawab perkalian. Masuk kelas perkalian di bawah angka 5 kira-kira 3 soal atau 4 soal rutin setiap hari dan bagi yang sudah cepat tidak boleh menjawab, tetapi kalau sudah lama tidak ada yang menjawab itu tugasnya yang sudah cepat (bisa) dan setiap pulang sekolah juga diadakan tanya jawab kurang lebih 5-10 soal ternyata bagi anak yang tadinya lambat menjawab ternyata sekarang sudah meningkat banyak yang cepat menjawab, diantara 12 siswa yang cepat 7 siswa 5 siswa belum cepat dengan cara demikian dengan sering mendengar sehingga 7 anak sudah ada kemajuan

Bentuk Tindakan

Hasil yang diharapkan (indikator)

Pertemuan I

Secara individual siswa / anak diberi pertanyaan / tanya jawab disuruh tunjuk jari cepat-cepatan diantara 12 anak yang tujuh cepat dan yang 5 anak banyak kemajuan tercepat daripada yang lalu,

Pertemuan I

65% mencoba meniru caranya teman yang sudah bisa cepat.

Pertemuan II

Kemudian diberi pertanyaan kembali 12 anak terpisah / kelompok kemudian diberi soal yang agak sukar daripada yang kemarin ternyata 9 anak sudah ada kemajuan

Mengerjakan soal dengan dua angka / lebih dari seratus ternyata 5 siswa juga bisa mengikuti / atau bisa menjawab walaupun agak lama

Item Observasi

A. Keaktifan siswa (skor 1, 2, 3, 4, 5)

B. Sangat semangat

C. Keberanian bertanya

Item Evaluasi / Retrospeksi

1. Hasilnya siswa sangat besar kemampuan secara individual

2.

Item Refleksi Siswa

Siswa sangat merasa senang.

Siswa merasa perlu dilanjutkan.

Siswa merasa kesulitan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar