Jumat, 18 Desember 2009

Tugas On Line 7 PKn

TUGAS PKn ON LINE

UNIT : 7 ( TUJUH )

Nama: Suminem

N I M: 282009087

Kelas: C

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan analisis kurikulum PKn SD itu ?. Bagaimana cara melakukannya ?

Jawab :

Yang dimaksud dengan analisis kurikulum PKn SD adalah Penjabaran materi PKn, bahwa dalam proses pembelajaran PKn mencakup 3 dimensi yaitu :

a. Civies Know ledge ( Pengetahuan Kewarganegaraan )

b. Civics Skills ( Ketrampilan Kewarganegaraan )

c. Civics Virtues ( Kebajikan Kewarganegaraan )

Cara melakukannya dengan menyusun silabus PKn.

Ranah muatan kurikulum setiap Kompetensi Dasar akan sangat jelas arahnya, dengan demikian lebih mudah dalam menentukan kegiatan belajar mengajarnya, indikatornya, alat penilaiannya maupun sumbernya.

2. Apakah yang dimaksud dengan silabus PKn SD itu ? Jelaskan !

Jawab :

Silabus adalah Rencana Pembelajaran pada suatu dan / atau kelompok mata pelajaran / tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pokok Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

3. Bagaimanakah langkah – langkah menyusun silabus ? Jelaskan !

Jawab :

Langkah – langkah penyusunan silabus sebagai berikut

1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.

Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal – hal berikut :

a. Urutan berdasarkan herarki konsep disiplin ilmu dan / atau tingkat kesulitan materi.

b. Keterkaitan antar standar kompetensi dan Kompetensi dasar dalam mata pelajaran.

c. Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

2. Mengindentifikasi Materi Pembelajaran

Mengidentifikasi materi pokok dengan mempertimbangkan :

a. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik.

b. Kebermanfaatan bagi peserta didik.

c. Struktur keilmuan.

d. Kedalaman dan keluasan materi.

e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan.

f. Alokasi waktu.

3. Merumuskan kegiatan pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.

4. Menetapkan indicator.

Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur / diobservasi yang mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan.

5. Menetapkan Alat Penilaian.

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

6. Menetapkan alokasi waktu.

Penentuan alokasi waktu pada setuap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.

7. Memilih sumber / bahan rujukan.

Sumber belajar adalah rujukan objek dan / atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.


4. CONTOH SILABUS PKN SD KELAS IV SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2009/2010.

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas/Semester : IV ( empat ) 2 ( dua )

Standar Kompetensi : 3. Mengenal Pemerintahan Tingkat Pusat


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

3.1 Mengenal lembaga-lembaga Negara dalam susunan Pemerintahan Tingkat Pusat seperti, MPR, DPR, Presiden, MA MK dan BPK, dll.

Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat.

· Siswa mengenal lembaga-lembaga negara

· Siswa membedakan pemerintah pusat dan pemeritahan daerah.

· Siswa menjelaskan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan tingkat pusat

· Menyimak penjelasan guru

· Siswa mengindentifikasi lembaga-lembaga tingkat pusat

· Siswa melakukan diskusi tentang wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat

· Membuat kliping tentang lembaga pemerintahan pusat

Teknik

· Teori

· Praktek

· Lisan, tulisan dan

· perbuatan

Bentuk

· Pilihan

· Ganda

· Isian

· Uraian

Intrumen

Lembar soal

Tulis

Lembar soal Praktek

Lembar penilaian produk

6 jp x 35

menit

Buku, Koran, majalah dan sumber lain yang relevan

3.2 Menyebutkan organisasi Pemerintah dan tingkat pusat seperti :

Presiden, Wakil

Presiden dan para Menter

Struktur Organisasi Pemerintah tingkat pusat

· Mendiskusikan tentang wewenang dan tugas presiden, wakil presiden serta meteri

Tentang Stuktur Organisasi Pemerintah tingkat pusat

· Menyebutkan lembaga yang mengangkat dan memberhentikan menteri

· Menyebutkan nama departemen

dalam kementerian.

· Menyebutkan tugas menteri dan departemen sebagai pembantu presiden

· Menyebut struktur organisasi pemerintahan tingkat pusat

Teknik

- Tes

Lisan

Tulis

Praktek

Bentuk

- Pilihan Ganda

Isian

Uraian

Intrumen

Format penilaian

Standar Kompetensi : Menunjukan sikap terhadap Blobalisasi di lingkungannya.

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK/

PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh Globalisasi

Globalisasi

· Mencatat pengaruh globalisasi di lingkungannya

· Membuat kliping contoh produk globalisasi

· Menjelaskan keuntungan dan kerugiannya terjadi globalisasi di lingkungan

· Menyimpulkan akibat adanya globalisasi

· Menjelaskan pengertian globalisasi

· Mengidentifikasi contoh globalisasi di lingkungan sekitar

· Menyebutkan pengaruh positif dan negatif globalisasi di masyarakat

· Memberikan contoh pengaruh negatif dimasyarakat

· Memberikan contoh pengaruh positif di era globalisasi

Teknik

- Tes

- Lisan

- Tulis

- Praktek

Bentuk

- Pilihan Ganda

- Isian Uraian

Intrumen

Lembar Pengamatan

Lembar penilaian produk

4 jp x 35

menit

Buku, Koran, majalah dan sumber lain yang relevan

4.2 Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dlam misi kebudayaan Internasional

Jenis – jenis budaya Indonesia

Budaya Indonesia yang pernah ditampilkan ke luar negeri

· Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia

· Mengidentifikasi budaya khas daerah di Indonesia

· Membuat kliping tentang budaya daerah Indonesia

· Membuat daftar jenis budaya daerah di Indonesia

· Menjelaskan manfaat ditampilkannya budaya Indonesia di luar negeri

· Mengekpresikan budaya daerah dalam bentuk karangan

· Menjelaskan budaya daerah Indonesia

· Mengidentifikasi contoh globalisasi di lingkungan sekitar

· Mengidentifikasi budaya daerah yang ditampilkan ke luar negeri

Teknik

- Lisan

- Tulisan

- Praktek dan portofolio

Bentuk

- Pilihan Ganda

- Isiam Uraian

Instrumen

Lembar Pengamatan

Format

portofolio

4 jp x 35

menit

Buku, Kora, majalah dan sumber lain yang relevan

Gambar, Foto budaya daerah

4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.

Globalisasi dan pengaruhnya terhadap sikap dan perilaku masyarakat Indonesia

· Mengidentifikasi perilaku budaya luhur bangsa Indonesia

· Mengidentifikasi sikap dan perilaku masyarakat Indonesia

Teknik tes

- Lisan

- Tulisan

- Praktek dan portofolio

Bentuk

- Pilihan ganda

- Isian Uraian

Intrumen

Pengamatan

portofolio

4 x 35

menit

Buku, Koran, majalah dan sumber lain yang relevan. Gambar, foto budaya daerah


Batang, Januari 2010

Mengetahui

Kepala SD N Klidang Lor 01 Guru Kelas,

Dyah Eniati, SE S u m i n e m

NIP.196502091984052001 NIP. 195612111975122001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar