TUGAS PKn ON LINE
UNIT : 7 ( TUJUH )
Nama: Suminem
N I M: 282009087
Kelas: C
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan analisis kurikulum
Jawab :
Yang dimaksud dengan analisis kurikulum
a. Civies Know ledge ( Pengetahuan Kewarganegaraan )
b. Civics Skills ( Ketrampilan Kewarganegaraan )
c. Civics Virtues ( Kebajikan Kewarganegaraan )
Cara melakukannya dengan menyusun silabus PKn.
Ranah muatan kurikulum setiap Kompetensi Dasar akan sangat jelas arahnya, dengan demikian lebih mudah dalam menentukan kegiatan belajar mengajarnya, indikatornya, alat penilaiannya maupun sumbernya.
2. Apakah yang dimaksud dengan silabus
Jawab :
Silabus adalah Rencana Pembelajaran pada suatu dan / atau kelompok mata pelajaran / tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, Kompetensi Dasar, Materi Pokok Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.
3. Bagaimanakah langkah – langkah menyusun silabus ? Jelaskan !
Jawab :
Langkah – langkah penyusunan silabus sebagai berikut
1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal – hal berikut :
a. Urutan berdasarkan herarki konsep disiplin ilmu dan / atau tingkat kesulitan materi.
b. Keterkaitan antar standar kompetensi dan Kompetensi dasar dalam mata pelajaran.
c. Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
2. Mengindentifikasi Materi Pembelajaran
Mengidentifikasi materi pokok dengan mempertimbangkan :
a. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, social dan spiritual peserta didik.
b. Kebermanfaatan bagi peserta didik.
c. Struktur keilmuan.
d. Kedalaman dan keluasan materi.
e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan.
f. Alokasi waktu.
3. Merumuskan kegiatan pembelajaran.
Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.
4. Menetapkan indicator.
Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur / diobservasi yang mencakup sikap, pengetahuan dan ketrampilan.
5. Menetapkan Alat Penilaian.
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
6. Menetapkan alokasi waktu.
Penentuan alokasi waktu pada setuap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.
7. Memilih sumber / bahan rujukan.
Sumber belajar adalah rujukan objek dan / atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
4. CONTOH SILABUS PKN SD KELAS IV SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2009/2010.
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : IV ( empat ) 2 ( dua )
Standar Kompetensi : 3. Mengenal Pemerintahan Tingkat Pusat
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||||
3.1 Mengenal lembaga-lembaga Negara dalam susunan Pemerintahan Tingkat Pusat seperti, MPR, DPR, Presiden, MA MK dan BPK, dll. | Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat. | · Siswa mengenal lembaga-lembaga negara · Siswa membedakan pemerintah pusat dan pemeritahan daerah. · Siswa menjelaskan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan tingkat pusat · Menyimak penjelasan guru | · Siswa mengindentifikasi lembaga-lembaga tingkat pusat · Siswa melakukan diskusi tentang wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan pusat · Membuat kliping tentang lembaga pemerintahan pusat | Teknik · Teori · Praktek · Lisan, tulisan dan · perbuatan Bentuk · Pilihan · Ganda · Isian · Uraian Intrumen Lembar soal Tulis Lembar soal Praktek Lembar penilaian produk | 6 jp x 35 menit | Buku, Koran, majalah dan sumber lain yang relevan | ||||||
3.2 Menyebutkan organisasi Pemerintah dan tingkat pusat seperti : Presiden, Wakil Presiden dan para Menter | Struktur Organisasi Pemerintah tingkat pusat | · Mendiskusikan tentang wewenang dan tugas presiden, wakil presiden serta meteri Tentang Stuktur Organisasi Pemerintah tingkat pusat | · Menyebutkan lembaga yang mengangkat dan memberhentikan menteri · Menyebutkan nama departemen dalam kementerian. · Menyebutkan tugas menteri dan departemen sebagai pembantu presiden · Menyebut struktur organisasi pemerintahan tingkat pusat | Teknik - Tes Lisan Tulis Praktek Bentuk - Pilihan Ganda Isian Uraian Intrumen Format penilaian | | | ||||||
Standar Kompetensi : Menunjukan sikap terhadap Blobalisasi di lingkungannya. | ||||||||||||
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||||
4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh Globalisasi | Globalisasi | · Mencatat pengaruh globalisasi di lingkungannya · Membuat kliping contoh produk globalisasi · Menjelaskan keuntungan dan kerugiannya terjadi globalisasi di lingkungan · Menyimpulkan akibat adanya globalisasi | · Menjelaskan pengertian globalisasi · Mengidentifikasi contoh globalisasi di lingkungan sekitar · Menyebutkan pengaruh positif dan negatif globalisasi di masyarakat · Memberikan contoh pengaruh negatif dimasyarakat · Memberikan contoh pengaruh positif di era globalisasi | Teknik - Tes - Lisan - Tulis - Praktek Bentuk - Pilihan Ganda - Isian Uraian Intrumen Lembar Pengamatan Lembar penilaian produk | 4 jp x 35 menit | Buku, Koran, majalah dan sumber lain yang relevan | ||||||
4.2 Mengidentifikasi jenis budaya | Jenis – jenis budaya Budaya | · Mengidentifikasi jenis budaya · Mengidentifikasi budaya khas daerah di · Membuat kliping tentang budaya daerah · Membuat daftar jenis budaya daerah di · Menjelaskan manfaat ditampilkannya budaya · Mengekpresikan budaya daerah dalam bentuk karangan | · Menjelaskan budaya daerah · Mengidentifikasi contoh globalisasi di lingkungan sekitar · Mengidentifikasi budaya daerah yang ditampilkan ke luar negeri | Teknik - Lisan - Tulisan - Praktek dan portofolio Bentuk - Pilihan Ganda - Isiam Uraian Instrumen Lembar Pengamatan Format portofolio | 4 jp x 35 menit | Buku, Kora, majalah dan sumber lain yang relevan Gambar, Foto budaya daerah | ||||||
4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya. | Globalisasi dan pengaruhnya terhadap sikap dan perilaku masyarakat | · Mengidentifikasi perilaku budaya luhur bangsa | · Mengidentifikasi sikap dan perilaku masyarakat | Teknik tes - Lisan - Tulisan - Praktek dan portofolio Bentuk - Pilihan ganda - Isian Uraian Intrumen Pengamatan portofolio | 4 x 35 menit | Buku, Koran, majalah dan sumber lain yang relevan. Gambar, foto budaya daerah |
Batang, Januari 2010
Mengetahui
Dyah Eniati, SE S u m i n e m
NIP.196502091984052001 NIP. 195612111975122001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar