Jumat, 18 Desember 2009

Rencana Awal PTK

RENCANA AWAL PTK

Nama : Suminem

N I M : 282009087

Kelas : C

A. LATAR BELAKANG.

Peningkatan mutu pendidikan menjadi tanggung jawab seluruh jenis dimensi kehidupan. Didalamnya terdapat berbagai unsur dari keluarga, masyarakat, sekolah juga dari anak itu sendiri. Banyak permasalahan pendidikan yang memerlukan kemampuan menghitung dan mengukur yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari

Dalam proses belajar mengajar guru selalu dihadapkan pada kondisi ganda yaitu mengalami keberhasilan dan kegagalan. Kadang guru berhasil mengantarkan sebagian besar siswa mampu mencapai kompetensi yang telah ditetapkan namun sebagian lagi mengalami kegagalan. Tidak jarang terjadi sebagian besar siswa gagal mencapai ketuntasan minimal.

Dalam upaya memperbaiki kondisi tersebut maka guru diwajibkan untuk melakukan perbaikan pembelajaran, salah satu upaya perbaikan yang disarankan adalah dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).

Kondisi kelas V SD Klidang Lor Batang dimana sekolah berada di daerah pantai, masyarakat daerah pantai sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Dalam hal ini orang tua ( ayah ) jarang di rumah, sehingga pendidikan anak tidak terarah. Keadaan yang demikian membawa dampak salah satunya dalam bidang pendidikan, dimana permasalahan utamanya adalah rendahnya minat dan motivasi belajar siswa cenderung hanya menerima penjelasan dari guru dan sulit untuk melakukan tugas mandiri.

Akibat dari kondisi pembelajaran yang seperti ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Hal tersebut terlihat dari data ulangan harian yaitu dari 28 siswa hanya 10 siswa yang tuntas belajar. Melihat kondisi tersebut peneliti ( guru ) mencoba untuk melakukan analisa untuk menemukan akar penyebab rendahnya prestasi belajar siswa dan berusaha menemukan alternatif penyelesaiaannya.

Setelah dilakukan diskusi dengan teman guru satu rumpun akhirnya ditemukan suatu alternatif pemecahannya adalah dengan melakukan pembaharuan pengelolaan pembelajaran yang memungkinkan siswa aktif dalam pembelajaran sehingga diharapkan pembelajaran lebih hidup dan siswa mampu menyerap pengetahuan yang pada akhirnya meningkatkan prestasi belajarnya.

Model pembelajaran yang dipilih adalah bimbingan kelompok. Pemilihan model ini didasarkan pada kajian teori, bahwa pelaksanaan diskusi kelompok dengan jumlah peserta yang kecil biasanya lebih efektif dari pada yang jumlah pesertanya besar.

Tujuan pembelajaran bimbingan belajar kelompok dalam mata pelajaran matematika adalah siswa aktif dalam pembelajaran untuk menemukan sendiri pengetahuannya dan menghilangkan persepsi negatif tentang pembelajaran matematika.

B. PERUMUSAN MASALAH.

Setelah melakukan kajian terhadap latar belakang tersebut di atas maka dirumuskan permasalahan dalam Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini yaitu :

“ Bagaimana meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Klidang Lor melalui bimbingan belajar kelompok dalam mata pelajaran matematika bangun datar dalam bentuk metrik maupun bentuk berhitung soal ? “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar