Jumat, 18 Desember 2009

Tugas PTK

Nama : SUCIATI
Nim : 282009098
Kelas : Batang C

TUGAS PTK

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) No 20 tahun 20003 menjelaskan bahwa pendidikan adalah “ Usaha dasar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan potensial keagamaan, pembenahan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”. (Bab I Pasal I). Dalam tata persekolahan, pendidikan terutama dilakukan melalui kursus pembelajran. Berhasilnya suatu proses pembelajaran dapat ditunjukkan dengan penguasaan materi pembelajaran oleh siswa. Untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi pelajaran biasanya dinyatakan dengan nilai.

Sejarah dengan kemajuan zaman mutupendidikan harus selalu ditingkatkan. Peningkatan mutu pendidikan tidaklah mudah, banyak faktor yang mendukung sebab pendidikan merupakan suatu sistim dengan berbagai, unsur yang terkait, seperti kurikulum, tenaga pengajar, fasilitas belajar dan sebagainya harus saling mendukung dalam usaha mencapai tujuan pendidikan. Bagaimanakan dengan tujuan pendidikan kurikuler di SD ? apakah sudah tercapai dengan baik ? pengalaman penulis dalam pembelajaran IPA kompetensi “ Cara Tumbuhan Menyimpan Cadangan Makanan “ di kelas V SD Negeri Proyonanggan 07 Kecamatan Batang, Kabupaten Batang pada semester I Tahun 2009/2010, menunjukkan bahwa Penguasaan siswa terhadap materi pelajaran masih rendah. Dari 30 siswa yang mendapat nilai 7,5 atau yang telah mengalami belajar tuntas baru 7 siswa (23,3%), sementara 23 siswa (76,7%) sisanya mendapatkan nilai dibawah 7,5 atau belum mengalami belajar secara tuntas. Nilai rata-rata kelasnya 62,3. Untuk mengetahui secara lebih rinci kekurangan-kekurangan yang dialami oleh siswa, penulis melakukan refleksi diri dengan menjawab sejumlah pertanyaan refleksi. Pertanyaan-pertanyaan yang dimaksud meliputu :

1. Bagai mana perhatian siswa terhadap pelajaran ?

2. Bagaimana ketertiban siswa dalam mengikuti pelajaran ?

3. Apakah siswa berani bertanya bila ada yang belun jelas ?

4. Bagaimana ketepatan siswa dalam membuat kesimpulan ?

5. Apakah siswa rajin membaca buku sumber ?

6. Bagaimana hasil ulangan siswa ?

Dari jawaban diatas, dapat dikatakan bahwa siswa belum berhasil belajar secara efektif, dengan indikator pokok nilai tes formatif rendah. Di samping itu, siswa kurang tertib mengikuti pelajaran dan karenanya perhatian terhadap pelajaran kurang, siswa juga kurang aktif (kurang berani menjawab dan mengajukan pertanyaan), dan kemampuan berpikirnya kurang (malas membaca buku sumber dan masih salah dalam mengerjakan soal).

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan kekurangan masalah di atas, penulis merumuskan permasalahan perbaikan sebagai berikut :

“ Upaya apakah yang ditempuh guru untuk membantu siswa kelas V SD Proyonanggan 07 dalam pembelajaran IPA kompetensi “ Cara Tumbuhan Menyimpan Cadangan Makanan “ supaya siswa dapat menguasai materi pembelajaran dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar