Selasa, 15 Desember 2009

SRI MURWANI 282009050 TUGAS PKN UNIT 7

TUGAS PKN
UNIT 7
Oleh : SRI MURWANI
NIM : 282009050


1. Yang dimaksud dengan analisis kurikulum PKn SD adalah mengakaji SK yang ada di dalam kurikulum PKn SD dikelompokkan dan dibuat ranah muatan kurikulum pada setiap kompetensi dasar.
Cara melakukannya :
Setiap standar kompetensi dijabarkan ke dalam kompetensi dasar kemudian dibuat ranah muatan kurikulum berdasarkan struktur keilmuan (kognitif, afektif, psikomotor).

2. Silabus PKn SD adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

3. Langkah-langkah menyusun silabus
a. Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut :
- Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan tingkat kesulitan materi.
- Keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran.
- Keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

b. Mengidentifikasi materi pembelajaran
Mengidentifikasi materi pelajaran, mempertimbangkan :
- tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik.
- Kebermanfaatan bagi peserta didik
- Struktur keilmuan
- Kedalaman dan keluasan materi
- Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
- Alokasi waktu

c. Merumuskan kegiatan Pembelajaran
Untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.

d. Menetapkan Indikator
Indikator merupakan penadan pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.

e. Menetapkan Alat Penilaian
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

f. Menetapkan alokasi waktu
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasaan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.

g. Memilih sumber/ bahan
Sumber belajar adalah rujukan, objek, dan atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Dapat berupa media cetak dan elektronik, nara sumber, serta lingkungan fisik, dalam social dan budaya. Yang berdasar atas standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indicator pencapaian kompetensi.

4. Contoh silabus PKn SD kelas IV Semester II
Kompetensi Dasar Materi Pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber belajar
4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya Globalisasi • Mencatat pengaruh globalisasi di lingkungannya
• Membuat kliping contoh produk globalisasi
• Menjelaskan keuntungan dan kerugiannya terjadinya globalisasi di lingkungan • Menjelaskan pengaruh globalisasi
• Mengidentifikasi contoh globalisasi di lingkungan sekitar
• Menye butkan pengaruh positif dan negatif globalisasi di masyarakat Teknik
- Tes
- Lisan
- Tulisan
- Praktek
Bentuk
- Pilihan ganda
- Isian
Uraian
Instrumen
Lembar 4 jp x 35 menit Buku, Koran, Majalah, dan Sumber lain yang relevan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar