Minggu, 20 Desember 2009

SRI SUBARYANTI 282009075 TUGAS UNIT 7 PKN

Nama : SRI SUBARYANTI

NIM : 282009075

Kelas : C Batang 3

Tugas PKn Unit 7

1. Yang dimaksud dengan analisis kurikulum PKn SD adalah langkah untuk menjabarkan kurikulum dengan mengkaji standar kompetensi yang ada pada kurikulum beserta kompetensi dasarnya, dikelompokkan dan dijabarkan lebih lanjut ke dalam kompetensi yang sesuai dengan ranah muatan kurikulum pada setiap kompetensi dasar.

Cara melakukannya :

Setiap standar kompetensi dijabarkan ke dalam kompetensi dasar kemudian dijabarkan ke dalam kompetensi yang memuat ranah muatan kurikuler berdasarkan standar keilmuan (kognitif, afektif, psikomotor)

2. Silabus PKn SD adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.

3. Langkah-langkah menyusun silabus :

a. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Dengan memperhatikan :

1) Urutan berdasarkan hirearki konsep disiplin ilmu dan tingkat kesulitan materi.

2) Keterkaitan antar Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam mata pelajaran.

3) Keterkaitan Standar Kompentensi dengan Kompetensi Dasar antar mata pelajaran.

b. Mengidentifikasi Mata Pelajaran

Dengan pertimbangan :

1) Tingkat pertimbangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik.

2) Kebermanfaatan bagi peserta didik

3) Struktur keilmuan

4) Kedalaman dan keluasan materi

5) Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan

6) Alokasi waktu

c. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran

Dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.

d. Menetapkan Indikator

Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai dengan perubahan perilaku yang diukur melalui sikap, pengetahuan dan ketrampilan.

Menetapkan Indikator perlu memperhatikan :

1) Setiap Kompetensi Dasar dikembangkan menjadi lebih dari satu indikator.

2) Menggunakan kata kerja operasional

3) Tingkat kata kerja indikator lebih rendah atau setara dengan Kompetensi Dasar maupun Standar Kompetensi.

4) Prinsip pengembangan indikator adalah urgensi, kontinuitas, relevansi dan kontekstual.

5) Semua indikator dalam satu Kompetensi Dasar merupakan tanda, perilaku untuk pencapaian kompetensi (kemampuan bersikap, berfikir, bertindak) secara konsisten.

e. Menetapkan Alat Penilaian; dengan memperhatikan :

1) Penilaian merupakan kegiatan untuk memperoleh, menganalisis dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar secara sitematis dan berkesinambungan.

2) Dilakukan berdasarkan indikator

3) Menentukan bentuk penilaian; Tes atau Non tes.

f. Menetapkan Alokasi Waktu

Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.

g. Memilih Sumber/ Bahan

Sumber/ bahan bisa berupa media cetak dan elektronik, nara sumber, lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya, yang didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi.


4. Contoh Silabus PKn SD Kelas 4 Semester 2

SILABUS

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan

Kelas / Semester : IV (empat) / 2 (dua)

Standar Kompetensi : 3. Mengenal Pemerintah Tingkat Pusat

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

3.1 Mengenal lembaga-lembaga Negara dalam susunan Pemerintah Tingkat Pusat seperti: MPR, DPR, Presiden, MA, MK dan BPK, dll.

Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat

· Siswa mengenal lembaga-lembaga Negara

· Siswa membedakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah

· Siswa menjelaskan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan tingkat pusat

· Menyimak penjelasan guru

· Siswa mengidentifikasi lembaga-lembaga tingkat pusat

· Siswa melakukan diskusi tentang wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintah pusat

· Membuat kliping tentang lembaga pemerintah pusat

Teknik

· Teori

· Praktik

· Lisan, tulisan

· Perbuatan

Bentuk

· Pilihan ganda

· Isian

· Uraian

Instrumen

· Lembar soal tulis

· Lembar soal praktek

· Lembar penilaian produk

6 JP x 35 menit

Buku, Koran, majalah dan sumber lain yang relevan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar