Nama : SRI SUBARYANTI
NIM : 282009075
Kelas : C Batang 3
Tugas PKn Unit 7
1. Yang dimaksud dengan analisis kurikulum
Cara melakukannya :
Setiap standar kompetensi dijabarkan ke dalam kompetensi dasar kemudian dijabarkan ke dalam kompetensi yang memuat ranah muatan kurikuler berdasarkan standar keilmuan (kognitif, afektif, psikomotor)
2. Silabus PKn SD adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar.
3. Langkah-langkah menyusun silabus :
a. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Dengan memperhatikan :
1) Urutan berdasarkan hirearki konsep disiplin ilmu dan tingkat kesulitan materi.
2) Keterkaitan antar Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam mata pelajaran.
3) Keterkaitan Standar Kompentensi dengan Kompetensi Dasar antar mata pelajaran.
b. Mengidentifikasi Mata Pelajaran
Dengan pertimbangan :
1) Tingkat pertimbangan fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual peserta didik.
2) Kebermanfaatan bagi peserta didik
3) Struktur keilmuan
4) Kedalaman dan keluasan materi
5) Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan
6) Alokasi waktu
c. Merumuskan Kegiatan Pembelajaran
Dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.
d. Menetapkan Indikator
Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai dengan perubahan perilaku yang diukur melalui sikap, pengetahuan dan ketrampilan.
Menetapkan Indikator perlu memperhatikan :
1) Setiap Kompetensi Dasar dikembangkan menjadi lebih dari satu indikator.
2) Menggunakan kata kerja operasional
3) Tingkat kata kerja indikator lebih rendah atau setara dengan Kompetensi Dasar maupun Standar Kompetensi.
4) Prinsip pengembangan indikator adalah urgensi, kontinuitas, relevansi dan kontekstual.
5) Semua indikator dalam satu Kompetensi Dasar merupakan tanda, perilaku untuk pencapaian kompetensi (kemampuan bersikap, berfikir, bertindak) secara konsisten.
e. Menetapkan Alat Penilaian; dengan memperhatikan :
1) Penilaian merupakan kegiatan untuk memperoleh, menganalisis dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar secara sitematis dan berkesinambungan.
2) Dilakukan berdasarkan indikator
3) Menentukan bentuk penilaian; Tes atau Non tes.
f. Menetapkan Alokasi Waktu
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.
g. Memilih Sumber/ Bahan
Sumber/ bahan bisa berupa media cetak dan elektronik,
4. Contoh Silabus
SILABUS
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : IV (empat) / 2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Mengenal Pemerintah Tingkat Pusat
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
3.1 Mengenal lembaga-lembaga Negara dalam susunan Pemerintah Tingkat Pusat seperti: MPR, DPR, | Lembaga Pemerintahan Tingkat Pusat | · Siswa mengenal lembaga-lembaga Negara · Siswa membedakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah · Siswa menjelaskan wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintahan tingkat pusat · Menyimak penjelasan guru | · Siswa mengidentifikasi lembaga-lembaga tingkat pusat · Siswa melakukan diskusi tentang wewenang, tugas dan tanggung jawab lembaga pemerintah pusat · Membuat kliping tentang lembaga pemerintah pusat | Teknik · Teori · Praktik · Lisan, tulisan · Perbuatan Bentuk · Pilihan ganda · Isian · Uraian Instrumen · Lembar soal tulis · Lembar soal praktek · Lembar penilaian produk | 6 JP x 35 menit | Buku, Koran, majalah dan sumber lain yang relevan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar