Sabtu, 20 Maret 2010

AWAL PTK

TUGAS PTK TO 1
Nama : SITI ANJARIYAH NIM : 282009095
Batang 3 email : sitianjariyah@gmail.com
Jabatan : Guru kelas 1C SD Negeri Pandansari 01


RENCANA AWAL PTK

Lokasi Penelitian
Kelas 1C SD Negeri Pandansari 01

Analisis Kondisi Awal

Dari 27 siswa kelas 1C SD Negeri Pandansari 01, 60% siswa mengalami kesulitan mengerjakan matematika dalam menjumlah dua bilangan dua angka secara mendatar tanpa menyimpan, dan pengurangan dua bilangan dua angka tanpa meminjam dengan alat peraga gambar lidi dan menggunakan jari


Rumusan Masalah

Apakah dengan menggunakan alat hitung manik-manik (sempoa) dapat meningkatkan pemahaman tentang penjumlahan dua bilangan dua angka secara mendatar tanpa menyimpan dan pengurangan dua bilangan dua angka secara mendatar tanpa meminjam?


Landasan Teori

Alat peraga memiliki bermacam-macam fungsi antara lain : alat peraga dapat menghilangkan verbalisme yaitu memberikan pengamatan diri pengalaman abstrak memberikan motivasi baru membuat hal-hal abstrak menjadi kongkrit/nyata sehingga dapat menghilangkan bahaya verbalisme kata (Sutrisno PHM 1993;38).
Fase perkembangan mental anak (Jean Piget) anak usia 7-11/12 tahun menempati tahap operasional kongrit artinya: tahap berfikirnya anak pada usia 7-11/12 tahun(usia sekolah SD) yang cenderung kongit/nyata.

BENTUK TINDAKAN
HASIL YANG DIHARAPKAN

Pertemuan I
Secara klasikal siswa mengerjakan 5 soal matematika penjumlahan dan pengurangan dua bilangan dua angka mengunakan alat peraga gambar lidi dan jari tangan tanpa bimbingan guru.


Pertemuan I
Sebanyak 60% siswa yang dapat mengerjakan soal matematika penjumlahan dan pengurangan dua bilangan dua angka secara mendatar

Pertemuan II
Secara klasikal siswa mengerjakan 5 soal matematika penjumlahan dan pengurangan dua bilangan dua angka secara mendatar dengan menggunakan alat hitung manik-manik (sempoa).


Pertemuan II
Sebanyak 80% siswa dapat mengerjakan soal matematika penjumlahan dan pengurangan dua bilangan dua angka secara mendatar

ITEM OBSERVASI

A.siswa aktif
B.siswa semangat


ITEM EVALUASI RESTROSPEKSI

1.hasil pekerjaan siswa dengan menggunakan media kongkrit berhasil.
2.temuan PTK ditinjau dari kajian teori atau pendapat para ahli


ITEM REFLEKSI SISWA

A.siswa merasa senang
B.siswa merasa bermanfaat
C.siswa merasa perlu dilanjutkan kegiatannya


JUDUL PENELITIAN

Penggunaan alat hitung manik-manik (sempoa) untuk meningkatkan pemahaman siswa dikelas 1C SD Negeri Pandansari 01 Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang tentang penjumlahan dan pengurangan dua bilangan dua angka secara mendatar bilangan sampai dengan 100 di kelas IC SD Negeri Pandansari 01 Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar