Selasa, 16 Maret 2010

TUGAS TO Komputer dan Media Pembelajaran - Batang 3

Nama : SRI SUJOKO

NIM : 28200969

TUGAS INISIASI 3

1. Yang dimaksud bahn pembelajaran cetak adalah perangkat bahan yang memuat materi atau isi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dituangkan dengan menggunakan teknologi cetak. Bahan pembelajaran cetak memuat materi yang berupa ide, fakta, konsep, prinsip, kaidah atau teori yang tercakup dalam mata pelajaran sesuai dengan disiplin ilmunya serta informasi lainnya dalam pembelajaran.

2. Karakteristik bahan pembelajaran cetak adalah :

a. Mampu membelajarkan sendiri para siswa (self-instructional)

Artinya bahan ajar cetak harus mempunyai kemampuan menjelaskan yang sejelas-jelasnya untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, baik dalam bimbingan guru maupun secara mandiri.

b. Bahan ajar cetak bersifat lengkap (self – Contained)

Artinya memuat hal-hal yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.

c. Mampu membelajarkan peserta didik (self-instructional material )

Artinya dalam bahan pembelajaran cetak harus mampu memicu siswa untuk aktif dalam proses belajarnya bahkan membelajarkan siswa untuk dapat menilai kemampuan belajarnya sendiri.

3. Macam-macam bahan pembelajaran cetak yang dapat digunakan di SD.

a. Modul

Modul merupakan suatu paket belajar yang berkenaan dengan satu unit bahan pelajaran atau sebagai suatu unit program pembelajaran terkecil.

b. Handout

Handout diartikan sebagai buku pegangan siswa yang berisi tentang suatu materi pelajaran secara lengkap.

c. Lembar Kerja Siswa (LKS)

LKS merupakan bahan pembelajaran cetak yang paling sederhana karena komponen isinya bukan pada materi ajar tetapi pada pengembangan soal-soal dan latihan.

4. Langkah-langkah pengembangan bahan cetak

a. Menyusun garis-garis besar Program Pembelajaran (GBPP)

Bahan ajar tercetak yang akan dikembangkan GBPP memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, pokok bahasan, sub pokok bahasan, estimasi waktu dan daftar pustaka yang akan digunakan.

b. Menulis bahan ajar dengan mengikuti strategi intruksional tertentu.

Prinsip penulisannya sama halnya dengan prinsip pengajaran biasa, perbedaannya adalah bahas ayang digunakan bersifat setengah formal dan setengah lisan.

c. Mereview, melakukan uji coba lapangan dan merevisi bahan ajar sebelum diguankan di lapangan.

JAWABAN TUGAS INISIASI 4

1. Komputer

Adalah merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa.

2. Unsur-unsur yang ada dalam multimedia

- Audio

- Vidio

- Pemeran

- Objek yang dibahas

3. CD Interaktif

- IPA itu asyik

Oleh : Prof Yohanes Surya, Ph.D

PT. TRISULA ADISAKTI

Jl. BALADEWA 185 F Jakarta

4. Pengetahuan tentang Makhluk Hidup, Benda, Bumi dan sekitarnya.

Alasan : Menyajikan tentang kehidupan di bumi dan alam sekitarnya.

5. Pengalaman

- Dalam proses pembelajaran lebih mengena (anak lebih cepat memahami) karena lebih menarik dalam penyajian yang berupa Audio dan Vidio. (Siswa langsung melihat dan mendengar)

JAWABAN TUGAS INISIASI 5

1. Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang berupa text, graphic, audio maupun animasi, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik.

Internet merupakan sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun didalam lingkungan perkantoran maupun pendidikan.

Fungsi atau manfaat internet adalah :

1. Akses ke sumber informasi

  1. Akses ke pakar
  2. Media kerjasama

2. Fungsi Browser adalah untuk mencari data yang kita inginkan dari mesin pencari data.

Untuk mengakses layanan word wide web dari sebuah komputer.

3. Praktek cara menggunakan mesin pencari sudah dilaksanakan.

4. Artikel “Pengertian Virus Komputer”……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar