Jumat, 19 Maret 2010

SITI NURYATI, NIM : 282009108, Tugas Proposal PTK

PROPOSAL PTK
A- JUDUL : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS I SDN SAMBONG 03
TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010


BABI I
PENDAHULUAN


A.Latar Belakang
Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan proses belajar mengajar di kelas satu adalah kemampuan siswa dalam membaca.
Pada kenyataannya selama ini siswa yang msuk di kelas satu belum semuanya mampu membaca. Rata-rata 60% sudah mampu membaca, 30% membca kurang lancar dan 10% belum bisa membaca sama sekali bahkan belum mengenal huruf sama sekali. Hal ini disebabkan oleh faktor kemampuan siswa yang berbeda-beda, orang tua yang kurang mendukung dan siswa tidsak seluruhnya berasal dari TK.
Bertumpu pada kenyataan ini, untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa maka guru mengambil langkah yang memungkinkan siswa lebih tertarik dan aktif yaitu dengan menggunakan media kartu huruf. Selain itu guru merasa perlu meminta peran serta orang tua untuk membimbing siswa di rumah.

B.Tujuan Penelitian
Untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui media kartu huruf pada siswa kelas I SDN Sambong 03 Tahun Pelajaran 2009 / 2010

C.Rumusan Masalah
Apakah melalui penggunaan media kartu huruf dapat meningakatkan kemampuan membaca pada siswa kelas I SDN Sambong 03 Tahun Pelajaran 2009 / 2010

D.Manfaat Penelitian
Bagi siswa, untuk meningkatkan kemampuan membaca
Bagi guru, untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan proses pembelajran menggunkan kartu huruf.
BABI II
KAJIAN PUSTAKA


A.Landasan Teori
1.Kemampuan Membaca
Kemampuan membaca merupakan kemampuan siswa untuk mengucapkan symbol-simbol huruf baik secara tunggal maupun dirangkai antara symbol-simbol satu dan lainnya yang mengandung arti.
Kemampuan membaca yang diajarkan pada siswa Sekolah Dasar meliputi membaca permulaan dan membaca lanjutan. Membaca permulaan meliputi kegiatan pengenalan huruf, membaca satu kata, membaca kata dan membaca kalimat. Sedangkan membaca lanjutan meliputi kegiatan membaca lancar dan membaca dalam hati.

2.Media Pembelajaran
Menurut teori perkembangan Piaget, siswa Sekolah Dasar berada dalam tahap operasional konkret. Hal ini berarti pembelajaran pada siswa Sekolah Dasar akan berhasil apabila guru menggunakan benda-benda konkret. Media pembelajaran merupakan sarana pembelajaran menggunakan benda konkret yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa. Media pembelajaran berfungsi untuk memperjelas materi pembelajaran yang akan disampaikan guru.

3.Media Kartu Huruf
Kartu huruf adalah kartu yang ditulisi huruf-huruf tertentu.
Dalam satu kartu bisa terdapat satu huruf atau dua huruf gabungan konsonan dua vocal.
Penggunaan kartu huruf dapat dilakukan dengan cara meletakan secara berurutan beberapa kartu sehingga membentuk kata-kata yang sederhana untuk dibaca oleh siswa.

BAB III

Prosedur Penelitian
1.Subjek
Berdasarkan judul penelitiannya yaitu meningkatkan kemampuan membaca melalui media kartu huruf, pada siswa kelas I SDN Sambong 03 Batang. Maka subjek penelitiannya adalah siswa kelas I SDN Sambong 03 Batang Tahun Pelajaran 2009 / 2010 yang berjumlah 47 siswa.

2.Tempat Penelitian
Tempat penelitian di laksanakan di SDN Sambong 03 Batang dengan tujuan pembelajaran meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik.

3.Waktu Penelitian
Penelitian di laksanakan selama 3 bulan, dari bulan oktober sampai bulan Desember 2009. Adapun pembagian waktu penelitian dapat diperinci
a.Bulan Oktober : Pengajuan proposal, penyusunan rancangan penelitian.
b.Bulan Nopember : pelaksanaan siklus I, analisis hasil siklus I
c.Bulan Desember : Pelaksanaan siklus II, analisis hasil siklus II

4.Sumber Data
Sumber data diperoleh dari siswa sebagai subjek penelitian. Data yang diambil dari tes lisan. Tes lisan dilaksanakan setiap pada akhir siklus yang terdiri atas : membaca satu kata dan membaca satu kalimat.

5.Teknik dan Alat Pengumpulan Data
a.Alat Pengumpulan data : tes lisan 5 butir soal
b.Teknik pengumpulan data 
Dengan menggunakan teknik tes lisan, tes lisan dilakukan pada akhir
siklus I dan siklus II

6.Validasi Data
a.Validasi hasil belajar
Validasi hasil belajar yang ingin dicapai 60% siswa bisa membaca dengan benar.
b.Validasi Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran melalui media kartu huruf terhadap subjek penelitian siswa kelas I SDN Sambong 03

Tidak ada komentar:

Posting Komentar