Minggu, 21 Maret 2010

TUGAS PTK

Nama : SRI SUHARTI
NIM : 282009068


TUGAS PTK

PENDAHULUAN


1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Matematika salah satu ilmu yang sangat penting, saat ini berkembang sangat cepat seiring daya piker manusia.
Peran matematika sangat besar pada ilmu, ekonomi, teknologi, serta pada bidang kehidupan lainnya, betapa pentingnya matematika sebagai bidang ilmu pengetahuan.

Disisi yang lain matematika merupakan suatu ilmu yang dianggap sulit bagi nak, sehingga pelajaran matematika kurang disenangi bagi anak, serta malas untuk menekuninya, hal ini terlihat rendahnya untuk meraih nilai atau prestasi yang diperoleh oleh anak dari beberapa faktor diatas kami kemudian mengadakan angket awal. Siswa kelas II diperoleh data : 55% anak – anak mengatakan matematika sulit untuk dipelajari.
Banyak siswa yang pemahamannya rendah, tentunya bukan kesalahanya pada anak – anak semata, namun guru juga merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam penguasaan konsep pada anak.
Untuk itu seorang guru harus betul – betul menguasai :
Materi Teori Pembelajaran
Metode Alat – Alat Peraga
Pada angket awal anak-anak menyatakan senang belajar berdiskusi, kelompok hal itu ditunjukan prosentase sebanyak 65 % dengan demikian guru harus mengubah metode pembelajaran dan teorinya yang selama ini diterapkan pada anak-anak kami selama ini perolehan matematika di SD Karangasem 05 Kecamatan Batang memenuhi harapan, terutama pada pokok materi pembelajaran perkalian bilangan ( penjumlahan berulang). Kemudian setelah dibantu hitungan cepat dengan biji-bijian, kerikil, jari tangan ( alat peraga tradistional ) dan berdiskusi pada angket awal sudah berubah menjadi 70 %.
Namun demikian hasil akhir materi yang diajarkan perolehan nilai belum memuaskan sehingga kami mengadakan penelitian mengapa nilai yang diperoleh masih belum memuaskan dan memenuhi KKM.
Apakah daya tarik anak masih kurang? Atau guru kurang menggunakan alat peraga dalam menanamkan konsep, dalam penelitian kami menawarkan cara baru untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui metode pembelajaran aktif, kreatif, efektif.
Pada penelitian diharapkan dapat memperbaiki berbagai kekurangan di dalam proses belajar mengajar yang selama ini diterapkan, untuk kita harapkan dapat meningkatkan mutu, dapat mencegah masalah yang dihadapi guru terutama pelajaran matematika. Penelitian diharap dapat memberi manfaat dalam memperbaiki kualitas pembalajaran secara nyata diantaranya :
1. Hasil ulangan harian mencapai 65% tuntas belajar
2. Dapat menumbuhkan minat belajar
3. Dapat menumbuhkan suasana kondusif dalam pelajaran matematika
Penelitan yang kami adakan berfokus pada peningkatan presatasi belajar matematika dengan pokok bahasan adalah perkalian bilangan dengan menghitung cepat.

1.2 IDENTIFIKASI MASALAH
Matematika dianggap suatu ilmu yang sangat sulit, memusingkan sehingga menjadi kurang disenangi oleh anak. Hal ini terbukti dari hasil angket 55% dari 24 ( lebih dari separuh ) anak-anak menyatakan bahwa pelajaran matematika sulit, karena faktor pemahaman dan penguasaan konsepnya rendah, daya tarik keaktifan anak masih kuang memuaskan.

1.3 PERUMUSAN MASALAH
Bagaimanakah sebaiknya pembalajaran aktif, kreatif , efektif dan menyenangkan dapat meningkatakan minat dan prestasi anak kelas II SDN Karangasem 05 Kecamatan Batang

1.4 MANFAAT PENELITIAN
Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini akan memberikan manfaat yang berarti bagi siswa untuk mencapai ketuntasan belajarnya baik ulangan harian maupun ulangan semesteran dan juga motivator belajar bagi siswa sehingga berprestasi.
Bagi guru lebih mendalami pemebelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan sehingga dapat diterapkan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi anak, untuk mencapai ketuntasan belajar.
Penelitian juga memberikan sumbangan yang baik dalam rangka perbaikan pembelajaran dan menyumbangkan terciptanya kelas yang kondusif terutama pada pembelajaran matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar