Jumat, 12 Maret 2010

PTK SITI LESTARI 282009090

Kepada

Yth. Bapak Mawardi

Di tempat

Saya,

Nama : SITI LESTARI

NIM : 282009090

Kelas : Batang 3

Kirim Tugas PTK

Yang dulu mata pelajaran matematika kelas IV.

Saya ganti kelas I mata pelajaran matematika.

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Mengajar bertujuan agar siswa dapat belajar sebaik – baiknya apabila sarana belajar lengkap sehingga memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik. Mereka belajar sepenuhnya dengan media yang sudah ada sebagai alat bantu pembelajaran agar siswa dapat belajar dengan sebaik mungkin.

Guru dalam menggunakan media harus terampil. Media yang digunakan dalam pembelajaran matematika adalah kelereng, akan tetapi kenyataan banyak siswa yang minat tetapi kurang motivasi pada saat pembelajaran matematika. Siswa lebih suka bermain atau berbicara dengan temanya dari pada memperhatikan alat peraga yang diperagakan oleh guru di depan kelas.

Dari paparan di atas didasarka observasi yang dilakukan di SDN Lebo 02 kelas I Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Berdasarkan data hasil ulangan harian sebagian besar siswa mendapat nilai rendah, dari 25 siswa yang dapat menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan hanya 20 %. Dari hasil ulangan harian nilai mata pelajaran matematika sangat memperhatinkan, karena berdasarkan data nilai yang diperoleh siswa yang mendapat nilai tertinggi 80, nilai terendah 20 dari seluruh siswa diperoleh rata – rata 48,8.

Pengamatan PBM matematika adalah pengamatan awal, selanjutnya pengamatan akan lebih difokuskan lagi dilihat kelebihan dan kekurangannya. Dari pengamatan di atas disimpukan bahwa proses pembelajaran menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan adalah :

1. Siswa kurang paham pada materi tersebut

2. Siswa kurang mampu menghitung pengurangan

3. Guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa menjadi bosan

4. Guru kurang menguasai materi

Atas dasar proses belajar mengajar di atas dapat disimpulkan bahwa rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan adalah rendahnya nilai ulangan harian.

Adapun cara yang harus dilaksanakan adalah dengan menggunakan model bermain kelereng dalam menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan diharapkan hasilnya lebih meningkat.

B. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang masalh di atas, masalh penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

1. Apakah dengan menggunakan model bermain kelereng dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan ?

2. Bagaimanakah hasil penerapan model bermain kelereng dalam pemahaman menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan?

C. TUJUAN PENELITIAN

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan :

1. Menerapkan model bermain kelereng dengan untuk meningkatkan kemampuan menghitung untuk menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan

2. Mengetahui peningkatan hasil pemahaman dalam menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan

D. MANFAAT PENELITIAN

Bagi Siswa :

1. Agar dapat member suasana dan tantangan baru sehingga siswa lebih berminat dan senang mengikuti pembelajaran.

2. Agar siswa aktif belajar menghitung untuk menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan menggunakan model bermain kelereng.

3. Model bermain kelerengdapat digunakan siswa sebagai alternative untuk memecahkan masalah seperti meneyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan

Bagi Guru :

1. Menambah pengalaman dan tantangan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang aktif dan kreatif

2. Agar dapat menerapkan model bermain kelereng dalam pengajaran menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan

3. Agar dapat memanfaatkan kelereng sebagai model evaluasi

Bagi Sekolah :

1. Untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan prestasi belajar siswa

2. Upaya untuk meningkatkan mutu sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar