Selasa, 23 Maret 2010

Penelitian Tindakan Kelas

Nama: Slamet Rahayu

NIM: 28 2009 067



PENDAHULUAN



1. 1 LATAR BELAKANG MASALAH

Matematika merupakan ilmu yang sangat penting, saat ini berkembang sangat cepat seiring perkembangan manusia berfikir.
Peran matematika sangat besar pada ilmu ekonomi, tehnologi, serta pada bidang kehidupan lainnya, betapa pentingnya matematika sebagai bidang ilmu pengetahuan
Disisi yang lain matematika merupakan suatu ilmu yang dianggap sulit bagi anak,sehingga menjadi momok bagi anak, serta malas untuk menekuninya, hal ini terlihat rendahnya untuk meraih nilai atau prestasi yang diperoleh oleh anak . dari beberapa factor diatas kami kemudian mengadakan angket awal. Siswa kelas lima [ V] diperoleh data : 56 % anak-anak mengatakan matematika sulit untuk pelajari.
Banyak siswa yang pemahamanya rendah, tentunya bukan kesalahanya pada anak-anak semata, namun guru juga merupakan salah satu factor yang sangat menentukan dalam penguasaan konsep pada anak .
Untuk itu seorang guru harus betul – betul menguasai :

Materi

Metode

Teori pembelaran

Alat – alat peraga


Pada angket awal anak – anak menyatakan senang belajar berdiskusi, hal itu ditunjukkan prosentase sebanyak 66% dengan demikian guru harus mengubah metode pembelajaran dan teorinya yang selama diterapkan pada anak-anak kami selama ini perolehan nilai matematika di SD karangasem 05 Kecamatan Batang kurang memenuhi harapan, terutama pada pokok materi pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dan operasi hitung bilangan pecahan biasa campuran, desimal. Kemudian setelah Bantu hitungan cepat dengan bilangan bulat pakai tangan dan berdiskusi pada angket awal sudah berubah menjadi 70%.
Namun demikian hasil akhir materi yang diajarkan perolehan nilai belum memuaskan. sehingga kami mengadakan penelitiaan mengapa nilai yang diperoleh masih belum memuaskan dan memenui KKM.
Apakah daya tarik anak masih kurang? Atau guru kurang menggunakan alat peraga dalam menanamkan konsep pada penelitian. kami menawarkan cara baru untuk meningkat prestasi belajar matematika melalui metode pembelajaran Aktif kreatif, efektif .
Pada penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki berbagai kekurangan didalam proses belajar mengajar yang selama ini terapkan , untuk itu kita harapkan dapat meningkat kan mutu dapat memecahkan masalah yang dihadapi guru terutama pelajaran matemtika . Penelitian diharap dapat memberi manfaat dalam memperbaiki kualitas pembelajaran secara nyata diantaranya :
1. Hasil ulangan harian mencapai 63% tuntas belajar.
2. Dapat menumbuhkan minat belajar
3. Dapat menumbuhkan suasana kondusif dalam pelajaran matematika
Penelitian yang kami adakan berfokus pada peningkatan prestasi belajar matematika dengan pokok bahasan adalah perkalian bilangan bulat dan pecahan dengan menghitung dengan cepat.





1 . 2 IDENTIFIKASI MASALAH
Metematika dianggap suatu ilmu yang sangat sulit, memusingkan sehingga menjadi momok bagi anak. Hal ini terbukti dari hasil angket 56% dari 36 (lebih dari separuh) anak-anak menyatakan bahwa pelajaran matematika sulit, karena faktor pemahaman dan penguasaan konsepnya rendah, daya tarik keaktifan anak masih kurang memuaskan.

1 .3 PERUMUSAN MASALAH
Bagaimanakah sebaiknya pembelajaran Aktif,Kreatif, Efektif, dan menyenangkan dapat meningkatkan minat dan prestasi anak kelas V SDN karangasem 05 kecamatan Batang

1.4 MANFAAT PENELITIAN

Hasil pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelasini akan memberikan manfaat yang berarti bagi siswa ,,untuk mencapai ketuntasan belajarnya baik ulangan harian maupun ulangan semesteran II dan juga monifator belajar bagi siswa sehingga berpretasi.
Bagi guru dapat lebih mendalami pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan. sehingga dapat diterapkan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi anak, untuk mencapai ketuntasanbelajar.
Penelitian juga memberikan sumbangan yang baik dalam rangka perbaikan pembelajaran dan menyumbangkan terciptanya kelas yang kondusif terutama pada pelajaran matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar