Senin, 22 Februari 2010

INISIASI TO : 1 - 5

INISIASI

TO : 1

HAKEKAT, KARAKTERISTIK, DAN BENTUK MEDIA PEMBELAJARAN

Nama : Suminem

N I M : 282009087

Kelas : C ( Batang III )




1. Tabel Inventarisasi Alat Peraga di SD

No.

Jenis Alat Peraga

Ada

Tidak Ada

Baik

Tidak Baik

I.

Media Visual











A.

Diproyeksikan






Contoh





1

O H P




2

Opaque Projection




3

Slide Projector










B

Tidak diproyeksikan












Gambar / Foto






Contoh :






- Kerangka Manusia




- Tumbuhan




- Objek




- Hewan




- Alat Transportasi









2

Grafis






Contoh :






- Bagan ( Struktur, Organisasi )




- Peta




- Globe




- Foto / Gambar




- Media cetak ( Koran, Majalah, Buku )




- Atlas









3

Media Tiga Dimensi










II

Media Audio






Contoh :






- Radio




- Tape Recorder




- Kaset Audio




- CD Audio Pembelajaran




- Laboratorium Bahasa





- Piringan Hitam










III

Media Audio Visual












- Vidio Pendidikan





- Televisi Pendidikan




- Vidio intruksional





- TV intruksional





- Slide suara





- CD intruksional










IV

Peraga IPA Lengkap



2. Tabel Format Bahan Pembelajaran yang tersedia di SD.

No.

Nama Alat Perga

Seder-hana

Grafis

Cetak

Audio

Video

Kompu-ter

Kondisi

1

Gambar / Foto








-

Kerangka Manusia





Baik

-

Tumbuhan





Baik

-

Objek





Baik

-

Hewan





Baik

-

Alat Transportasi





Baik










2

Struktur






Baik

3

Organisasi






Baik

4

Peta






Baik

5

Globe






Baik

6

Atlas






Baik

7

Koran




Baik

8

Majalah




Baik

9

Radio






Baik

10

Tape Recorder






Baik

11

Kaset






Baik

12

CD Pembelajaran






Baik

13

Televisi






Baik

14

Komputer






Baik



















INISIASI

TO : 2

MEDIA PEMBELAJARAN SEDERHANA DAN GRAFIS

Nama : Suminem

N I M : 282009087

Kelas : C ( Batang III )


1. Jelaskan yang dimaksud dengan bahan / Media pembelajaran sederhana secara singkat !

Jawab :

Bahan / media pembelajaran sederhana adalah : bahan pembelajaran realita atau benda sebenarnya yang digunakan guru sebagai alat peraga / bahan pembelajaran. Sumber – sumber belajar yang ada di masyarakat yang diambil dari lingkungan sekolah atau sekitar kita yang relevan dengan materi pembelajaran.

2. Sebutkan dan diskripsikan secara singkat macam – macam bahan pembelajaran sederhana yang anda ketahui !

Jawab :

a. Batu – batuan : Kita dapat mengajarkan sebagai jenis batuan dan kegunaan dari batuan tersebut.

b. Tumbuh – tumbuhan : Lewat pelajaran IPA kita dapat mempelajari mulai dari jenis akar, biji ( monokotil / dikotil ), daunnya sampai cadangan makanannya.

c. Alat – alat pertukangan : ( tang, catut, drei, palu, gergaji ) : Kita belajar pesawat sederhana ( tuas / pengungkit, katrol, bidang miring )

d. Surat kabar, majalah bekas : Bisa kita buat kliping ( fenomena alam, berita aktual )

e. Botol bekas : Kita dapat mengajarkan tabung konveksi atau dari tabung kita dapat mengajarkan system pernapasan.

3. Jelaskan apa yang dimaksud bahan / media pembelajaran grafis !

Jawab :

Media grafis adalah bentuk media dua dimensi dan banyak menggunakan bantuan computer / bahan pembelajaran yang dituangkan ke dalam symbol – symbol visual.

Sebagaimana halnya media lain, media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari pemberi ke penerima pesan. Pesan yang disampaikan dinyatakan dalam symbol kata – kata, gambar dan menggunakan ciri grafis yaitu garis.

4. Sebutkan dan jelaskan jenis – jenis media pembelajaran grafis !

a. Gambar / foto : Misalnya, kerangka manusia, tumbuhan, objek, hewan, alat transportasi.

Gambar yang dimaksud adalah gambar diam / mati ( still picture ), yang ada kaitannya dengan isi / bahan pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa.

b. Bagan : Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar – gambar, keterangan – keterangan, daftar – daftar dsb. Digunakan untuk memperagakan pokok – pokok isi bagasi secara jelas dan sederhana antara lain : Perkembangan, perbandingan, struktur organisasi dll.

c. Grafik : Grafik adalah penyajian kembali data – data yang berupa angka – angka dalam bentuk visual simbolis ( lambang visual )

d. Poster : Poster merupakan kombinasi, visual yang terdiri atas gambar dan pesan / tulisan, biasanya menggunakan warna – warna menyolok. Dapat digunakan sebagai sarana pemberitahuan / informasi, peringatan dan motivasi.

e. Globe dan Peta : Globe : tiruan bola bumi.

Peta : Peta : gambaran konvensional dari permukaan bumi dimanfaatkan untuk menunjukkan data dan informasi special.

5. Dalam mengembangkan bahan / media pembelajaran sederhana dan grafis ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Jelaskan tahapan – tahapan dalam mengembangkan bahan / media pembelajaran tsb. Secara singkat !

Jawab :

Tahapan – tahapan yang harus dilalui dalam mengembangkan bahan pembelajaran sederhana dan grafis adalah :

1. Penentuan kebutuhan Belajar Siswa

Kebutuhan belajar siswa adalah kesenjangan antara kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki siswa saat ini dengan kemampuan dan ketrampilan yang kita harapkan akan dimiliki siswa. Kebutuhan belajar ini harus dijadikan patokan bagi guru dalam menyusun bahan pembelajaran baik berupa materi maupun media yang akan dikembangkan untuk membantu proses pembelajaran.

2. Perumusan Tujuan / Kompetensi Pembelajaran

Tujuan pembelajaran merupakan hal yang penting yang harus dipahami oleh para guru sebelum mengembangkan bahan pembelajaran termasuk media sederhana dan grafis, karena tujuan pembelajaran merupakan tolok ukur berhasil tidaknya proses pembelajaran.

3. Pengembangan Meteri

Telah kita ketahui bersama bahwa penyampaian materi hanya secara verbal sangat tidak efektif untuk itu guru perlu memilih materi – materi tertentu yang perlu dimediakan. Tentu saja materi yang dipilih ialah materi yang dapat disajikan dengan lebih baik melalui media dari pada hanya melalui penjelasan lisan dari guru.

4. Visualisasi Pesan Pembelajaran

Visualisasi adalah upaya untuk menyampaikan pesan pembelajaran melalui pengalaman melihat hal ini di dasarkan atas prinsip psikologis bahwa seseorang akan memperoleh kesan / pengertian yang mendalam dan sesuatu yang dilihatnya dari pada sesuatu yang hanya didengar. Namun perlu disadari bahwa tidak semua pesan pembelajaran yang akan dikembangkan dalam bahan pembelajaran sederhana dan grafis dapat divisualkan secara nyata. Hal ini disebabkan adanya tingkat realisme isi pesan yang akan disampaikan. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam memvisualisasikan pesan, yaitu tingkat perkembangan dan latar belakang budaya siswa.

5. Produksi

Tahap yang terakhir dalam mengembangkan bahan pembelajaran sederhana dan grafis adalah produksi. Dalam tahap produksi seorang guru sudah harus menentukan jenis bahan pembelajaran sederhana dan grafis apa yang akan diproduksi baik dalam bentuk dua dimensi.

6. Amati juga bahan ajar dalam bentuk peta dinding yang ada di sekolah.

Anda Sebutkan komponen pembelajaran yang ada di dalamnya !

Jawab :

Komponen – komponen Peta yaitu :

1. Judul peta : Menunjukkan daerah yang digambar.

2. Tipe peta : Dibuat atas dasar kepentingannya dan menunjukkan jenis peta.

3. Garis astronomi : Dibuat sebagai tanda di tepi atau pada garis tepi dengan menunjukkan angka derajat, menit dan detiknya tanpa membuat garis bujur atau lintang. Garis ini untuk menentukan lokasi atau tempat.

4. Inset : Dibuat untuk memperjelas salah satu bagian dari peta dan untuk menunjukkan lokasi yang penting tetapi kurang jelas dalam peta.

5. Indeks peta : Menunjukkan system pemberian nomor pada tiap lembar peta. Manfaatnya adalah :

- Untuk mengetahui lokasi dari peta yang diamati

- Untuk mengetahui nomor indeks dari daerah sekitar.

6. Sumber atau pembuat peta : Menentukan besar kecilnya kepercayaan yang diberikan terhadap kebenaran – kebenaran peta.

7. Tahun Pembuatan peta : Untuk mengetahui tahun berapa peta dibuat.

8. Skala peta : Dipergunakan untuk mengetahui luas daerah yang digambar dan jarak antara daerah dengan satuan ukuran yang sama.

9. Orientasi peta : Dipergunakan untuk menunjukkan arah mata angin

10. Legenda atau keterangan : Diberikan untuk memberi keterangan dari symbol – symbol dalam peta dan legenda dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Contoh legenda dan keterangan dalam peta :

+++++++++++++++ : batas Negara

+-+-+ -+ -+-+-+-+-+ : batas propinsi

------------------------ : batas kabupaten

: jalan kereta api

: jalan raya

: sungai

7. Amati media 2 dimensi yang ada di sekolah masing – masing lalu buat observasi mencari data, berapa jumlah media grafis yang terdapat di sekolah kita, sebutkan !

No.

Nama Media Grafis

Jumlah

Keterangan

1

Papan tulis

6


2

Bagan ( Struktur )

1


3

Bagan ( Organisasi )

1


4

Peta

10


5

Globe

1


6

Atlas

100


7

Media cetak




- Koran

60



- Majalah

36



- Buku

-


8

Gambar / Foto




- Kerangka Manusia

2



-Hewan

6



- Tumbuhan

-



- Pahlawan

20


INISIASI

TO : 3

MEDIA PEMBELAJARAN TERCETAK

Nama : Suminem

N I M : 282009087

Kelas : C ( Batang III )

1. Apakah yang dimaksud bahan pembelajaran cetak ?

Bahan pembelajaran cetak adalah : Berupa seperangkat bahan yang memuat materi atau isi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dituangkan dengan menggunakan teknologi cetak.

2. Coba anda jelaskan karasteristik dari bahan pembelajaran cetak !

a. Mampu membelajarkan sendiri para siswa ( self – instructional ), artinya bahan ajar cetak harus mempunyai kemampuan menjelaskan yang sejelas – jelasnya untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, baik dalam bimbingan guru maupun secara sendiri.

b. Bahan ajar cetak bersifat lengkap ( self contained ), artinya memuat hal – hal yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran

c. Mampu membelajarkan siswa ( self – instructional ), artinya dalam bahan pembelajaran cetak harus mampu memicu siswa untuk aktif dalam proses belajarnya, bahkan membelajarkan siswa untuk dapat menilai kemampuan belajarnya sendiri.

3. Jelaskan berbagai macam bahan pembelajaran cetak yang dapat digunakan di SD !

Bahan pembelajaran cetak yang dapat digunakan di SD yaitu : Modul, Handout, dan Lembar Kerja Siswa ( L K S )

- Modul adalah merupakan suatu unit program pembelajaran yang disusun dalam bentuk tertentu untuk keperluan belajar.

- Handout adalah suatu buku pegangan siswa yang berisi tentang suatu materi pelajaran secara lengkap.

- Lembar kerja siswa adalah bahan pembelajaran cetak berbentuk LKS ( Lembar Kerja Siswa ) dikemas dengan hanya menekankan pada latihan, tugas, atau soal – soal saja.

4. Jelaskan langkah – langkah pengembangan bahan cetak !

a. Cara kompilasi terhadap bahan yang telah tersedia dan dilengkapi dengan panduan belajar.

b. Menggunakan buku teks yang telah tersedia di pasaran dengan disertai panduan belajar.

c. Menyadur buku teks yang sudah tersedia.

d. Menulis dari bahan ajar cetak yang diperlukan yang dirancang sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan.

INISIASI

TO : 4

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOPUTER

Nama : Suminem

N I M : 282009087

Kelas : C ( Batang III )

1. Apa yang anda ketahui tentang komputer ?

Komputer adalah merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa.Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan.

2. Unsur – unsur apa saja yang ada dalam multimedia ?

Unsur – unsure yang ada dalam multimedia adalah : Sound, Animasi, Video, Teks dan Grafis.

3. Carilah salah satu CD interaktif yang ada dalam sekolah Anda, sebutkan judul, nama penulis, dan penerbitnya.!

CD interaktif yang ada disekolah yaitu :

Judul : Ernergi dan perubahannya.

- Menerapkan sifat – sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya / model.

Penulis : Rosalia Kuncoro

Penerbit : Pustekom Production IPA SD ( Fisika )

4. Berkaitan dengan pertanyaan no. 3, CD multimedia interaktif tersebut tergolong dalam model multimedia interaktif apa ? Sebutkan alasannya !

CD multimedia interaktif yaitu tergolong dalam video pembelajaran. Alasannya video ini bersifat interaktif, tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi visualisasi.

5. Tulislah pengalaman saat anda menggunakan CD interaktif tersebut !

Proses pembelajaran lebih menarik, perhatian anak lebih terpusat.

INISIASI

TO : 5

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB / JARINGAN INTERNET

Nama : Suminem

N I M : 282009087

Kelas : C ( Batang III )

1. Sebutkan pengertian dan fungsi / manfaat internet !

- Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan ( bahkan meilyaran ) informasi atau data yang berupa text, graphic, audio maupun animasi dan lain – lain dalam bentuk media elektronik.

- Manfaat dari internet yaitu :

a. Untuk mengakses ke sumber informasi.

Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar bidang apapun yang diminati, pasti ada informasi di internet.

Adanya internet merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah kelangkaan sumber informasi konvensional ( perpustakaan ).

b. Mengakses ke pakar :

Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinkan seorang siswa berkomunikasi jarak jauh.

Hal ini memungkinkan terjadinya pendidikan jarak jauh, pembelajaran dan konsultasi dapat dilakukan secara langsung dan secara tidak langsung.

c. Media kerja sama :

Internet juga dapat berfungsi sebagai media kerja sama. Dalam hal ini komunikasi antar pihak – pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat dilakukan dengan mudah, efisien dan murah.

2. Sebutkan fungsi Browser !

Fungsi browser adalah sebagai :

a. Layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat.

b. Layanan atau software yang sering digunakan untuk mencari informasi dalam format multimedia di dunia maya.

c. Digunakan untuk aktifitas menjelajahi dunia maya atau web, tampilan web yang sangat artistic yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar – gambar yang ditata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam – jam.

d. Membuat aplikasi web

e. Menampilkan hal – hal web yang terdapat di internet

f. Menyimpan halaman – halaman web

g. Berhubungan dengan orang lain ( chatting )

5. PENGERTIAN VIRUS KOMPUTER

1. Arti Definisi / Pengertian Virus Komputer

Virus komputer adalah suatu program computer yang menduplikasi atau menggadakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam – diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan – pesan aneh hingga merusak computer serta menghapus file atau dokumen kita.

2. Arti Definisi / Pengertian Varian Virus Worm, Trojan dan Spyware.

a. Worm.

Worm adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer kita yang memungkinkan computer kita terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan.

b. Trojan.

Trijan adalah sebuah program yang memungkinkan komputer kita dikontrol orang lain melalui jaringan atau internet.

c. Spyware.

Spyware adalah sebuah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan komputer ke pihak luar tanpa kita sadari. Biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan.

Jika kita melihat kejanggalan pada media penyimpanan seperti file bernama aneh yang tidak pernah kita buat atau file bukan jenis aplikasi / application tetapi mengaku sebagai aplikasi maka jangan kita klik, kita buka atau kita jalankan agar virus komputer tersebut tidak menular ke komputer yang kita gunakan.

Tanda – tanda / Ciri – cirri Komputer kita terkena / terifeksi virus komputer :

- Komputer berjalan lambat dari normal

- Sering keluar pesan eror atau aneh – aneh

- Perubahan tampilan pada komputer

- Media penyimpanan seperti disket, flashdisk, dan sebagainya langsung mengkopi file aneh tanpa kita kopi ketika kita hubungkan ke komputer

- Komputer suka restart sendiri atau crash ketika sedang berjalan.

- Suka muncul pesan atau tulisan aneh

- Komputer hang atau berhenti merespon kita

- Harddisk tidak bias diakses

- Printer dan perangkat lain tidak dapat dipakai walaupun tidak ada masalah hardware dan software driver.

- Sering ada menu atau kotak dialog yang error atau rusak

- Hilangnya beberapa fungsi dasar komputer

- Komputer berusaha menghubungkan diri dengan internet atau jaringan tanpa kita suruh

- File yang kita simpan di komputer atau media penyimpanan hilang begitu saja atau disembunyikan virus. dan lain – lain …

Contoh bentuk media penyebaran virus komputer dari komputer yang satu ke komputer yang lain :

- Media penyimpanan ( disket, flashdisk, harddisk ekternal, zipdisk, cd, dvd, bluray disc, cartridge, dan lain sebagainya ).

- Jaringan lan, wan, man internet dan lain sebagainya.

- File attachment atau file lampiran pada email atau pesan elektronik lainnya.

- File software ( piranti lunak ) yang ditunggangi virus komputer.

Cara yang paling ampuh agar kita tidak terkena virus komputer adalah dengan cara menginstall program komputer yang orisinil atau asli bukan bajakan yang tidak ditunggangi virus dan kawan – kawan, tidak menghubungkan komputer dengan jaringan atau internet, serta tidak pernah membuka atau mengeksekusi file yang berasal dari komputer lain.

Tetapi cara seperti itu terlalu ekstrim dan kurang gaul dalam penggunaan komputer sehari – hari karena biasanya kita melakukan pertukaran data atau file dengan komputer lain baik berupa file pekerjaan, file gambar, file attachment, file musik, file video, dan lain sebagainya.

Jadi untuk menghindari komputer kita diinfeksi dan terserang virus maka kita harus waspada dalam berinteraksi dengan file dari komputer lain, file dari media penyimpanan dari orang lain, attachment email, pertukaran file jaringan, lubang keamanan komputer kita, dan lain – lain. Pasang anti virus yang bagus yang di update secara berkala serta program firewall untuk jaringan dan anti spyware dan adware untuk menanggulangi jenis gangguan komputer lain.

Diambil dari : http://organisasi.org/definisi-pengertian-viruskomputer-worm-trojan-spyware-ciri-dan-teknik-infeksi-penularan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar