Minggu, 28 Februari 2010

SRI TITIN MARTANTI 282009071 TUGAS INISIASI 3, 4 DAN 5

Nama : SRI TITIN MARTANTI

NIM : 282009071

KELAS : C (BATANG 3)

KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SD

JAWABAN TUGAS INISIASI 3

1. Yang dimaksud bahan pembelajaran cetak adalah perangkat bahan yang memuat materi atau isi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dituangkan dengan menggunakan teknologi cetak.

2. Karakteristik bahan pembelajaran cetak adalah :

  1. Mampu membelajarkan sendiri para siswa (self-instruction)

Artinya bahan ajar cetak harus mempunyai kemampuanj menjelaskan yang sejelas-jelasnya untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, baik dalam bimbingan guru maupun secara mandiri.

  1. Bahan ajar cetak bersifat lengkap (self-contained)

Artinya memuat hal-hal yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.

3. Macam-macam bahan pembelajaran cetak yang dapat digunakan di SD :

  1. Modul

Modul merupakan suatu paket belajar yang berkenaan dengan satu unit bahan pelajaran.

  1. Handout

Handout diartikan sebagai buku pegangan siswa yang berisi tentang suatu materi pelajaran secara lengkap.

  1. Lembar Kerja Siswa (LKS)

LKS merupakan bahan pembelajaran cetak yang paling sederhana karena komponen isinya bukan pada materi ajar tetapi pada pengembangan soal-soal dan latihan.

4. Langkah-langkah pengembangan bahan cetak :

  1. Menyusun Garis-garis Besar Program Pembelajaran (GBPP)

Bahan ajar tercetak yang akan dikembangkan. GBPP memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, pokok bahasanj, sub pokok bahasan, estimasi waktu dan daftar pustaka yang akan digunakan.

  1. Menulis bahan ajar dengan mengikuti strategi instruksionalk tertentu.

Prinsip penulisannya sama halnya dengan prinsip pengajaran biasa, perbedaannya adalah bahasa yang digunakan bersifat setengah formal dan setengah lisan.

  1. Mereview, melakukan uji coba lapangan dan merevisi bahan ajar sebelum digunakan di lapangan.

JAWABAN TUGAS INISIASI 4

1. Komputer adalah jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa.

Komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi yang pesat telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media.

2. Unsur-unsur dalam multi media antara lain :

Teks, video, animasi, image, grafik dan sound.

3. CD interaktif yang ada di SD Karangasem 09

Judul : Sains Fisika

Penulis : Dra. Asih Priati

Penerbit : PUSSTEKKOM DEPDIKNAS

4. CD multimedia interaktif tergolong model multi media interaktif video pembelajaran.

Alasannya : Karena video ini bersifat interaktif tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi.

5. Pengalaman saya saat menggunakan CD interaktif

  1. Materi yang disajikan menyenangkan tidak menjemukan bagi siswa karena ditampilkan secara visualisasi.
  2. Materi bisa ditampilkan secara berulang-ulang jika siswa belum jelas dengan materi tersebut
  3. Siswa dapat secara interaktif mengikuti kegiatan praktek sesuai yang disajikan dalam video.


JAWABAN TUGAS INISIASI 5

1. Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan bahkan milyaran informasi atau data yang berupa text, graphic, audio, maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik.

Manfaat internet antara lain :

a. Akses ke sumber informasi

b. Akses ke pakar

c. Media kerja sama

2. Fungsi Browser antara lain :

a. Untuk mendapatkan informasi

b. Untuk berkirim-kirim surat

c. Untuk berdiskusi

d. Mengadakan pertukaran data

3. Cara menggunakan mesin pencari :

a. Klik double pada gambar icon internet explorer.

b. Ketik situs (alamat) search engine yang ingin kita gunakan.

c. Kemudian tekan

d. Tunggu beberapa saat hingga halaman keseluruhan selesai ditampilkan.

e. Kemudian masukkan kata kunci pada kotak di atas.

f. Kemudian klik tombol “Telusuri dengan geogle”.

4. -

5. -

VIRUS KOMPUTER

I. ASAL MUASAL VIRUS

1949, John Von Neumon mengungkapkan “teori self altering automata” yang merupakan hasil riset dari para ahli matematika.

1960, lab BELL (AT & T), para ahli di lab. BELL (AT & T) mencoba-coba dan bermain teori itu dalam suatu permainan/ game yang semakin lama semakin berbahaya.

1980, program tersebut (virus) berhasil menyebar di luar lingkungan laboratorium, dan mulai beredar di dunia cyber.

II. PENGERTIAN VIRUS

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri, dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus dibuat untuk menulari program-program lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya.

III. KRITERIA VIRUS

Suatu program yang disebut virus baru dapat dikatakan adalah benar-benar virus apabila minimal memiliki 5 kriteria :

1. Kemampuan suatu virus untuk mendapatkan informasi

2. Kemampuannya untuk memeriksa suatu program.

3. Kemampuannya untuk menggandakan diri dan menularkan.

4. Kemampuannya untuk melakukan manipulasi.

5. Kemampuannya untuk menyembunyikan diri.

IV. SIKLUS HIDUP VIRUS

Siklus hidup virus secara umum, melalui 4 tahap :

· Dormant phase (Fase Istirahat/ Tidur)

· Propagation phase (Fase Penyebaran)

· Trigerring phase (Fase Aktif)

· Execution phase (Fase Eksekusi)

V. JENIS-JENIS VIRUS

Berdasarkan cara kerjanya, virus-virus dunia cyber dapat dibedakan menjadi :

1. Virus Makro

2. Virus Boot Sector

3. Stealth Virus

4. Polymorphic Virus

5. Virus File / Program

6. Multi Partition Virus

VI. CARA / MEDIA PENYEBARAN VIRUS

Layaknya virus biologi, virus komputer dapat menyebar ke berbagai komputer/ mesin lainnya juga melalui berbagai cara, diantaranya :

1. Disket, media storage R/W

2. Jaringan (LAN, WAN, dsb)

3. WWW (Internet)

4. Software yang freeware, shareware, atau bahkan bajakan

5. Attachment pada email, transferring file

VII. PENANGGULANGAN VIRUS

1. Langkah-langkah untuk pencegahan

· Gunakan Antivirus yang terpercaya dengan update-an terbaru.

· Selalu men-scan semua media penyimpanan eksternal yang akan digunakan.

· Mengkombinasikan Antivirus dengan Firewall, Anti Spamming, dan sebagainya jika komputer terhubung langsung ke internet.

2. Langkah-langkah apabila telah terinveksi

· Deteksi dan tentukan dimana sumber virus itu.

· Identifikasi dan klasifikasikan jenis virus yang menyerang.

· Bersihkan segera virus tersebut.

· Langkah terburuk, jika cara di atas tidak berhasil adalah memformal ulang komputer anda.

Dikutip dari http://ezine.echo.or.id/ezine4/ez-r04-y3dips-viruskomputer.txt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar