Senin, 22 Februari 2010

SRI MURWANI 282009050 TUGAS INISIASI 3, 4 DAN 5

Nama : SRI MURWANI

NIM : 282009050

Kelas : C ( Batang 3)

TUGAS INISIASI 3

1. Yang dimaksud dengan bahan pembelajaran cetak adalah perangkat bahan yang memuat materi pembelajaran atau isi pelajaran yang berupa ide, fakta, konsep, prinsip, kaidah atau teori untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dituangkan dengan menggunakan teknologi cetak.

2. Karakteristik bahan pembelajaran cetak adalah :

a. Mampu membelajarkan sendiri para siswa (self-intructional)

Artinya, bahan ajar cetak harus mempunyai kemampuan menjelaskan sejelas-jelasnya untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, baik dalam proses pembelajaran guru maupun secara mandiri.

b. Bahan ajar cetak bersifat lengkap (self-contained)

Artinya, memuat hal-hal yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.

c. Mampu membelajarkan peserta didik (self instructional material)

Artinya, dalam bahan pembelajaran cetak harus mampu memicu siswa untuk aktif dalam proses belajarnya bahkan membelajarkan siswa untuk dapat menilai kemampuan belajarnya sendiri.

3. Macam-macam bahan pembelajaran cetak yang dapat digunakan di SD :

a. Modul

Modul merupakan suatu paket belajar yang berkenaan dengan satu unit bahan pelajaran.

b. Hand Out

Hand out diartikan sebagai buku pegangan siswa yang berisi tentang suatu materi pelajaran secara lengkap.

c. Lembar Kerja Siswa (LKS)

LKS merupakan bahan pembelajaran cetak yang paling sederhana karena komponen isinya bukan pada materi ajar, tetapi ada pengembangan soal-soal dan latihan.

4. Langkah-langkah pengembangan bahan cetak :

a. Menyusun Gari-garis Besar Program Pembelajaran (GBPP) bahan ajar tercetak yang akan dikembangkan.

GBPP memuat standar kompetensi, komponen dasar, pokok bahasan, sub pokok bahasan, estimasi waktu dan daftar pustaka yang akan digunakan.

b. Menulis bahan ajar dengan mengikuti strategi instruksional tertentu.

Prinsip penulisannya sama halnya dengan prinsip pengajaran biasa, perbedaannya adalah bahasa yang digunakan bersifat setengah formal dan setengah lisan.

c. Mereview, melakukan uji coba lapangan dan merevisi bahan ajar sebelum digunakan di lapangan.

d. Digunakan di lapangan.


TUGAS INISIASI 4

1. Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang memuat tentang berbagai macam program dengan kegunaannya masing-masing.

Misalnya :

- Microsoft excel, untuk membuat dftar nilai.

- Microsoft word, untuk membuat data proposal.

- Power point, untuk membuat presentasi internet untuk mencari sumber data.

2. Unsur-unsur dalam multimedia yaitu teks, animasi, image, video, sound dan grafik.

3. CD Interaktif yang ada di sekolah kami :

Judul : Terbentuknya awan

Nama penulis : Suharno Widi Nugroho, ST

Penerbit : Aku Anak Saleh

4. CD multimedia interaktif tersebut tergolong dalam model tutorial, karena dalam proses pembelajarannya menggunakan perangkat lunak yang berupa komputer yang berisi materi pelajaran.

5. Pengalaman kami saat menggunakan CD multimedia interaktif tersebut sangat menyenangkan, karena siswa menjadi lebih antusias dalam belajar ketika melihat hal yang berbeda dan menarik tersebut.


TUGAS INISIASI 5

1. Internet adalahsebuah perpustakaan besar yang di dalamnya terdapat jutaan bahkan milyaran informasi atau data yang berupa tekt, garphic, audio maupun animasi, dan lain-lain dalam bentuk elektronik.

Fungsi atau manfaat internet adalah :

a. Akses ke sumber informasi.

b. Akses ke pakar.

c. Media kerjasama.

2. Fungsi browser adalah untuk mencari data yang kita inginkan dari mesin pencari data.

3. Praktik cara menggunakan mesin pencari.

4. Menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi tentan pengertian virus komputer.

5. Ringkasan artikel :

Virus komputer adalah nama yang diambil dari nama virus biologi, merupakan program komputer yang berupaya menyalin dirinya sendiri dan menjangkiti komputer tanpa kebenaran ataupun pengetahuan pengguna. Bagaimanapun perkataan virus biasanya digunakan bagi perujuk kepada pelbagai jenis perisian perusak yang berlainan. Virus yang asal mungkin mengubah sesuai salinannya atau salinan itu sendiri yang mengubah sesuai dirinya seperti dalam virus metamorf. Virus hanya boleh tersebar apabila hosnya sampai ke komputer lain, contohnya melalui rangkaian atau perantara mudah alih seperti cakera liut, cakera padat, atau pemicu kilat USB. Selain itu virus juga boleh merebak dengan menjangkiti file pada sistem file rangkaian atau mana-mana sistem file yang dicapai komputer lain.

Sesetangah virus direka untuk menjejaskan komputer dengan merusakkan atur cara, menghapuskan file atau memformat semula cakera keras manakala virus-virus lain direka bukan untuk merosakkan apa-apa tetapi hanya untuk menyalin diri dan mungkin untuk menonjolkan kewujudannya melalui pemaparan teks, video, atau pesanan audio. Walaupun virus yang kedua ini tidak berbahaya, ia juga boleh menimbulkan masalah kepada pengguna komputer, karena ia menelan ingatan komputer yang digunakan oleh atur cara yang sah. Oleh yang demikian, ia seringnya mengakibatkan tindakan yang tidak menentu dan boleh mengakibatkan kerosakan sistem. Selain itu banyak virus juga mengandungi pepijat yang boleh mengakibatkan kerosakan sistem dan kehilangan data.

Virus komputer kedatangannya dikelirukan dengan cecacing komputer dan kuda trojan. Kedua-dua ini berbesa dari segi bahwa cecacing boleh merebak ke komputer yang lain tanpa memerlukannya dipindahkan sebagai sebahagiaan file perumah, manakala kuda trojan adalah file yang kelihatan tidak berbahaya sehingga dilaksanakan berbesa dengan virus, kuda trojan juga tida memasukkan kodnya ke dalam fil-file komputer yang lain.

Banyak komputer pribadi kini dihubngkan dengan internet serta rangkaian kawasan setempat dan dengan itu memudahkan perebakan virus. Ia mengambil kesempatan yang diberikan oleh perkhidmatan rangkaian seperti sistem-sistem jaringan sejagat, imail, dan pengongsian file untuk merebak dan dengan itu mengaburi perbesaan antara virus dengan cecacing komputer. Tambahan pula setengah sumber menggunakan istilah alternatif yang mentakrifkan virus sebagai mana-mana bentuk perisian jahat penyalinan diri.

Diambil dari : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar