NAMA : SRI WAHYUNI
NIM : 28 2009 060
INISIASI 1
Tabel Inventarisasi Alat Peraga di SD
No | Jenis Alat Peraga | Ada | Tidak Ada | Baik | Tidak Baik |
1. 2. 3. 4. 5. 6. | Tipe Lab. Bahasa VCD CD DVD Hp Telepon Piringan Hitam Buku Koran Buletin Majalah Peta Atlas Gambar Poster Abjad Globe Wayang Akuarium Herbarium Insektarian Batu-batuan Tumbuh-tumbuhan TV LCD OHP Hendycam Komputer Lap Top | √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ | √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ | √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ | √ √ √ √ √ |
Tabel Format Bahan Pembelajaran yang Tersedia di SD
No | Nama Alat Peraga | Sederhana | Grafis | Cetak | Audio | Vidio | Komputer | Kondisi |
1 | Tipe | | | | √ | | | Baik |
2 | Telepon | | | | √ | | | Baik |
3 | Radio | | | | √ | | | Baik |
4 | Buku | | | √ | | | | Baik |
5 | Koran | | | √ | | | | Baik |
6 | Majalah | | | √ | | | | Baik |
7 | Peta | √ | | | | | | Baik |
8 | Atlas | √ | | | | | | Baik |
9 | Gambar | √ | | | | | | Baik |
10 | Poster | √ | | | | | | Baik |
11 | Abjad | √ | | | | | | Baik |
12 | Globe | √ | | | | | | Baik |
13 | Wayang | √ | | | | | | Baik |
14 | TV | | | | √ | | | Baik |
15 | Komputer | | | | | | √ | Baik |
16 | S.Kep | | | | | | | Baik |
17 | Kartu huruf | | | √ | | | | Baik |
18 | Papan Panel | | | √ | | | | Baik |
19 | Rangka organ | | √ | | | | | Baik |
20 | Papan Absen | | | √ | | | | Baik |
21 | Kelender Pendidikan | | | √ | | | | Baik |
22 | Bank Data | | | √ | | | | Baik |
23 | Papan Informasi | | | √ | | | | Baik |
24 | Kipas Angin | | √ | | | | | Baik |
25 | Jam Dinding | | √ | | | | | Baik |
26 | Kotak PPPK | | √ | | | | | Baik |
27 | Struktur Organisasi | | | √ | | | | Baik |
INISIASI 2
1. Bahan / Media Pembelajaran adalah sarana atau alat yang dapat dipakai untuk pembelajaran, yang berguna untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa untuk belajar.
2. Macam-macam Bahan Pembelajaran
a. Media Visual adalah media yang hanya dapat dilihat dengan indera penglihatan.
Contohnya : Gambar-gambar / poster
Foto
b. Media Audio adalah media yang dalam penyampaian pesannya melalui pendengaran saja.
Contohnya : Kaset, CD, Radio
c. Media Audio Visual adalah kombinasi dari media yang sudah ada, sehingga lebih lengkap dan optimal dalam penyampaian dan penyajian.
Contihnya : Televisi, dan CD Interaktif
3. Bahan / Media Pembelajaran Grafis adalah bahan pembelajaran yang dituangkan dalam simbol-simbol visual
4. Jenis-jenis Media Pembelajaran Grafis
a. Gambar ] yang di maksud adalah gambar diam, mati.
Contohnya : gambar/foto kerangka manusia, tumbuhan, hewan, alat transportasi
dan lain-lain
b. Diagram ] merupakan gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan tentang tata kerja suatu benda.
Contohnya : bagan organisasi, bagian pohon dan lain-lain
c. Kartun ] Penggambaran dalam bentuk lukisan / karikatur tentang gagasan, situasi, atau orang yang dirancang untuk membentuk opini siswa.
d. Bagan ] untuk menunjukkan ide atau gagasan melalui simbol, garis, gambar dengan kata-kata singkat
e. Poster ] terdiri atas gambar dan tulisan yang mencolok
5. Tahapan-tahapan dalam mengembangkan bahan / media pembelajaran
a. Menentukan Kebutuhan Belajar Siswa
Adalah kesenjangan antara kemampuan dan ketrampilan yang di miliki siswa.
b. Perumusan Tujuan / Kompetensi Pembelajaran
Merupakan hal yang penting, yang harus di pahami oleh guru sebelum mengembangkan bahan pembelajaran, karena sebagai tolak ukur berhasil tidaknya proses pembelajaran.
c. Pengembangan Materi
Materi yang dipilih adalah materi yang dapat disajikan dengan lebih baik melalui media dari pada melalui penjelasan lisan dan guru.
d. Visualisasi Pesan Pembelajaran
Adalah upaya untuk menyampaikan pesan pembelajaran melalui pengalaman melihat
e. Produksi
Seorang guru harus menentukan jenis bahan pembelajaran yang akan di produksi baik dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi.
6. Komponen Pembelajaran yang ada dalam peta dinding
Pengertian Peta adalah gambaran konvensional dari permukaan bumi yang diperkecil seperti pada kenampakannya bila di lihat dari atas dengan di tambah tulisan-tulisan sebagai tanda pengenal
Komponen-komponen Peta :
1. Judul Peta
2. Tipe Peta
3. Garis Astronomi
4. Inset
5. Indeks Peta
6. Sumber atau pembuat peta
7. Tahun Pembuatan Peta
8. Orientasi Peta : untuk mengetahui arah mata angin
9. Skala Peta
10. Legenda atau Keterangan
7. Media dua dimensi yang ada di lingkungan sekolah
Contohnya :
1). Foto / gambar
2). Diagram
3). Bagan
4). Grafik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar