Minggu, 14 Februari 2010

Sugiarti NIM : 282009109

TUGAS INISIASI I

a. Tabel inventarisasi alat peraga di SD
No Jenis Alat Peraga Ada Tidak ada Baik Tidak baik
I Audio
1 Radio  - - 
2 Tape  - - 
3 VCD  -  -
4 DVD - - - -
5 CD  -  -
6 HP  -  -
7 Telephon  -  -
8 Piringan hitam -  - -
9 Televisi  -  -
II Media Cetak
1 Buku Pelajaran  -  -
2 LKS  -  -
3 Modul  -  -
III Media Grafis
1 Grafik  -  -
2 Diagram  -  -
3 Bagan  -  -
4 Poster  -  -
5 Komik -  - -
6 Kartun -  - -
7 Peta
IV Media Sederhana
1 Insektarium -  - -
2 Herbarium -  - -
3 Batu-batuan  -  -
4 Buah-buahan  -  -
5 Tumbuh-tumbuhan  -  -
6 Taman  -  -
7 Kolam  -  -
8 Bak pasir  -  -
V Video
1 TV  -  -
2 LCD -  - -
3 OHP -  - -
4 HP Kamera  -  -
5 Handycam -  - -
VI Komputer
1 Komputer  -  -
2 Laptop -  - -
3 Internet -  - -



b. Tabel bahan pembelajaran yang ada di SDN Sawahjoho 02 Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
No Nama alat peraga Seder-hana Grafis Cetak Audio Video Kom-puter Kon-disi
1 Radio  Baik
2 Peta   Baik
3 Tape recorder  Baik
4 VCD pembelajaran   Baik
5 HP    Baik
6 Telephon  Baik
7 Televisi   Baik
8 Buku  Baik
9 LKS  Baik
10 Modul  Baik
11 Grafil  Baik
12 Diagram  Baik
13 Bagan  Baik
14 Poster  Baik
15 Batu-batuan  Baik
16 Tumbuhan  Baik
17 Taman  Baik
18 Kolam  Baik
19 Bak pasir  Baik
20 Komputer  Baik



Nama : Sugiarti
NIM. : 282009109

TUGAS INISIASI II

1. Yang dimaksud bahan / media pembelajaran sederhana ialah bahan pembelajaran yang dikembangkan menggunakan teknologi sederhana yang berupa benda-benda realita yang ada di lingkungan masyarakat dan tidak tergolong dalam bahan pembelajaran visual, audiovisual.
2. Macam-macam bahan pembelajaran yang bersifat sederhana insectarium, herbarium, kolam, kebun, lapangan rumput, buah-buahan, bunga dari plastik, boneka, batu-batuan, bak pasir dan sebagainya.
3. Yang dimaksud bahan/media pembelajaran grafis ialah bahan pembelajaran yang dituangkan ked dalam simbol-simbol visual yang berguna untuk menyalurkan pesan dan sumber bagi penerima pesan berupa kata-kata, gambar dan grafis agar informasi jelas dan mudah dipahami.
4. Jenis-jenis media pembelajaran grafis :
a. Gambar/foto adalah tampilan objek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya.
b. Bagan yaitu media yang berisi gambar-gambar, garis, keterangan-keterangan daftar dan sebagainya.
c. Grafik bentuk penyajian data-data yang berupa angka-angka lambang visual.
5. Tahapan-tahapan pengembangan bahan/media pembelajaran sederhana dan grafis.
a. Penentuan kebutuhan belajar siswa antara kemampuan dan ketrampilan yang diharapkan.
b. Rumusan tujuan pembelajaran sebelum mengembangkan bahan pelajaran dengan medianya. Untuk mengukur keberhasilan atau ketidakberhasilan proses pembelajaran.
c. Pengembangan diri yaitu memilih materi tertentu yang perlu dimediakan dengan penyajiannya menggunakan media pembelajaran.
d. Visualisasi pesan pembelajaran yaitu upaya penyampaian pesan pembelajaran melalui pengalaman melihat untuk memperoleh kesan/pengertian yang mendalam.
e. Produksi yaitu penentuan/pemilihan jenis bahan pembelajaran sederhana yang diproduksi dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi.
6. Komponen pembelajaran yang dapat diperoleh dari peta :
- Batas-batas wilayah
- Kata-kata
- Jalan-jalan
- Daratan dan lautan
- Dataran rendah dan pegunungan
- Sungai, danau dan gunung-gunung
- Peninggalan sejarah
- Hasil bumi dan pertanian
- Daerah pertanian dan perkebunan
- Industri dan perdagangan
- Dan sebagainya
7. Jumlah media grafis yang ada di SDN Sawahjoho 02 Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang adalah
Contoh : - Foto kegiatan lomba senam
- Grafik kenaikan kelas
- Grafik absen
- Struktur organisasi sekolah dan komite
- Peta
- Bagan organisasi gugus depan
- Diagram mata pencaharian orang tua



Nama : Sugiarti
NIM. : 282009109

Tidak ada komentar:

Posting Komentar