Minggu, 28 Februari 2010

SRI SUBARYANTI 282009075 TUGAS INISIASI 3, 4 DAN 5

NAMA : SRI SUBARYANTI

NIM : 282009075

KELAS : C ( BATANG 3 )

TUGAS MATA KULIAH : KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

TUGAS INISIASI III

  1. Yang dimaksud bahan pembelajaran cetak adalah perangkat bahan yang memuat materi atau isi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dituangkan menggunakan teknologi cetak.
  2. Karateristik bahan pembelajaran cetak adalah :
    1. mampu membelajarkan sendiri para siswa ( self-instructional ) artinya bahan ajar cetak harus mempunyai kemampuan menjelaskan yang sejelas-jelasnya untuk membantu siswa dalam pembelajaran baik dalam bimbingan guru maupun secara mandiri
    2. bahan ajar cetak bersifat lengkap ( self-contained ) artinya memuat hal-hal yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran
  3. Macam –macam bahan pembelajaran cetak yang dapat digunakan di SD :
    1. Modul

Modul merupakan suatu paket belajar yang berkenaan dengan dengan satu unit bahan pelajaran

    1. Hand Out

Hand out diartikan sebagai buku pegangan siswa yang berisi tentang suatu materi pelajaran secara lengkap

    1. Lembar Kerja Siswa ( LKS )

LKS merupakan bahan pembelajaran cetak yang paling sederhana karena komponen isinya bukan pada materi akan tetapi pada pengembangan soal-soal dan latihan.

  1. Langkah-langkah pengembangan bahan cetak :
    1. Menyusun Garis-garis Besar Program Pembelajaran (GBPP) bahan ajar cetak yang akan dikembangkan . GBPP memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, pokok bahasan, estimasi waktu dan daftar pustaka yang akan diajarkan
    2. Menulis bahan ajar dengan mengikuti strategi instruksional tertentu.

Prinsip penulisannya sama halnya dengan pengajaran biasa, perbedaannya adalah bahasa yang digunakan bersifat setengah formal dan setengah lisan.

    1. Mereview, melakukan uji coba lapangan dan merevisi bahan ajar sebelum digunakan di lapangan.

TUGAS INISIASI IV

1. Komputer adalah seperangkat alat elektronika yang terdiri dari berbagai macam program dengan kegunaan masing-masing.

Contoh :

- untuk membuat daftar nilai kita menggunakan program Microsoft Office.

- untuk mambuat data proposal kita memnggunakan program Microsoft Word.

- untuk membuat materi presentase kita memggunakan program Power Point

Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa . Komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai kebutuhan . Perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan computer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di dalamnya.

2. Unsur-unsur dalam Multimedia adalah teks, video, animasi, image, grafik dan sound

3. CD Interaktif

Judul : Peta Provinsi Jawa Tengah

Nama Penulis : Team Aneka Ilmu

Penerbit : Aneka Ilmu

4. CD Interaktif tersebut termasuk model tutorial , karena berisi tentang informasi baru, bersifat konsep, luas , dan mendalam, berhubungan antara bagan pokok materi yang satu dengan yang lain , memerlukan control dan mastery learning dan memungkinkan dipelajari secara berulang.

5. Saat menggunakan CD Interaktif tersebut , saya merasakan lebih mudah dalam belajar , lebih menarik dan meningkatkan konsentrasi belajar.


TUGAS INISIASI V


1. Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang di dalamnya memuat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang berupa text, graphic, audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik.

Fungsi atau manfaat internet adalah

a. akses ke sumber informasi

b. akses ke pakar

c. media kerja sama

2. Fungsi Browser adalah untuk mencari data yang kita inginkan dari mesin pencari data . Atau untuk mengakses layanan word wide web dari sebuah computer

Jawaban Nomor 3,4,dan 5 :

Virus computer merupakan program computer yang dapat menggandakan atau maenalin dirinya sendiri kedalam program atau dokumen lain.

Virus komputer umumnya dapat merusak perangakt lunak computer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras computer dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu VGA, memory bahkan Prosesor.

Virus computer dapat dikelompokkan dapat dikelompokkkan ke dalam kategori antara lain : Worm, Trojan, Hacking, Backdoor, Spyware, Malware, Adware, Rogue, Ransom ware, virusd tetepon seluler.

Cara mengatasi virus computer dengan menggunakan perangkat lunak Antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan meghapus virus computer asalkan basis data virus computer yang dimiliki oleh perangkat lunak antivirus telah mengandung kode untuk mengahpus virus tersebut

Diambil dari : http : //id.wikipedia org/wiki/virus computer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar