Senin, 22 Februari 2010

SRI RAHAYU 282009051 TUGAS INISIASI 3, 4 DAN 5

JAWABAN TUGAS MATA KULIAH

KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SD

Jawaban Tugas INISIASI 3

  1. Maksud bahan pembelajaran cetak adalah : sebagai perangkat bahan yang memuat

materi atau isi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dituangkandengan menggunakan teknologi cetak.

2. Karakteristik bahan pembelajaran cetak adalah :

a. Mampu membelajarkan sendiri para siswa. ( Self Instructional ) yang

artinya bahan ajar cetak harus mempunyai kemampuan menjelaskan

yang sejelas – jelasnya untuk membantu siswa dalam proses

pembelajaran baik dalam bimbingan guru atau secara mandiri.

b. Bahan ajar cetak bersifat lengkap ( Self – Contained ) yang artinya

memuat hal – hal yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.

c. Mampu membelajarkan peserta didik ( Self – Intructional Material )

bahan. Artinya dalam pembelajaran cetak harus mampu memicu siswa

untuk aktif dalam proses belajarnya , bahkan siswa dapat menilai

kemampuan belajarnya sendiri.

3. Berbagai macam bahan pembelajaran cetak yang dapat digunakan di SD yaitu.

a. Modul

Modul merupakan suatu paket belajar yang berkenaan dengan satu unit

Bahan pelajaran.

b. Handout

Handout artinya sebagai buku pegangan siswa yang berisi tentang suatu materi pelajaran secara lengkap.

c. Lembar Kerja Siswa ( LKS )

LKS merupakan bahan pembelajaran cetak yang paling sederhana. Karena komponen isinya bukan materi ajar tetapi pada pengembangan soal – soal dan latihan.

4. Langkah – langkah dalam mengembangkan bahan ajar cetak :

1. Cara kompilasi terhadap bahan yang telah tersedia dan di lengkapi dengan panduan belajar.

2. Menggunakan buku teks yang telah tersedia di pasaran dengan disertai panduan belajar.

3. Menyadur buku teks yang telah tersedia.

4. Menulis dari bahan ajar cetak yang diperlukan dan dirancang sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan.

Jawaban Tugas INISIASI 4.

  1. Komputer adalah merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di dalamnya.
  2. Unsur – unsur yang ada dalam Multimedia adalah. Teks,video,animasi,image,grafik dan sound.
  3. CD interaktif : Bermain Sains

Judulnya : Air hujan itu berbahaya.

Penulis : Suharno Widi Nugraha ST.

Penerbit : Aku Anak Saleh.

  1. CD Multimedia interaktif tersebut tergolong dalam model multimedia interaktif

tutorial. Alasan : program pembelajaran yang digunakan dalam proses

pembelajaran denagn menggunakan perangkat lunak berupa progaram komputer

yang berisi materi pelajaran.

  1. Pengalaman yang didapat pada saat menggunakan CD Interaktif adalah :

- Guru lebih mudah dalam menyampaikan materi

- Siswa lebih aktif, sehingga materi yang disampaikan mudah diterima dan selalu berkesan.

- Dengan menggunakan CD interaktif ini siswa akan merasa lebih senang dalam menerima pelajaran.

Jawaban Tugas INISIASI 5.

  1. Pengertian internet adalah merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan( bahkan milyaran ) informasi / data yang berupa text, graphic, audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik.

Fungsi / manfaat internet yaitu :

    1. Akses ke sumber informasi.
    2. Akses ke pakar.
    3. Media kerjasama.

  1. Browser berfungsi untuk mencari data yang kita inginkan dari mesin pencari data / dapat menampilkan informasi yang terdapat pada suatu alamat di internet.
  2. Sudah dilaksanakan
  3. Sudah dilaksanakan
  4. VIRUS KOMPUTER (pengertian, sejarah pembuatannya dan tindakan pencegahannya)

I. Pendahuluan

Kalau kita mendengar yang namanya virus pasti membuat kita takut. Dalam dunia komputer ?makhluk? ini dijadikan istilah untuk progaram yang berbahaya bagi komputer lain. Akan tetapi akibat yang ditimbulkannya tidak kalah bahaya dibanding virus dalam dunia medis, kerugian materi yang ditimbulkanya juga sangat besar. Sudah banyak perusahaan/negara yang pernah merasakan demam terkena virus komputer ini. Bahkan si pencipta virus menjadi urutan pertama dalam daftar pencarian orang dan bagi siapa yang bisa menemukan akan diberikan hadiah. Menurut pengalaman penulis dalam memperbaiki data yang rusak, kerusakan data yang paling sulit diperbaiki (tingkat keberhasilannya sangat kecil) adalah kerusakan data akibat terkena virus.

II. Pengertian Virus Komputer secara singkat pengertian virus atau worm adalah

Suatu progam komputer yang dapat menyebar pada komputer atau jaringan

dengan cara membuat copy dirinya sendiri tanpa sepengetahuan dari pengguna

komputer tersebut. Virus dapat menimbulkan efek yang berbahaya, Misalnya

dari menampilkan pesan , mencuri data atau bahkan mengontrol komputer dari

jarak jauh. Virus komputer mirip program kompeter biasa, tetapi memiliki

perbedaan yang mendasar dibanding progam- progam lainnya. Virus dibuat

untuk menulari progam- progam lainnya, mengubah, memanipulasinya bahkan

sampai merusaknya. Virus hanya akan menulari apabila program pemicu atau

program yang telah terinfeksi tadi dijalankan. Istilah Virus

Digunakan pertama kali oleh Fred Cohen pada tahun 1984 di Amerika Serikat.

III. Beberapa hal yang bisa dilakukan virus.

Virus seringkali mengganggu/ menghentikan kerja komputer pada saat

diperlukan.Sejalan dengan perkembangan di dunia virus komputer maka

sampai saat ini efek dari virus ini sudah semakin banyak, diantaranya adalah:

1. Memperlambat server e-mail.

2. Mencuri data penting dan rahasia.

3. Menggunakan komputer user untuk menyerang suatu website.

4. Membiarkan orang lain untuk membajak kompeter kita.

5. Merusak dara.

6. Menghapus data.

7. Men-disable hardware.

8. Menimbulkan hal-hal yang aneh dan mengganggu.

9. Menampilkan pesan tertentu.

10. Merusak kredibilitas Anda.

1V. Sejarah virus komputer.

Motivasi pencipta virus berbeda-beda dalam membuat virus.Ada yang

membuat virus karena ingin menyebarkan pesan politik, mencari ketenaran,

mencari keuntungan publik, mengkritik suatu institusi / perusahaan. Mereka

mampu masuk ke dalam sistem komputer seseorang, mendapatkan berbagai

informasi seperti alamat e-mail dan password. Menurut beberapa penelitihan

diketahui bahwa rata-rata pembuat virus adalah laki-laki , berumur dibawah

25 tahun dan masih singgel. Membuat virus terkadang merupakan suatu

kepuasan tersendiri bagi penciptanya. Mereka seringkali sering

menggunakan nama-nama yang unik dan aneh demi menunjukkan

eksistensinya dan terobsesi oleh tokoh-tokoh fantasi pujaannya.

VI. Langkah- langkah Penanggulangan.

Dalam hal apapun tindakan pencegahan memang lebih baik dari pada

tindakan pengobatan.Komputer/file yang sudah terinfeksi akan sangat sulit

dibersihkan dari virus, apabila sudah masuk sampai jauh ke dalam

feli/program. Untuk tindakan pencegaan kita dapat melakukan beberapa hal

berikut:

1. Gunakan anti virus dengan update terbaru.

2. Selalu scanning semua media penyimpanan eksternal yang akan digunakan, tetapi jika auto-protect antivirus bekerja maka prosedur ini dapat dilewatkan.

3. Jika terhubung langsung ke Internet cobalah untuk mengkombinasikan antivirus dengan Firewall Anti-spamming.

4. Selalu waspada terhadap file-file yang mencurigakan, contoh : file dengan 2 tipe file atau file executable (file aplikasi yang dapat langsung dijalankan) yang terlihat mencurigakan.

5. Untuk software freeware dan shareware, ada baiknya mengambilnya dari situs resminya.

6. Semampunya hindari membeli barang bajakan, gunakan software-software open source.

VII. PENUTUP

Semoga tulisan ini dapat menjadi media pembelajaran bagi kita semua mengenai virus komputer dan arti pentingnya tindakan pencegahan dibangding berbaikan. Mengingat bahaya dan kerusakan yang ditimbulkan, Bagian TI selalu mengikuti berbagai perkembangan virus komputer, mencari update terbaru dan mencari cara yang penting efektif untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan akibat virus komputer.

Diambil dari : http://www.ptpn5.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar