Senin, 15 Februari 2010

Jawaban Inisiasi 1 dan 2 Pak Warsono 282009091 Batang 3

Jawaban inisiasi I

A. Tabel Inventaris Alat peraga di SD

No

Jenis alat peraga

Ada

Tidak ada

Baik

Tidak Baik

1.

Media Sederhana

- Akuarium

- Batu-batuan

- Tumbuh-tumbuhan

2.

Media Grafis

- Peta

- Atlas

- Gambar

- Poster

- Huruf Abjad

- Globe

3.

Media Grafis

- Buku

- Koran

- Buletin

- Majalah

4.

Media Audio

- Radio

- Tape Recorder

- Lab bahasa

- CD/VCD/DVD

- Piringan hitam

5.

Media Video

- TV

- Led

- OHP

- Handycam

6.

Media Cal

- Komputer

- Laptop

- Internet

-

-

-

-

B. Tabel Format bahan Pembelajaran yang tersedia di SD

No

Nama Alat peraga

Sederhana

Grafis

Cetak

Audio

Video

Komputer

Kondisi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

Radio

Tape Recorder

CD/VCD/DVD

Buku

Koran

Buletin

Majalah

Peta

Atlas

Gambar

Abjad

Globe

TV

Komputer

Baik

Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik


Jawaban Tugas Mandiri Inisiasi 2

1. Media pembelajaran sederhana merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak, baik menggunakan teknologi sederhana maupun komplek untuk menciptakan lingkungan atau pengalaman yang memungkinkan siswa untuk belajar sehingga tercapainya tujuan pembelajaran.

2. Macam — macam bahan pembelajaran:

- Dua dimensi

- Tiga dimensi

- Realita

- Ritatoon

- Rotatoon

3. Media pembelajarangrafis adalah bahan pembelajaran yang dituangkan ke dalam symbol — symbol visual.

4. Jenis — jenis pembelajaran grafis adalah grafik, bagan, diagram, sketsa, poster, gambar / foto, peta dan globe.

Media pembelajaran grafis merupakan bahasa yang umumyang mudah dimengerti oleh siswa karena fifatnya visual konkrit tidak verbalistik.

5. A. Tahapan Pembelajaran Sederhana

1) Penentuan Kebutuhan Belajar Siswa

Guru dalam menyusun bahan pembelajaran dapat menentukan kebutuhan siswa antara kemampuan dan ketrampilan yang dimiki siswa.

2) Perumusan Tujuan / Kompetensi Pembelajaran

Perumusan tujuan pembelajaran merupakan tolak ukur berhasil tidaknya Proses pembelajaran.

3) Pengembangan Materi

Guru dalam penyampaian materi tidak hanya secara verbal,perlu memilih materi yang dapat disajikan dengan lebih baik melalui media ,tidak hanya penjelasan lisan saja.

4) Visualisasi Pesan Pembelajaran

Guru hendaknya mampu menvisualisasikan bahan pembelajaran secara realita isi pesan yang akan disampaikan.

5) Produksi

Guru sudah harus menentukan jenis bahan pembelajaran sederhana apa yang akan diproduksi.

B. Tahapan Pembelajaran Grafis

1.Penentuan kebutuhan belajar siswa

2.Perumusan tujuan

3.Pengembangan materi

4.Visualisasi pesan pembelajaran

6. Komponen pembelajaran dalam bentuk peta dinding adalah Judul peta, Garis tepi peta, Legenda, Skala, Penunjuk arah, dan Garis astronomi.

7. Data media dua dimensi

No

Nama media gratis / DUA DIMENSI

Jumlah

1.

Peta dinding

6

2.

Atlas

75

3.

Gambar

17

4.

Abjad

8

5.

Globe

2

6

Poster

3

Jumlah

111

Tidak ada komentar:

Posting Komentar