Minggu, 14 Februari 2010

SRI KUSRINI NIM 282009084 TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN

TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN
OLEH SRI KUSRINI
NIM 282009084

SRIKUSRINI

282009084

TUGAS INISIASI I

No

Jenis Alat Peraga

Ada

Tidak Ada

Baik

Tidak Baik

1

AUDIO :

Radio

Hand Phone

Telephon

Tape

VCD

CD

DVD

Piringan Hitam

Lab.Bahasa

2

MEDIA CETAK

Buku

Koran

Buletin

Majalah

Kamus

3

MEDIA GRAFIS

Peta

Atlas

Gambar

Poster

Abjad

Globe

Wayang

Kartun

Sketsa

Diagram

4

MEDIA SEDERHANA

Akuarium

Herbarium

Insektarium

Batu-batuan

Tumbuhan

5

VIDEO

TV

LCD

OHP

HANDYCAM

TUSTEL

6

C A I

Kompyter

Laptop

Internet



TABEL INVENTARISASI ALAT PERAGA DI SD


No

Nama Alat Peraga

Sederhana

Grafis

Cetak

Audio

Video

Komputer

Kondisi

1

RADIO

Baik

2

Handphone

3

Telephon

4

Tape

5

VCD

6

CD

7

DVD

8

Buku-buku

9

Koran

10

Buletin

11

Majalah

12

Kamus

13

Peta

14

Atlas

15

Gambar

16

Poster

17

Abjad

18

Globe

19

Wayang

20

Diagram

21

Batu-batuan

22

Tumbuhan

23

TV

24

OHP

25

Kamera

26

Komputer

27

Laptop

28

Internet

29

Photo

TABEL FORMAT PEMBELAJARAN YANG TERSEDIA DI SD N KAUMAN 07 BATANG




TUGAS INISIASI II

1. Yang dimaksud dengan bahan/media pembelajaran sederhana ialah media pembelajaran yang tidak banyak membutuhkan sarana teknlogi yang tinggi, karena media ini ada di sekitar kita dan ada yang dibuat sendiri.

2. Macam-macam bahan pembelajaran sederhana.

a. Bahan pembelajaran dua dimensi, yaitu media pembelajaran yang dapt dilihat dari arah depan dan samping.

Contoh: papan tulis, papan flannel, papan bulletin, papan magnetic

b. Bahan pembelajaran tiga dimensi, yaitu bahan atau media pembelajaran yang dapat diamati dari arah samping, depan, dan belakang.

Contoh : torso manusia, patung.

c. Realita yaitu bahan atua media yang nyata, biasanya ada disekitar kita.

Contoh : tumbuhan, hewan, batuan, air dan sebagainya.

d. Ritatoon yaitu suatu alat peraga yang efektif penggunaanya dalam pembelajaran di kelas. Pada dasarnya alat ini merupakan gambar-gambar yang berhubungan sehingga merupakan suatu cerita

e. Rotatoon yaitu, alat peraga yang berupa gambar-gambar tetapi dalam pertunjukanya alat ini dapat diputar

3. Yang dimaksud bahan/media pembelajaran grafis ialah media yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari guru kepada murid, ysng ditusngkan dalam bentuk tulisan, huruf-huruf, gambar-ganbar dan symbol-simbol yang mengandung arti.

4. Yang maksud dengan media grafis ialah

a. Media grafis gambar/foto mudah dicerna karena sifatnya visual konkrit menampilkan obyek sesuai dengan bentuk dan wujud aslinya sehingga tidak verbalistik.

b. Media grafis diagram adalah gambaran sketsa untuk menunjukan tentang sesuatu

c. Media grafis bagan merupakan media yang berisi tentang gambar-gambar, keterangan-keterangan, daftar-daftar dan sebagainya.

d. Media grafis grafik adalah penyajian data-data yang berupa angka-angka dalam bentuk visual simbolis.

e. Poster adalah gambar besar (plakat) yang dipasang di tempat keramaian

f. Media grafis Cetak dalah perangkat bahan ajar yang memuat materi atau isi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran, tetapi tidak sama dengan buku teks.

g. Buku adalah barang cetakan berupa lembar-lembar kertas yang dijilid

h. Sketsa adalah lukisan cepat (coretan garis besarnya saja).

i. Peta adalah gambaran konvensional dari permukaan bumi yang diperkecil seperti pada kenampakannya bila dilihat dari atas dengan tambahan tulisan-tulisan sebagai tanda konvesional.

j. Globe adalah tiruan bentuk bumi.

5. Ada 5 tahapan yang harus dilalui dalam mengembangkan bahan pembelajaran grafis.

a. Penentuan kebutuhan belajar siswa

b. Perumusan tujuan/kompetensi pembelajaran

c. Pengembangan materi

d. Visualisasi pesan pembelajaran

e. proteksi

6. Komponen yang ada pada peta dinding ialah

a. Judul peta : menunjukan daerah yang digambar

b. Tipe peta : dibuat atas dasar kepentingannya dan menunjukan jenis peta.

c. Garis astronomi dibuat sebagai tanda ditepi atau garis tepi dengan menunjukan angka derajat, menit dan detiknya, tanpa membuat garis bujur atau lintang. Garis ini untuk menentukan lokasi atau tempat.

d. Inset : dibuat untuk memperjelas salah satu bagian dari peta dan untuk menunjukkan lokasi yang penting tetapi kurang jelas dalam peta.

e. Indeks peta : menunjukkan system pemberian nomor pada tiap lembar peta ,

Manfaatnya adalah :

Untuk mengetahui lokasi dari peta yang diamati

Untuk mengetahui nomor indek dari daerah sekitarnya.

f. Sumber atau pembuat peta : untuk mengetahui tahun berapa peta dubuat

g. Skala peta : dipergunakan untuk mengetahui luas daerah yang digambar, atau jarak antara daerah dengan perbandingan jarak pada peta dan jarak sebenarnya. Satuan ukuran yang sama

h. Orientasi peta : dipergunakan untuk menunjukkan arah mata angina

i. Legenda atau keterangan: diberikan untuk memberi keterangan dari symbol-simbol dalam peta dan legenda dibuat sesuai dengan kebutuhan.

7. Media dua dimensi dan media grafis di SDN Kauman 07

No

Nama Media

Jumlah

1

Papan tulis

9

2

Papan absen

9

3

Papan pajangan

18

4

Papan pengumuman

2

5

Papan flanel

2

6

Papan jam kehadiran siswa

9

7

Papan statistik

1

8

Papan administrasi sekolah

17

9

Papan temple foto

2

10

Alat peraga IPA (KIT)

3

11

Papan Basket

2

12

Gambar Presiden dan Wapres

15 pasang

13

Gambar lukisan karya siswa

15

14

Globe

3

15

Wayang kulit

30

16

Peta

20

17

Gambar pahlawan

25

18

Gambar alat musik

9

19

Gambar rumah adat

9

20

Gambar alat indra

1 paket

21

Poster

5

22

Diagram

3

23

Grafik

5

24

Album foto

20

25

Mars SDN Kauman 07

1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar