Nama : Sukeningsih
NIM : 282009078
Kelas : C (Batang 3)
INISIASI 1
A. Tabel inventarisasi alat peraga di SD Kasepuhan 05 Batang
No | Jenis Alat Peraga | | Tidak Ada | Baik | Tidak Baik |
1 | Audio | | | | |
| - Radio | √ | | √ | |
| - Tape Recorder | √ | | √ | |
| - CD Audio | | √ | | |
2 | Visual | | | | |
| Ø Dua Dimensi | | | | |
| a. Gambar/foto | | | | |
| - Gambar kerangka manusia | √ | | √ | |
| - Gambar alat indera | √ | | √ | |
| - Gambar tata surya | √ | | √ | |
| - Gambar pahlawan | √ | | √ | |
| - Gambar peta | √ | | √ | |
| b. Grafis | | | | |
| - Grafik | | √ | | |
| - Bagan | √ | | √ | |
| - Diagram | | √ | | |
| - Poster | √ | | √ | |
| - Kartun | | √ | | |
| Ø Tiga Dimensi | | | | |
| a. Media Realita | | | | |
| Tumbuhan, hewan, alam sekitar | √ | | √ | |
| b. Media Model | | | | |
| - Model Padat | | | | |
| Torso, miniature, kerangka badan | √ | | √ | |
| - Model Penampang | | | | |
| Model bola mata, model telinga, | | | | |
| model lapisan bumi | √ | | √ | |
| - Model Susun | | | | |
| Rangkaian bel listrik, susunan | | | | |
| anatomi tubuh manusia | √ | | √ | |
| - Model Kerja | | | | |
| Model mesin gergaji, model | | | | |
| mesin pesawat, model pompa air | | √ | | |
| c. Projected Visual | | | | |
| - OHP | | √ | | |
| - LCD | | √ | | |
3 | Audio Visual | | | | |
| - TV | | √ | | |
| - Video | | √ | | |
| - Slide Suara | | √ | | |
| - CD Interaktif | | √ | | |
B. Tabel format bahan pembelajaran yang tersedia di SD Kasepuhan 05 Batang
No | Nama Alat Peraga | Sederhana | Grafis | Cetak | Audio | Video | Komputer | Kondisi |
1 | Radio | | | | √ | | | Baik |
2 | Peta | √ | √ | | | | | Baik |
3 | VCD Pembelajaran | | | | | | | Tidak ada |
4 | Globe | √ | √ | | | | | Baik |
5 | Kerangka Manusia | √ | | | | | | Baik |
6 | Bak Pasir | √ | | | | | | Baik |
7 | Gambar benda planet (dll) | | √ | | | | | Baik |
8 | Poster | | √ | | | | | Baik |
9 | | | | √ | | | | Baik |
10 | Majalah | | | √ | | | | Baik |
11 | Brosur | | | | | | | Tidak ada |
12 | Buku teks | | | √ | | | | Baik |
13 | Kamus | | | √ | | | | Baik |
14 | Tape recorder | | | | √ | | | Baik |
15 | Kaset Audio | | | | √ | | | Baik |
16 | CD Video | | | | | √ | | Baik |
17 | Kalender | | | √ | | | | Baik |
18 | KIT Bahasa | √ | | | | | | Baik |
19 | KIT IPA | √ | | | | | | Baik |
20 | KIT Matematika | √ | | | | | | Baik |
21 | Model mata | √ | | | | | | Baik |
22 | Bola | √ | | | | | | Baik |
23 | Torso | √ | | | | | | Baik |
INISIASI 2
1. Bahan/media pembelajaran sederhana adalah bahan/media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan teknologi yang sederhana atau tidak kompleks.
2. Macam-macam bahan pembelajaran sederhana yaitu :
- Bahan pembelajaran dua dimensi
Contoh : papan tulis
Papan tulis dibedakan menjadi 5, yaitu:
a. papan tulis (chalk board)
b. papan bulletin (bulletin board)
c. papan flannel (flannel board)
d. papan magnetic (magnetic board)
e. papan istnik (electric board)
- Bahan pembelajaran tiga dimensi
Contoh: Specimen, model, moek-ups, diorama
- Bahan pembelajaran realita
Media realita merupakan model dan objek nyata dari suatu benda
Contoh: batu, tumbuhan, binatang, uang alat dapur, mainan
- Ritatoon
Merupakan gambar berseri yang dibingkai sedemikian rupa, tahapan-tahapan yang ditunjukkan pada gambar-gambar tersebut dapat dipresentasikan sebagai suatu proses kejadian.
- Rotatoon
Sesuai dengan namanya, bahan pembelajaran ini merupakan alat pertunjukkan yang bisa diputar. Rotation menggunakan gambar seri yang bersambungan dan digulung pada tempat gulungan yang diletakkan pada bagian tepi kotak. Presentasi gambar ditempatkan pada lobang yang menyerupai monitor pada pesawat TV.
3. Bahan/media pembelajaran grafis adalah bahan pembelajaran yang dituangkan ke dalam symbol-simbol visual.
4. Jenis-jenis media pembelajaran grafis, yaitu:
a. Grafik (graph)
Media ini merupakan gambar sederhana untuk menggambarkan data kuantitatif yang akurat dan mudah dimengerti.
Contoh: grafik garis (line graph), grafik batang (bar graph), grafik lingkaran (pie graph)
b. Diagram
Diagram merupakan suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan tentang tata kerja dari suatu benda, terutama dengan garis-garis.
Contoh: diagram bel listrik, diagram organ tubuh manusia.
c. Bagan (chart)
Bagan biasanya dirancang untuk menggambarkan atau menunjukkan sesuatu ide atau gagasan melalui simbol garis, gambar dengan kata-kata singkat.
Contoh : bagan organisasi, bagan pohon, bagan table
d. Poster
Poster merupakan kombinasi visual yang terdiri atas gambar dan pesan/tulisan biasanya menggunakan warna-warna yang menyolok
e. Kartun
Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan alam karikatur tentang gagasan, situasi, atau orang yang dirancang untuk membentuk opini siswa.
5. Tahapan yang harus dilalui dalam mengembangkan bahan pembelajaran grafis sederhana adalah:
a. Penentuan kebutuhan belajar siswa
b. Perumusan tujuan/kompetensi pembelajaran
c. Pengembangan materi
d. Visualisasi pesan pembelajaran
e. Produksi
6. Bentuk informasi mengenai potensi suatu wilayah lengkap dengan legenda, simbol-simbol dan teks, mencakup wilayah administrasidari kecamatan sampai dengan provinsi.
Tampilan dibuat sedemikian agar membentuk citra seni dan ilmu portografi yang baik serta komulatif.
Pembuatan peta dinding dimaksudkan memberitahukan informasi dasar potensi wilayah pulau dan kepulauan yang nantinya dipakai untuk pembuatan atlas skala menengah dan skala kecil sehingga dapat diakses masyarakat.
7. Di SD masing-masing
Jumlah dan sebutkan (panduan buku halaman 34-35)
Grafik : 6
Diagram : -
Bagan : 2
Poster : 2
Komik : -
Kartun : -
Globe : 8
Peta : 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar