Senin, 15 Februari 2010

SUKENINGSIH 282009078 TUGAS KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

Nama : Sukeningsih

NIM : 282009078

Kelas : C (Batang 3)

INISIASI 1

A. Tabel inventarisasi alat peraga di SD Kasepuhan 05 Batang

No

Jenis Alat Peraga

Ada

Tidak Ada

Baik

Tidak Baik

1

Audio

- Radio

- Tape Recorder

- CD Audio

2

Visual

Ø Dua Dimensi

a. Gambar/foto

- Gambar kerangka manusia

- Gambar alat indera

- Gambar tata surya

- Gambar pahlawan

- Gambar peta

b. Grafis

- Grafik

- Bagan

- Diagram

- Poster

- Kartun

Ø Tiga Dimensi

a. Media Realita

Tumbuhan, hewan, alam sekitar

b. Media Model

- Model Padat

Torso, miniature, kerangka badan

- Model Penampang

Model bola mata, model telinga,

model lapisan bumi

- Model Susun

Rangkaian bel listrik, susunan

anatomi tubuh manusia

- Model Kerja

Model mesin gergaji, model

mesin pesawat, model pompa air

c. Projected Visual

- OHP

- LCD

3

Audio Visual

- TV

- Video

- Slide Suara

- CD Interaktif

B. Tabel format bahan pembelajaran yang tersedia di SD Kasepuhan 05 Batang

No

Nama Alat Peraga

Sederhana

Grafis

Cetak

Audio

Video

Komputer

Kondisi

1

Radio

Baik

2

Peta

Baik

3

VCD Pembelajaran

Tidak ada

4

Globe

Baik

5

Kerangka Manusia

Baik

6

Bak Pasir

Baik

7

Gambar benda planet (dll)

Baik

8

Poster

Baik

9

Surat Kabar

Baik

10

Majalah

Baik

11

Brosur

Tidak ada

12

Buku teks

Baik

13

Kamus

Baik

14

Tape recorder

Baik

15

Kaset Audio

Baik

16

CD Video

Baik

17

Kalender

Baik

18

KIT Bahasa

Baik

19

KIT IPA

Baik

20

KIT Matematika

Baik

21

Model mata

Baik

22

Bola

Baik

23

Torso

Baik

INISIASI 2

1. Bahan/media pembelajaran sederhana adalah bahan/media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan teknologi yang sederhana atau tidak kompleks.

2. Macam-macam bahan pembelajaran sederhana yaitu :

  1. Bahan pembelajaran dua dimensi

Contoh : papan tulis

Papan tulis dibedakan menjadi 5, yaitu:

a. papan tulis (chalk board)

b. papan bulletin (bulletin board)

c. papan flannel (flannel board)

d. papan magnetic (magnetic board)

e. papan istnik (electric board)

  1. Bahan pembelajaran tiga dimensi

Contoh: Specimen, model, moek-ups, diorama

  1. Bahan pembelajaran realita

Media realita merupakan model dan objek nyata dari suatu benda

Contoh: batu, tumbuhan, binatang, uang alat dapur, mainan

  1. Ritatoon

Merupakan gambar berseri yang dibingkai sedemikian rupa, tahapan-tahapan yang ditunjukkan pada gambar-gambar tersebut dapat dipresentasikan sebagai suatu proses kejadian.

  1. Rotatoon

Sesuai dengan namanya, bahan pembelajaran ini merupakan alat pertunjukkan yang bisa diputar. Rotation menggunakan gambar seri yang bersambungan dan digulung pada tempat gulungan yang diletakkan pada bagian tepi kotak. Presentasi gambar ditempatkan pada lobang yang menyerupai monitor pada pesawat TV.

3. Bahan/media pembelajaran grafis adalah bahan pembelajaran yang dituangkan ke dalam symbol-simbol visual.

4. Jenis-jenis media pembelajaran grafis, yaitu:

a. Grafik (graph)

Media ini merupakan gambar sederhana untuk menggambarkan data kuantitatif yang akurat dan mudah dimengerti.

Contoh: grafik garis (line graph), grafik batang (bar graph), grafik lingkaran (pie graph)

b. Diagram

Diagram merupakan suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan tentang tata kerja dari suatu benda, terutama dengan garis-garis.

Contoh: diagram bel listrik, diagram organ tubuh manusia.

c. Bagan (chart)

Bagan biasanya dirancang untuk menggambarkan atau menunjukkan sesuatu ide atau gagasan melalui simbol garis, gambar dengan kata-kata singkat.

Contoh : bagan organisasi, bagan pohon, bagan table

d. Poster

Poster merupakan kombinasi visual yang terdiri atas gambar dan pesan/tulisan biasanya menggunakan warna-warna yang menyolok

e. Kartun

Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan alam karikatur tentang gagasan, situasi, atau orang yang dirancang untuk membentuk opini siswa.

5. Tahapan yang harus dilalui dalam mengembangkan bahan pembelajaran grafis sederhana adalah:

a. Penentuan kebutuhan belajar siswa

b. Perumusan tujuan/kompetensi pembelajaran

c. Pengembangan materi

d. Visualisasi pesan pembelajaran

e. Produksi

6. Bentuk informasi mengenai potensi suatu wilayah lengkap dengan legenda, simbol-simbol dan teks, mencakup wilayah administrasidari kecamatan sampai dengan provinsi.

Tampilan dibuat sedemikian agar membentuk citra seni dan ilmu portografi yang baik serta komulatif.

Pembuatan peta dinding dimaksudkan memberitahukan informasi dasar potensi wilayah pulau dan kepulauan yang nantinya dipakai untuk pembuatan atlas skala menengah dan skala kecil sehingga dapat diakses masyarakat.

7. Di SD masing-masing

Jumlah dan sebutkan (panduan buku halaman 34-35)

Grafik : 6

Diagram : -

Bagan : 2

Poster : 2

Komik : -

Kartun : -

Globe : 8

Peta : 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar