NIM : 282009045
KELAS : C (BATANG III)
JAWABAN MATA KULIAH KOMPUTER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
INISIASI 1
A. Tabel Inventarisasi Alat Peraga di SD :
No. | Jenis Alat Peraga | | Tidak ada | Baik | Tidak Baik |
1. | Audio : |
|
|
|
|
| Radio | √ |
| √ |
|
| Tape recorder | √ |
| √ |
|
| Piringan hitam |
| √ |
|
|
| Lab. Bahasa |
| √ |
|
|
| CD Audio | √ | | √ |
|
2. | Visual : |
|
|
|
|
| A. Dua dimensi |
|
|
|
|
| v Gambar/ Foto |
|
|
|
|
| § Gambar hewan | √ |
| √ |
|
| § Gambar alat transportasi | √ |
| √ |
|
| § Gambar rangka tubuh manusia | √ |
| √ |
|
| § Gambar perkembangbiakan makhluk hidup | √ |
|
|
|
| § Peta | √ |
| √ |
|
| § Foto pahlawan | √ |
| √ |
|
| § Gambar alat musik | √ |
| √ |
|
| § Gambar tari-tarian | √ |
| √ |
|
| § Gambar pakaian adat | √ |
| √ |
|
| § Gambar tempat ibadah | √ |
| √ |
|
| § Gambar keajaiban dunia | √ |
| √ |
|
| § Gambar tata surya | √ |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
| v Grafis |
|
|
|
|
| § Grafik | √ |
| √ |
|
| § Diagram | √ |
| √ |
|
| § Bagan | √ |
| √ |
|
| § Poster | √ |
| √ |
|
| § Kartun |
| - |
|
|
|
|
|
|
|
|
| B. Tiga Dimensi |
|
|
|
|
| v Media realita |
|
|
|
|
| § Tumbuhan | √ |
| √ |
|
| § Hewan | √ |
| √ |
|
| § Buah | √ |
| √ |
|
| § Uang | √ |
| √ |
|
|
|
|
|
|
|
| v Media model |
|
|
|
|
| § Model padat |
|
|
|
|
| (torso, miniatur, kerangka badan) | √ |
| √ |
|
| § Model penampang |
|
|
|
|
| (model bola mata, model telinga, model lapisan bumi, model gunung meletus, model tata surya, gerhana) |
|
|
|
|
| § Model susun |
|
|
|
|
| (susunan anatomi tubuh manusia, rangkaian bel listrik). | √ |
| √ |
|
| § Model kerja |
|
| |
|
| (model kerja gergaji, mesin pesawat, pompa air, model mesin bubut) | √ |
| √ |
|
| v Projected visual | |
| |
|
| § OHP | | √ | |
|
| § LCD | | √ | |
|
| | | | |
|
3. | AUDIO VISUAL |
|
|
|
|
| § Televisi |
| √ |
|
|
| § Video |
| √ |
|
|
| § CD Interaktif |
| √ |
|
|
B. Tabel Format Bahan Pembelajaran Yang Tersedia di SD
No. | Nama Alat Peraga | Sederhana | Grafis | Cetak | Audio | Video | Komputer | Kondisi |
1. | Radio |
|
|
| √ |
|
| Baik |
2. | Peta | √ | √ |
|
|
|
| Baik |
3. | VCD pembelajaran |
|
|
|
| √ | √ | Baik |
4. | Batuan, daun, buah, uang | √ |
|
|
|
|
| Baik |
5. | Sulak, ember, jam dinding | √ |
|
|
| |
| Baik |
6. | Globe | √ |
|
|
| |
| Baik |
7. | KIT IPA | √ |
|
|
| |
| Baik |
8. | KIT Biologi – Anatomi | √ |
|
|
| |
| Baik |
9. | Gambar-gambar |
| √ |
|
| |
| Baik |
10. | Foto Pahlawan (tokoh) |
| √ |
|
| |
| Baik |
11. | Buku |
|
| √ |
| |
| Baik |
12. | Lembar Kerja Siswa |
|
| √ |
| |
| Baik |
13. | Tape Recorder |
|
|
| √ | |
| Baik |
14. | Bangun datar, bangun ruang | √ |
| |
| |
| Baik |
15. | Air | √ |
| |
| |
| Baik |
16. | Tanah | √ |
| |
| |
| Baik |
17. | Komputer |
|
| |
| | √ | Baik |
18. | Papan flannel | √ |
| |
| |
| Baik |
19. | Bagan |
| √ | |
| | | Baik |
20. | Grafik |
| √ | |
| | | Baik |
21. | Diagram |
| √ | |
| | | Baik |
22. | Poster |
| √ | |
| | | Baik |
23. | Wayang (Pandhawa) | √ |
| |
| | | Baik |
24. | Torso | √ | | |
| | | Baik |
25. | Kerangka | √ | | |
| | | Baik |
26. | Pianika |
| | | √ | | | Baik |
27. | Bola (voly, sepak, kasti, takrouw, pingpong) | √ | | |
| | | Baik |
28. | Gamelan (pelog, slendra) |
| | | √ | | | Baik |
29. | Seruling |
| | | √ | | | Baik |
30. | Dekak-dekak, Kartu huruf, Kartu bilangan | √ | | |
| | | Baik |
| |
| | | | | | |
NAMA : SRI HARTATI
NIM : 282009045
KELAS : C (BATANG III)
JAWABAN MATA KULIAH KOMPUTER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
INISIASI 1I
1. Media pembelajaran sederhana adalah : media yang tidak banyak membutuhkan sarana teknologi yang tinggi, ada di sekitar kita, dapat dibuat sendiri, dapat dikembangkan dengan menggunakan teknologi yang sederhana atau tidak kompleks dengan biaya murah dan tidak rumit.
2. Macam-macam bahan pembelajaran sederhana yaitu :
a. Bahan pembelajaran dua dimensi
Contoh : papan tulis
Papan tulis dibedakan menjadi 5 yaitu :
· Papan tulis (chalk board)
· Papan bulletin (bulletin board)
· Papan flannel (Flannel board)
· Papan magnetic (Magnetic board)
· Papan elektrik (electric board)
b. Bahan pembelajaran tiga dimensi
Contoh : specimen, model, mock-ups, diorama
c. Bahan pembelajaran realita
Media realita merupakan model dan objek nyata dari suatu benda.
Contoh : batu, tumbuhan, uang, binatang, alat dapur, mainan.
d. Ritatoon
Merupakan gambar berseri yang dibingkai sedemikian rupa, tahapan-tahapan yang ditunjukkan pada gambar-gambar tersebut dapat dipresentasikan sebagai suatu proses kejadian.
e. Rotatoon
Sesuai dengan namanya bahan pembelajaran ini merupakan alat pertunjukkan yang bisa diputar. Rotation merupakan gambar seri yang bersambungan dan digulung pada tempat gulungan yang diletakkan pada bagian tepi kotak. Presentasi gambar ditempatkan pada lobang yang menyerupai monitor pada pesawat TV.
3. Bahan/ media pembelajaran grafis adalah bahan pembelajaran yang dituangkan ke dalam simbol-simbol visual.
4. Jenis-jenis media pembelajaran grafis yaitu :
a. Grafik (graph)
Media ini merupakan gambar sederhana untuk menggambarkan data kuantitatif yang akurat dan mudah dimengerti.
Contoh : grafik garis (line graphs), grafik batang (bar graphs), grafik lingkaran (pie graphs)
b. Diagram
Diagram merupakan suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan tentang tata kerja dari suatu benda, terutama dengan garis-garis.
Contoh : Diagram bel listrik, Diagram organ tubuh manusia.
c. Bagan (chart)
Bagan biasanya dirancang untuk menggambarkan atau menunjukkan suatu ide atau gagasan melalui simbol, garis, gambar dengan kata-kata singkat.
Contoh : Bagan organisasi, Bagan pohon, Bagan table.
d. Poster
Poster merupakan kombinasi visual yang terdiri atas gambar dan pesan atau tulisan dengan menggunakan warna-warna yang mencolok. Sebagai sarana informasi peringatan, memotivasi, untuk menangkap perhatian siswa.
e. Kartun
Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang gagasan, situasi, atau orang yang dirancang untuk menjelaskan rangkaian isi yang logis, mudah, menarik dan cepat dibaca oleh anak.
5. Tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam mengembangkan bahan pembelajaran sederhana adalah sebagai berikut :
a. Penentuan kebutuhan belajar siswa
Yaitu kesenjangan antara kemampuan dan keterampilan yang dimiliki siswa saat ini dengan kemampuan dan keterampilan yang diharapkan akan dimiliki siswa.
Kebutuhan belajar ini harus dijadikan patokan bagi guru dalam menyusun bahan pembelajaran baik berupa materi maupun media yang dikembangkan untuk membantu proses pembelajaran.
b. Perumusan tujuan/ kompetensi pembelajaran
Adalah merupakan tolak ukur berhasil tidaknya proses pembelajaran
c. Pengembangan materi
Guru perlu memilih materi tertentu yang perlu dimediakan, agar pemahaman siswa tidak verbal.
d. Visualisasi pesan pembelajaran
Visualisasi adalah upaya untuk menyampaikan pesan pembelajaran melalui pengalaman melihat, anak akan lebih berkesan atau mendalam daripada sesuatu yang hanya didengar.
Dalam memvisualisasikan pesan perlu memperhatikan : tingkat perkembangan dan latar belakang budaya siswa.
e. Produksi
Dalam tahap produksi seorang guru sudah harus menentukan jenis bahan pembelajaran sederhana apa yang akan diproduksi baik dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi.
6. Komponen pembelajaran yang ada dalam bentuk peta dinding yaitu
Berbentuk informasi tentang potensi suatu wilayah yang dilengkapi dengan legenda, simbol-simbol dan teks yang mencakup wilayah administrasi dan kecamatan sampai dengan propinsi.
Tampilan dibuat sedemikian rupa agar membentuk citra seni dan ilmu potografi yang baik serta komutatif.
Pembentukan peta dinding dimaksudkan memberitahukan informasi dasar potensi wilayah pulau dan kepulauan yang nantinya digunakan untuk pembuatan atlas, skala, sehingga dapat diakses masyarakat.
7. Media dua dimensi yang ada di sekolah, antara lain :
a. Gambar atau foto
- Gambar hewan pemakan tumbuhan, pemakan daging, pemakan segala.
- Gambar alat transportasi (darat, laut, udara).
- Gambar rangka tubuh manusia.
- Gambar perkembangbiakan hewan, manusia dan tumbuhan.
- Gambar alat-alat musik.
- Gambar tari-tarian.
- Gambar pakaian adat
- Gambar tempat ibadah
- Gambar keajaiban dunia
- Gambar tata surya
- Gambar buah-buahan
- Foto pahlawan dan tokoh
- Peta
Jumlah media dua dimensi yang ada di sekolah ada 3 macam yang ada di tiap kelas.
1. Gambar ada 60
2. Foto ada 17
3. Peta ada 5
b. Grafis
Contohnya :
- Grafik : ada 14
· Papan absent kelas
· Papan hasil nilai anak atau prestasi kelompok
- Diagram : ada 4
· Organ tubuh manusia
· Model gerhana bulan, gerhana matahari
· Model tata surya
- Bagan : ada 14
· Struktur organisasi kelas
· Struktur organisasi sekolah
· Struktur Gerakan Pramuka
· Struktur Pemerintahan Desa, Kecamatan, Kabupaten, Propinsi, dan Pusat.
- Poster : ada 14
· Poster kegiatan 5 K
· Poster kesehatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar