Senin, 15 Februari 2010

SRI MURWANI 282009050 TUGAS KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

Nama : SRI MURWANI

NIM : 282009050

Kelas : C ( Batang 3 )

Jawaban Tugas Inisiasi 1

Mata Kuliah : Komputer dan Media Pembelajaran di SD

a. Tabel Inventarisasi Alat Peraga di SD

No

Jenis Alat Peraga

Ada

Tidak Ada

Baik

Tidak Baik

1

Audio

- Radio

- Tape Recorder

- CD Audio

2

Visual

Ø Dua dimensi

a. Berupa gambar/foto

· Gambar-gambar

· Foto-foto

· Majalah

· Koran

· Kalender

b. Grafis

· Grafik

· Bagan

· Diagram

· Poster

· Kartun

· Globe

· Komek

· Peta

· Wayang

Ø Tiga Dimensi

a. Media Realita

· Tumbuhan

· Hewan

· Buah-buahan

· Uang

· Air

· Batuan

· Tanah

b. Media Model

· Model Padat

- Torso

- Kerangka

- Buah-buahan dari plastik

- KIT IPA

- Peredaran darah

· Model Penampang

· Model Susun

- Rangkaian bel listrik

- Susunan anatomi tubuh manusia

· Model Kerja

· Projected Visual

3

Audio Visual

- TV

- Vidio

- Stide suara

- CD Interaktif

- Komputer

- Organ tunggal

b. Tabel Format Bahan Pembelajaran yang Tersedia di SD Denasri Wetan 03 Kecamatan Batang.

No

Nama Alat Peraga

Sederhana

Grafis

Cetak

Audio

Vidio

Kompu

ter

Kondisi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

Papan tulis

Papan flanel

Radio

Tape recorder

CD Audio

Pianika

Gambar-gambar

Foto-foto

Majalah

Koran

Buku

Kalender

Grafik

Diagram

Poster

Kartun

Globe

Peta

Wayang

Tumbuhan

Hewan

Buah-buahan

Uang

Batuan

Tanah

Torso

Kerangka

KIT IPA

Rangkaian bel listrik

Susunan tubuh manusia

Komputer

Organ tunggal

Bangun datar

Bangun ruang

Jam dinding

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Nama : SRI MURWANI

NIM : 282009050

Kelas : C ( Batang 3 )

Jawaban Tugas Inisiasi 2

Mata Kuliah : Komputer dan Media Pembelajaran di SD

1. Bahan/media pembelajaran sederhana adalah bahan/media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan teknologi yang sederhana atau tidak kompleks.

2. Macam-macam bahan pembelajaran sederhana yaitu :

a. Bahan pembelajaran dua dimensi.

Contoh : papan tulis.

Papan tulis dibedakan menjadi lima, yaitu :

1) Papan tulis ( chalkboard )

2) Papan bulletin ( bulletin board )

3) Papan flannel ( flannel board )

4) Papan magnetik ( magnetik board )

5) Papan listrik ( electric board )

b. Bahan pembelajaran tiga dimensi.

Contoh : specimen, model, mock-ups, diorama.

c. Bahan pembelajaran realita.

Media realita merupakan model dan objek nyata dari suatu benda.

Contoh ; batu, tumbuhan, binatang, uang, alat dapur, mainan.

d. Ritatoon.

Merupakan gambar berseri yang dibingkai sedemikian rupa, tahapan-tahapan yang ditunjukkan pada gambar-gambar tersebut dapat dipresentasikan sebagai suatu proses kejadian.

e. Rotatoon.

Sesuai dengan namanya, bahan pembelajaran ini merupakan alat pertunjukkan yang bisa diputar.

Rotatoon menggunakan gambar seri yang bersambungan dan digulung pada tempat gulungan yang diletakkan pada bagian tepi kotak. Presentasi gambar ditempatkan pada lubang yang menyerupai monitor pada pesawat TV.

3. Bahan/media pembelajaran grafis adalah bahan pembelajaran yang dituangkan ke dalam simbol-simbol visual.

4. Jenis-jenis media pembelajaran grafis yaitu :

a. Grafik ( graph )

Media ini merupakan gambar sederhana untuk menggambarkan data kuantitatif yang akurat dan mudah dimengerti.

Contoh : grafik garis (line graph), grafik batang (bar graph), grafik lingkaran (pie graph).

b. Diagram

Diagram merupakan suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk memperlihatkan tentang tata kerja dari suatu benda, terutama dengan garis-garis.

Contoh : diagram bel listrik, diagram organ tubuh manusia.

c. Bagan ( chart )

Bagan biasanya dirancang untuk menggambarkan atau menunjukkan suatu ide atau gagasan melalui simbol garis, gambar dengan kata-kata singkat.

Contoh : bagan organisasi, bagan pohon, bagan table.

d. Poster

Poster merupakan kombinasi visual yang terdiri atas gambar atau pesan dan tulisan biasanya warna-warna yang mencolok.

e. Kartun

Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan dan karikatur tentang gagasan, situasi, atau orang yang dirancang untuk membentuk opini siswa.

5. Tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam mengembangkan bahan/media pembelajaran sederhana dan grafis adalah :

a. Penentuan kebutuhan belajar siswa.

b. Perumusan tujuan/kompetensi pembelajaran.

c. Pengembangan materi.

d. Visualisasi pesan pembelajaran.

e. Produksi.

6. Bentuk informasi mengenai potensi suatu wilayah lengkap dengan legenda, simbol-simbol, dan teks, mencakup wilayah administratif dari kecamatan sampai dengan propinsi.

Tampilan dibuat sedemikian rupa agar membentuk citra seni dan ilmu portografi yang baik serta komulatif.

Pembuatan peta dinding dimaksudkan untuk memberikan informasi dasar potensi wilayah, pulau, dan kepulauan yang nantinya dipakai untuk pembuatan atlas skala menengah dan skala kecil sehingga dapat diakses masyarakat.

7. Jumlah grafis yang ada di sekolah kita :

a. Gambar / Foto

- Gambar peta ada 5, gambar burung garuda 7.

- Foto-foto presiden dan wakil presiden ada 7 pasang.

b. Diagram

Organ tubuh manusia ada 1

c. Bagan

- Struktur organisasi kelas ada 6 = Kls I – VI.

- Struktur organisasi SD ada 1

- Struktur organisasi komite ada 1

- Struktur organisasi pramuka ada 1

d. Grafik

- Grafik batang

Absensi kelas I – VI

Grafik hasil ulangan 6.

e. Poster

- Wajib belajar ada 1.

- Pesan tulisan ada 5.

f. Media

- Cetak, majalah, koran.

- Buku pelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar