Jumat, 19 Februari 2010

ZUHRIYAH - 282009100

TUGAS KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

INISIASI I DAN INISIASI II

Kepada Yth Bapak Mawardi, S.Pd., M.Pd.

Dengan hormat,

Dengan ini saya mengirimkan tugas komputer dan media pembelajaran inisiasi I dan iniasiasi II

DIBUAT OLEH : ZUHRIYAH

N I M : 282009100

KELAS : BATANG III C

INISIASI I

A. Tabel Inventarisasi Alat Peraga di SD

No

Jenis Alat Peraga

Ada

Tidak Ada

Baik

Tidak baik

1

Audio

- Radio

- Tape

- Pengeras suara

- Bel listrik

- Alat musik

- Labotorium bahasa

- Kaset

ü

ü

ü

ü

ü

ü

X

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

2

Visual

- Gambar / foto

- Bagan organisasi

- Grafik Batang

- Poster

- Bangun ruang

- Globe

- Model cara kerja bumi, bulan dan

matahari

- Proyeksi / proyektor

- KIT IPA

- Torso tubuh manusia

- OHP

- Slide Proyektor

- Alat Olah Raga

- Wayang kulit

- LAB IPA

- Peta

- Buku perpustakaan

- Papan tulis

- Papan flanel

- Papan informasi

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

X

X

X

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

3

Audio Visual

- Televisi

- CD Interaktif

- VCD

- Internet

- Komputer

ü

ü

ü

ü

X

ü

ü

ü

ü


B. Tabel Format Bahan Pembelajaran yang tersedia di SD

No

Nama Alat Peraga

Seder-hana

Grafik

Ce-tak

Audio

Vidio

Kom-puter

Kondisi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

Radio

Tape Recorder

VC Pembelajaran

Peta

Bangun Ruang

Pengeras Suara

Bel Listrik

KIT IPA

Globe

Model Cara kerja bumi bulan dan Matahari

Torso rangka manusia

Alat musik

Komputer

Televisi

Gambar / Foto

Papan Flanel

Alat Olah Raga

Papan tulis bergaris

Wayang kulit Buku perpustakaan

Grafik Batang

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

ü

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

INISIASI 2

1. Yang dimaksud bahan / media pembelajaran sederhana ialah bahan pembelajaran yang dikembangkan menggunakan teknologi sederhana / tidak kompleks. Bahan pembelajaran sederhana tergolong murah dan tidak rumit sehingga mudah dipakai.

2. Macam-macam bahan pembelajaran sederhana ialah

a. Bahan pembelajaran dua dimensi adalah media pembelajaran yangdapat dilihat dari satu arah (depan) contoh : gambar, bagan, papan tulis.

b. Bahan pembelajaran tiga dimensi adalah media pembelajaran yang dapt dilihat dari segala arah (bangun ruang). Contoh : globe.

c. Realita (nyata) ialah bahan pembelajaran dengan media yang nyata. Contoh : air, tumbuh-tumbuhan dan lain-lain.

d. Ritatoom

e. Rotatoom

3. Yang dimaksud bahan / media pembelajaran grafis ialah bahan pembelajaran yang visual non proyeksi yang berfungsi untuk memberi pesan kepada penerima pesan yang berbentuk tulisan, huruf-huruf, gambar, simbol, yang mempunyai makna. Media ini mempunyai ciri yang berupa garis-garis.

4. Jenis-jenis media pembelajaran grafis antara lain :

- Ganbar foto

Ialah media yang bersifat visual konkrit yang menampilkan obyek seperti bentuk aslinya.

- Bagan

Ialah media yang berisi tentang gambar-gambar, keterangan-keterangan dan lain-lain. Media ini untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas. Contohnya struktur organisasi.

- Grafik

Ialah penyajian data yang berupa angka-angka dalam bentuk visual simbolis

- Sketsa

Ialah bentuk gambar sementara / gambar sederhana.

- Poster

Ialah bentuk gambar yang sudah jadi untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu untuk mempengaruhi tingkah laku orang yang melihatnya.

- Gambar kartun

Ialah gambar-gambar sederhana yang dibuat bentuk lucu.

- Globe

Ialah tiruan bumi.

- Peta

Ialah gambaran bentuk bumi / bagian dari bumi.yang dilukis dalam bidang datar yang disertai dengan skala tertentu.

5. Pengembangan bahan / media pembelajaran sederhana dan grafis ialah

Pengembangan media pembelajaran sederhana melalui cara :

v Menentukan kebutuhan belajar siswa apabila terjadi kesenjangan antara kemampuan siswa dengan kemampuan yang diharapkan maka perlu menggunakan media.

v Perumusan tujuan / kompetensi pembelajaran .

v Mengembangkan materi :

Memilih materi yang dapat disajikan dengan media sederhana.

v Visualisasi pesan pembelajaran

Dengan visualisasi anak lebih berkesan karena dapat dilihat secara nyata.

v Produksi ialah menentukan bahan pembelajaran apa yang akan diproduksi baik dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi

6. Komponen yang terdapat pada peta dinding ialah :

- Judul peta

- Garis astronomi

- Legenda (keterangan gambar)

- Skala

- Gambar bagian permukaan bumi

7. MEDIA GRAFIS YANG TERDAPAT DI SEKOLAH

No

Nama Media Dua Dimensi

Jumlah

Kondisi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

Bank data siswa

Peta

Diagram Batang (jumlah siswa)

Gambar / foto

Struktur Organisasi Sekolah

Buku perpustakaan

Penggaris busur / kayu

Papan absensi Siswa

Papan flanel

Papan tulis bergaris

Papan program kerja kepala Sekolah

Papan informasi

6

8

6

35

1

345

12

6

1

2

4

1

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar