TUGAS KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
INISIASI I DAN INISIASI II
Kepada Yth Bapak Mawardi, S.Pd., M.Pd.
Dengan hormat,
Dengan ini saya mengirimkan tugas komputer dan media pembelajaran inisiasi I dan iniasiasi II
DIBUAT OLEH : ZUHRIYAH
N I M : 282009100
KELAS : BATANG III C
INISIASI I
A. Tabel Inventarisasi Alat Peraga di SD
No | Jenis Alat Peraga | Ada | Tidak Ada | Baik | Tidak baik |
1 | Audio - Radio - Tape - Pengeras suara - Bel listrik - Alat musik - Labotorium bahasa - Kaset | ü ü ü ü ü ü | X | ü ü ü ü ü ü ü | |
2 | Visual - Gambar / foto - Bagan organisasi - Grafik Batang - Poster - Bangun ruang - Globe - Model cara kerja bumi, bulan dan matahari - Proyeksi / proyektor - KIT IPA - Torso tubuh manusia - OHP - Slide Proyektor - Alat Olah Raga - Wayang kulit - LAB IPA - Peta - Buku perpustakaan - Papan tulis - Papan flanel - Papan informasi | ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü | X X X | ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü | |
3 | Audio Visual - Televisi - CD Interaktif - VCD - Internet - Komputer | ü ü ü ü | X | ü ü ü ü | |
B. Tabel Format Bahan Pembelajaran yang tersedia di SD
No | Nama Alat Peraga | Seder-hana | Grafik | Ce-tak | Audio | Vidio | Kom-puter | Kondisi |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 | Radio Tape Recorder VC Pembelajaran Peta Bangun Ruang Pengeras Suara Bel Listrik KIT IPA Globe Model Cara kerja bumi bulan dan Matahari Torso rangka manusia Alat musik Komputer Televisi Gambar / Foto Papan Flanel Alat Olah Raga Papan tulis bergaris Wayang kulit Buku perpustakaan Grafik Batang | ü ü ü ü ü ü ü ü ü ü | ü ü ü ü | ü ü ü ü ü ü | ü ü ü ü ü ü ü ü | ü ü ü | ü ü | Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik |
INISIASI 2
1. Yang dimaksud bahan / media pembelajaran sederhana ialah bahan pembelajaran yang dikembangkan menggunakan teknologi sederhana / tidak kompleks. Bahan pembelajaran sederhana tergolong murah dan tidak rumit sehingga mudah dipakai.
2. Macam-macam bahan pembelajaran sederhana ialah
a. Bahan pembelajaran dua dimensi adalah media pembelajaran yangdapat dilihat dari satu arah (depan) contoh : gambar, bagan, papan tulis.
b. Bahan pembelajaran tiga dimensi adalah media pembelajaran yang dapt dilihat dari segala arah (bangun ruang). Contoh : globe.
c. Realita (nyata) ialah bahan pembelajaran dengan media yang nyata. Contoh : air, tumbuh-tumbuhan dan lain-lain.
d. Ritatoom
e. Rotatoom
3. Yang dimaksud bahan / media pembelajaran grafis ialah bahan pembelajaran yang visual non proyeksi yang berfungsi untuk memberi pesan kepada penerima pesan yang berbentuk tulisan, huruf-huruf, gambar, simbol, yang mempunyai makna. Media ini mempunyai ciri yang berupa garis-garis.
4. Jenis-jenis media pembelajaran grafis antara lain :
- Ganbar foto
Ialah media yang bersifat visual konkrit yang menampilkan obyek seperti bentuk aslinya.
- Bagan
Ialah media yang berisi tentang gambar-gambar, keterangan-keterangan dan lain-lain. Media ini untuk memperagakan pokok-pokok isi bagan secara jelas. Contohnya struktur organisasi.
- Grafik
Ialah penyajian data yang berupa angka-angka dalam bentuk visual simbolis
- Sketsa
Ialah bentuk gambar sementara / gambar sederhana.
- Poster
Ialah bentuk gambar yang sudah jadi untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu untuk mempengaruhi tingkah laku orang yang melihatnya.
- Gambar kartun
Ialah gambar-gambar sederhana yang dibuat bentuk lucu.
- Globe
Ialah tiruan bumi.
- Peta
Ialah gambaran bentuk bumi / bagian dari bumi.yang dilukis dalam bidang datar yang disertai dengan skala tertentu.
5. Pengembangan bahan / media pembelajaran sederhana dan grafis ialah
Pengembangan media pembelajaran sederhana melalui cara :
v Menentukan kebutuhan belajar siswa apabila terjadi kesenjangan antara kemampuan siswa dengan kemampuan yang diharapkan maka perlu menggunakan media.
v Perumusan tujuan / kompetensi pembelajaran .
v Mengembangkan materi :
Memilih materi yang dapat disajikan dengan media sederhana.
v Visualisasi pesan pembelajaran
Dengan visualisasi anak lebih berkesan karena dapat dilihat secara nyata.
v Produksi ialah menentukan bahan pembelajaran apa yang akan diproduksi baik dalam bentuk dua dimensi atau tiga dimensi
6. Komponen yang terdapat pada peta dinding ialah :
- Judul peta
- Garis astronomi
- Legenda (keterangan gambar)
- Skala
- Gambar bagian permukaan bumi
7. MEDIA GRAFIS YANG TERDAPAT DI SEKOLAH
No | Nama Media Dua Dimensi | Jumlah | Kondisi |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 | Bank data siswa Peta Diagram Batang (jumlah siswa) Gambar / foto Struktur Organisasi Sekolah Buku perpustakaan Penggaris busur / kayu Papan absensi Siswa Papan flanel Papan tulis bergaris Papan program kerja kepala Sekolah Papan informasi | 6 8 6 35 1 345 12 6 1 2 4 1 | Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar