Kamis, 25 Februari 2010

TJITJIK MUSRINI 282009099 TUGAS INISIASI 3-5

Nama : Tjitjik Musrini
NIM : 282009099


KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SD
INISIASI 3
MEDIA PEMBELAJARAN TERCETAK


SOAL
1. Apakah yang dimaksud dengan bahan pembelajaran cetak?
Jawab :
Bahan pembelajaran cetak dapat diartikan sebagai perangkat bahan yang membuat materi atau isi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dituangkan dengan menggunakan teknologi cetak. Suatu bahan pembelajaran cetak memuat materi yang berupa ide, fakta, konsep, prinsip, kaidah atau teori yang tercakup dalam mata pelajaran sesuai dengan disipli ilmunya serta informasi lainnya dalam pembelajaran .

2. Coba anda jelaskan karakteristik dari bahan pembelajaran cetak!
Jawab
Karakteristik bahan pembelajaran cetak ada 3 yaitu :
1. Harus mampu pembelajarkan sendiri para siswa (Self-instructional ) artinya bahan ajar cetak harus mempunyai kemampuan menjelaskan yang sejelas-jelasnya untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, baik dalam bimbingan guru maupun secara mandiri.
2. Bersifat Lengkap (Self-contained) artinya memuat hal-hal yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran contohnya tujuan pembelajaran/kompetensi, materi-materi pelajaran yang mendukung atau perlu dipelajari terlebih dahulu sebelumnya. Prosedur pembelajaran, materi pembelajaran yang tersusun sistematis, latihan.tugas-tugas, soal-soal evaluasi beserta kunci jawaban.
3. Mampu Membelajarkan Peserta Didik (Self-intructional material) artinya dalam pembelajaran cetak harus mampu memicu siswa untuk aktif dalam proses belajarnya bahkan membelajarkan. Bahkan membelajarkan siswa untuk dapat menilai kemampuan belajarnya sendiri.




3. Jelaskan berbagai macam bahan pembelajaran cetak yang dapat digunakan di SD!
Jawab :
Berbagai macam bahan pembelajaran cetak yang dapat digunakan di SD yaitu :
1. Modul
2. Hand out
3. Lembar kerja siswa (LKS)

Modul merupakan suatu unit program pembelajaran yang disusun dalam bentuk tertentu untuk keperluan belajar. Modul juga merupakan suatu paket belajar yang berkenaan dengan satu unit bahan pelajaran. Menurut BP3K Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, model di definisikan sebagai suatu unit program pembelajaran terkecil yang secara rinci menggariskan :
1. Tujuan instruksional yang akan dicapai
2. Topik yang akan dijadikan dasar proses pembelajaran
3. Pokok-pokok materi yang dipelajari
4. Kedudukan dan fungsi modul dalam kesatuan program yang lebih luas
5. Peranan guru dalam proses pembelajaran
6. Alat-alat dan sumber yang akan digunakan
7. Kegiatan belajar yang harus dilakukan
8. Lembar kerja yang harus dikerjakan
9. Program evaluasi yang harus dilaksanakan.

Hand our diartikan sebagai buku pegangan siswa yang berisi tentang suatu materi pelajaran secara lengkap. Berbeda haknya dengan modul yang isisnya disajikan per unit terkecil dari materi, maka hand out menyajikan keseluruhan materi yang harus dipelajari antara hand out dan modul walaupun memiliki perbedaan, ada juga beberapa kesamaan karakteristik yang sajiannya tetap memunculkan komponen-komponen yang diperlukan dalam pembelajaran yang meliputi :
1. Tujuan pembelajaran / kompetensi
2. Prasyarat yaitu materi-materi pelajaran yang mendukung atau perlu dipelajari terlebih dahulu sebelumnya.
3. Prosedur pembelajaran
4. Materi pembelajaran yang tersusun sistematis
5. Latihan/tugas-tugas dan soal-soal evaluasi.



Lembar kerja siswa (LKS)
Bahan pembelajaran cetak berbentuk LKS (Lembar kerja siswa) dikemas dengan hanya menekankan pada latihan, tugas atau soal-soal saja.

4. Jelaskan langkah-langkah pengembangan bahan cetak!
Jawab :
Langkah-langkah pengembangan bahan ajar cetak dapat dilakukan dengan 4 cara yaitu :
1. Cara komplikasi terhadap bahanyang telah tersedia dan dilengkapi dengan panduan belajar.
2. Menggunakan buku tulis yang telah tersedia di pasaran dengan disertai panduan belajar.
3. Menyadur buku tulis yang sudah tersedia.
4. Menulis dari bahan ajar cetak yang diperlukan yang dirancang susuai dengan karakteristik yang dibutuhkan.
INISIASI 4

Soal :
1. Apa yang anda ketahui tentang komputer?
Jawab
Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah memungkinkan komputer termuat dan menayangkan beragam bentuk media didalamnya.

2. Unsur-unsur apa saja yang ada dalam multimedia?
Jawab :
Unsur-unsur yang ada dalam multimedia yaitu :
Sound, animasi, video, teks dan grafis.

3. Carilah salah satu CD interaktif yang ada dalam sekolah anda, sebutkan judul, nama penulis, dan penerbitnya.
Jawab
Judul : IPA SEKOLAH DASAR (FISIKA)
1. Bermain Dengan Magnet
2. Magnet Alam dan Buatan
Nama Penulis : Drs. Susanto Prayitno
Penerbit : Pustekom Production

4. Berkaitan dengan pertanyaan No. 3, CD multimedia interaktif tersebut tergolong dalam model multimedia interaktif apa? Sebutkan alasannya!
Jawab :
Video pembelajaran alasanya video ini bersifat interaktif tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi.

5. Tulislah pengalaman saat anda menggunakan CD interaktif tersebut!
Jawab :
Proses pembelajaran lebih menarik dan terkesan.
INISIASI 5
Soal :
1. Sebutkan pengertian dan fungsi/manfaat internet!
Jawab :
a. Pengertian internet dilihat dari beberapa segi :
1. Dari segi teknis adalah dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional) yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
2. Dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau atau yang berupa text, grapic, audio maupun animasi, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang bisa ”berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dari mana saja.
3. Dari segi komunikasi adalah sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh, maupun di dalam lingkungan perkantoran maupun pendidikan.
b. Manfaat Internet
Menurut Budi Raharjo (2001) yang dikutip dari :
http://budi.insan.co.id/articles/internet-pendidikan.doc adalah adanya akses ke sumber informasi, akses ke pakar, dan sebagai media kerjasama
1. Akses ke sumber informasi
Sebelum adanya internet, segala informasi masih diakses secara konvensional melalui perpustakaan. Buku-buku dan jurnal merupakan sumber informasi yang tidak murah yang dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan perpustakaan konvensional yang baik tidak mudah, akibatnya banyak tempat diberbagai lokasi di dunia (termasuk di dunia barat) yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap.
2. Akses ke pakar
Internet menghilangkah batas ruang dan waktu sehingga memungkinkan seorang siswa berkomunikasi jarak jauh. Pembelajaran dan konsultasi dapat dilakukan seara syncrhonus (langsung/live) maupun asynchronus (tidak langsung).
3. Media kerjasama
Internet juga dapat berfungsi sebagai media kerjasama. Dalam hal ini komunikasi antar pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat dilakukan dengan mudah, efisien, dan murah.

2. Sebutkan fungsi browser!
Jawab
Fungsi browser adalah untuk mengakses layanan world wide web (www) dari sebuah komputer (yang disebut www server atau web server)

3. Coba praktekan cara menggunakan mesin pencari
Jawab :
1. Nyalakan komputer
2. Klik browser dalam hal ini saya menggunakan mozila firefox
3. Klik alamat/situs search engine (www.google.com)
4. Pencet enter
5. Ketik kata kunci (yang anda inginkan/pengertian virus komputer)
6. Lalu klik search
7. Pilih dan klik web yang anda inginkan

4. Gunakan search engine atau mesin pencari untuk mencari informasi tentang ”Pengertian Virus Komputer” kemudian ambil salah satu artikel dari hasil pencarian tersebut.
Jawab :
Terlampir

5. Ketiklah ringkasan (tidak lebih dari 2 halaman) dari artikel tersebut dan sertakan alamat websitenya kemudian kirimkan ke dosen anda masing-masing.
Jawab :
Definisi / Pengertian Virus Komputer, Worm, Trojan
Spyware, Ciri Dan Teknik Infeksi Penularan

1. Arti Definisi I Pengertian Virus Komputer
Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan/dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dan hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita.
2. Arti Definisi/Pengertian Varian Virus Worm, Trojan Dan Spyware
a. Worm
Worm adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer kita yang memungkinkan komputer kita terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan.
b. Trojan
Trojan adalah sebuah program yang memungkinkan komputer kita dikontrol orang lain melalui jaringan atau internet.
c. Spyware
Spyware adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan komputer ke pihak luar tanpa kita sadari, Biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan.
Jika kita melihat kejanggalan pada media penyimpanan seperti file bernma aneh yang tidak pernah kita buat atau file bukan jenis aplikasi/application tetapi mengaku sebagai aplikasi maka jangan kita klik, kita buka atau kita jalankan agar virus komputer tersebut tidak menular ke komputer yang kita gunakan.

TandaTanda/Ciri-ciri Komputer Kita Terkena/Terinfeksi Virus Komputer :
- Komputer berjalan lambat dari normal
- Sering keluar pesan eror atau aneh-aneh
- Perubahan tampilan pada komputer
- Media penyimpanan seperti disket, flashdisk, dan sebagainya langsung mengkopi file aneh tanpa kita kopi ketika kita hubungkan ke komputer.
- Komputer suka restart sendiri atau crash ketika sedang berjalan.
- Suka muncul pesan atau tulisan aneh
- Komputer hang atau berhenti merespon kita,
- Harddisk tidak bisa diakses
- Printer dan perangkat lain tidak dapat dipakai walaupun tidak ada masalah hardware dan software driver.
- Sering ada menu atau kotak dialog yang error atau rusak,
- Hilangnya beberapa fungsi dasar komputer.
- Komputer berusaha menghubungkan din dengan internet atau jaringan tanpa kita suruh.
- File yang kita simpan di komputer atau media penyimpanan hilang begitu saja atau disembunyikan virus. dan lain-lain.

Contoh bentuk media penyebaran virus komputer dan komputer yang satu ke komputer yang lain :
- Media Penyimpanan (disket, flashdisk, harddisk ekstemal, zipdisk, ed, dvd, bluray disc, cartridge, dan lain sebagainya)
- Jaringan lan, wan, man, internet dan lain sebagainya.
- File attachment atau file lampiran pada email atau pesan elektronik lainnya.
- File software (piranti lunak) yang ditunggangi virus komputer.

Cara yang paling ampuh agar kita tidäk terkena virus komputer adalah dengan cara menginstall program komputer yang orisinil atau asli bukan bajakan yang tidak ditunggangi virus dan kawan-kawan, tidak menghubungkan komputer dengan jaringan atau internet, serta tidak pernah membuka atau mengeksekusi file yang berasal dan komputer lain.
Tetapi cara seperti itu terlalu ekstrim dan kurang gaul dalam penggunaan komputer sehari-hari karena biasanya kita melakukan pertukaran data atau file dengan komputer lain baik berupa file pekerjaan, file gambar, file attachment, file musik, file video, dan lain sebagainya.
Jadi untuk menghindari komputer kita diinfeksi dan terserang virus maka kita harus waspada dalam berinteraksi dengan file dan komputer lain, file dan media penyimpanan dan orang lain, attachment email, pertukaran file jaringan, lubang keamanan komputer kita, dan lain4ain. Pasang antivirus yang bagus yang di update secara berkala serta program firewall untuk jaringan dan anti spyware dan adware untuk menanggulangi jenis gangguan komputer lain.

Diambil dari : http://organisasi.org/definisi-pengertian-virus-komputer-worm-trojan-spyware-ciri-dan-teknik-infeksi-penularan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar