Jumat, 12 Februari 2010

Nama : Sri Haryanti


Nama   : Sri Haryanti

NIM    : 282009072

Kelas   : BATANG 03


JAWABAN INISIASI I

A.     Tabel inventarisasi alat peraga SD

No.

Jenis alat peraga

Ada

Tidak ada

baik

Tidak baik

1

Audio (pendengaran )

Radio

Tape recorder

VCD/CD/DVD

Laporan bahasa

Telpon

Pirirngan hitam

 

-

-

 

-

-

-

-

 

-

-

-

-

 

-

-

-

2

Media cetak

Buku

Koran

Buletin

Majalah

 

-

 

-

-

-

 

-

 

-

-

-

-

 

3

Media Grafis

Peta

Atlas

Gambar

Poster

Huruf Abjad

Globe

 

 

-

-

-

-

-

-

 

-

 

-

-

-

-

-

4

Media Sederhana (lingkungan)

Akuarium

Herbarium

Insektarium

Batu-batuan

Tumbuhan

 

 

-

-

-

-

-

 

 

 

 

-

-

-

-

-

 

 

-

-

-

-

-

5

Media Video

LCD

TV

OHP

Handycam

 

-

-

-

-

 

 

-

-

-

-

 

-

-

-

-

6

Media Cal

Laptop

Komputer

Internet

 

-

-

 

-

-

-

 

-

-

 

-

-

-

 


B.     Tabel Format bahan Pembelajaran yang tersedia di SD

No

Nama Alat

Sederhana

Grafis

Cetak

Audio

Video

Komputer

Kondisi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

Tape Recorder

CD/VCD/DVD

Radio

Buku

Majalah

Koran

Buletin

Peta

Atlas

Poster

Abjad

Gambar

Globe

TV

Laptop

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

 

 Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Tidak baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

Baik

 

 




 

JAWABAN INISIASI II

 

1.      Media pembelajaran sederhana merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupumn tidak baik yang menggunakan teknologi sederhana maupun komplek untuk menciptakan lingkungan atau pengalaman yang memungkinkan siswa untuk belajar sehingga tercapainya tujuan pembelajaran.

2.      Macam-macam bahan pembelajaran sederhana :

§         Dua dimensi

§         Tiga dimensi

§         Rotatoon

§         Realita

§         Ritatoon

3.      Media pembelajaran grafis adalah media pesan yang dituangkan dalam bentuk tulisan ,huruf ,gambar ,dan simbol-simbol yang mengandung arti.

4.      Jenis-jenis media pembelajaran grafis adalah grafik,bagan,diagram,sketsa,peta dan globe,peta,poster,gambar/foto.

5.                                                                                                Tahapan pembelajaran sederhana

1)      Penentuan kebutuhan belajar siswa

Guru dalam menyusun bahan pembelajaran dapat menentukan kebutuhan siswa antara kemampuan dan keterampilan yang dimiliki siswa.

2)      Perumusan tujuan / kompetensi pembelajaran

Perumusan tujuan pembelajaran merupakan hal penting bagi guru karena sebagai tolak ukur bergasil tidaknya proses pembelajaran.

3)      Pengembangan materi

Guru dalam penyampaian materi tidak hanya secara verbal,perlu memilih materi yang dapat disajikan dengan lebih baik melalui media,tidaj hanya penjelasan lisan saja.

4)      Evaluasi pesan pembelajaran

Guru hendaknya mapu menvisualisasikan bahan pembelajaran senara realita isi pesan yang akakn disampaikan

5)      Produksi

Guru sudah harus menentukan jenis bahan pembelajaran sederhana apa yang akan diproduksi.

Tahapan pembelajaran grafis

a.       Penentuan kebutuhan belajar siswa

b.      Perumusan tujuan

c.       Pengembangan materi

d.      Visualisasi pesan pembelajaran

6)      Komponen pembelajaran yang ada pada peta didinng adalah

a.       Judul peta

b.      Tipe peta

c.       Garis astronomi

d.      Inset

e.       Indeks peta

f.        Sumber/pembuat peta

g.       Tahun pembuatan

h.       Skala peta

i.         Orientasi peta

j.        Legenda atau keterangan

7)      Data media dua dimensi

No.

Nama Media Grafis / Dua Dimensi

Jumlah

1

Peta dinding

8

2

Abjad

6

3

Globe

2

4

Atlas

70

5

Gambar

15

6

Poster

3

Total Jumlah

104



Tidak ada komentar:

Posting Komentar