Nama : Sri Haryanti
NIM : 282009072
Kelas : BATANG 03
JAWABAN INISIASI I
A. Tabel inventarisasi alat peraga SD
No. | Jenis alat peraga | Ada | Tidak ada | baik | Tidak baik |
1 | Audio (pendengaran ) Radio Tape recorder VCD/CD/DVD Laporan bahasa Telpon Pirirngan hitam |
√ √ √ - √ - |
- - - √ - √ |
- - - - √ √ |
√ √ √ - - - |
2 | Media cetak Buku Koran Buletin Majalah |
√ √ - √ |
- - √ - |
√ √ - √ |
- - - -
|
3 | Media Grafis Peta Atlas Gambar Poster Huruf Abjad Globe |
√ √ √ √ √ √ |
- - - - - - |
- √ √ √ √ √ |
√ - - - - - |
4 | Media Sederhana (lingkungan) Akuarium Herbarium Insektarium Batu-batuan Tumbuhan |
- - - - - |
√ √ √ √ √ |
- - - - - |
- - - - - |
5 | Media Video LCD TV OHP Handycam |
- - - - |
√ √ √ √ |
- - - - |
- - - - |
6 | Media Cal Laptop Komputer Internet |
√ - - |
- - - |
√ - - |
- - - |
B. Tabel Format bahan Pembelajaran yang tersedia di SD
No | Nama Alat | Sederhana | Grafis | Cetak | Audio | Video | Komputer | Kondisi |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 | Tape Recorder CD/VCD/DVD Radio Buku Majalah Koran Buletin Peta Atlas Poster Abjad Gambar Globe TV Laptop | - - - - - - - √ √ √ √ √ √ - - | - - - - - - - √ √ √ √ √ - - - | - - - √ √ √ √ - - - - - - - - | √ - √ - - - - - - - - - - √ √ | - √ - - - - - - - - - - - √ √ | - √ - - - - - - - - - - - - √
| Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Tidak baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik |
JAWABAN INISIASI II
1. Media pembelajaran sederhana merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupumn tidak baik yang menggunakan teknologi sederhana maupun komplek untuk menciptakan lingkungan atau pengalaman yang memungkinkan siswa untuk belajar sehingga tercapainya tujuan pembelajaran.
2. Macam-macam bahan pembelajaran sederhana :
§ Dua dimensi
§ Tiga dimensi
§ Rotatoon
§ Realita
§ Ritatoon
3. Media pembelajaran grafis adalah media pesan yang dituangkan dalam bentuk tulisan ,huruf ,gambar ,dan simbol-simbol yang mengandung arti.
4. Jenis-jenis media pembelajaran grafis adalah grafik,bagan,diagram,sketsa,peta dan globe,peta,poster,gambar/foto.
5. Tahapan pembelajaran sederhana
1) Penentuan kebutuhan belajar siswa
Guru dalam menyusun bahan pembelajaran dapat menentukan kebutuhan siswa antara kemampuan dan keterampilan yang dimiliki siswa.
2) Perumusan tujuan / kompetensi pembelajaran
Perumusan tujuan pembelajaran merupakan hal penting bagi guru karena sebagai tolak ukur bergasil tidaknya proses pembelajaran.
3) Pengembangan materi
Guru dalam penyampaian materi tidak hanya secara verbal,perlu memilih materi yang dapat disajikan dengan lebih baik melalui media,tidaj hanya penjelasan lisan saja.
4) Evaluasi pesan pembelajaran
Guru hendaknya mapu menvisualisasikan bahan pembelajaran senara realita isi pesan yang akakn disampaikan
5) Produksi
Guru sudah harus menentukan jenis bahan pembelajaran sederhana apa yang akan diproduksi.
Tahapan pembelajaran grafis
a. Penentuan kebutuhan belajar siswa
b. Perumusan tujuan
c. Pengembangan materi
d. Visualisasi pesan pembelajaran
6) Komponen pembelajaran yang ada pada peta didinng adalah
a. Judul peta
b. Tipe peta
c. Garis astronomi
d. Inset
e. Indeks peta
f. Sumber/pembuat peta
g. Tahun pembuatan
h. Skala peta
i. Orientasi peta
j. Legenda atau keterangan
7) Data media dua dimensi
No. | Nama Media Grafis / Dua Dimensi | Jumlah |
1 | Peta dinding | 8 |
2 | Abjad | 6 |
3 | Globe | 2 |
4 | Atlas | 70 |
5 | Gambar | 15 |
6 | Poster | 3 |
Total Jumlah | 104 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar