NAMA : TUTIATI HADININGSH
NIM : 282009104
KELAS : C BATANG 3
INISIASI 1
A. Tabel Inventarisasi Alat Peraga di SD
NO | JENIS ALAT PERAGA | ADA | TIDAK | BAIK | TIDAK BAIK |
1. 2. 3. | AUDIO § Radio § Tape Recorder § Piringan Hitam § Lab Bahasa § CD Audio VISUAL (Dua Dimensi) a. Gambar / Foto § Gambar Hewan § Gambar alat transportasi § Gambar rangka tubuh manusia § Gambar perkembangbiakan makhluk hidup § Peta § Foto pahlawan § Gambar alat musik § Gambar tari-tarian § Gambar pakaian adat § Gambar tempat ibadah § Gambar keajaiban dunia § Gambar tata surya b. Grafis § Grafik § Diagram § Bagan § Poster § Kartun (Tiga dimensi) a. Media Realita § Tumbuhan § Hewan § Buah § Uang b. Media Model § Model padat (torso, miniatur, kerangka badan) § Model Penampang (Model bola mata, model telinga, model lapisan bumi, model gunung meletus) § Model Susun (Susunan anatomi tubuh manusia rangkaian bel listrik) § Model Kerja (Model kerjagergaji, mesin pesawat, pompa air model mesin bubut) c. Projected Visual § OPH § LCD AUDIO VISUAL § Televisi § Video § CD Interaktif | √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ | √ √ √ √ √ √ √ √ | √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ | √ √ √ |
Tabel Format Bahan Pembelajaran yang Tersedia di SD
No | Nama Alat Peraga | Sederhana | Grafis | Cetak | Audio | Video | Komputer | Kondisi |
1 | Radio | | | | √ | | | Baik |
2 | Peta | √ | √ | | | | | Baik |
3 | VCD Pembelajaran | | | | | √ | √ | Baik |
4 | Batuan, daun, buah, uang | √ | | | | | | Baik |
5 | Sulak, ember, jam dinding | √ | | | | | | Baik |
6 | Globe | √ | | | | | | Baik |
7 | KIT IPA | √ | | | | | | Baik |
8 | KIT Biologi – Anatomi | √ | | | | | | Baik |
9 | Gambar-gambar | | √ | | | | | Baik |
10 | Foto pahlawan, tokoh | | √ | | | | | Baik |
11 | Buku | | | √ | | | | Baik |
12 | Lembar Kerja Siswa | | | √ | | | | Baik |
13 | Tape Recorder | | | | √ | | | Baik |
14 | Bangun datar, bangun ruang | √ | | | | | | |
15 | Air | √ | | | | | | |
16 | Tanah | √ | | | | | | |
17 | Komputer | | | | | | √ | |
18 | Papan Flanel | √ | | | | | | |
19 | Bagan | | √ | | | | | |
20 | Grafik | | √ | | | | | |
21 | Diagram | | √ | | | | | |
22 | Poster | | √ | | | | | |
23 | Wayang | √ | | | | | | |
24 | Torso | √ | | | | | | |
25 | Kerangka | √ | | | | | | |
26 | Piyanika | | | | √ | | | |
INISIASI II
1. Bahan / media pelajaran sederhana adalah bahan / media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan teknologi yang sederhana / tidak kompleks.
2. Macam-macam bahan pembelajaran sederhana?
Bahan pembelajaran sederhana digolongkan menjadi 5 yaitu :
- Bahan pembelajaran duadimensi
- Bahan pembelajaran tiga dimensi
- Realita
- Ritatoon
- Motatoon
Bahan pembelajaran dua dimensi contoh :
- papan tulis dibedakan mmenjadi 5 yaitu :
- papan tulis (chalkboard)
- papan bulletin (bulletin board)
- papan hannel (hannel board)
- papan magnetik (magnetik board)
- papan instrik
(Bahan pembelajaran tiga dimensi contoh :
- specimen, model, mack-ups,
Realita contoh : mainan, boneka, buah-buahan dari kayu, alat-alat dapur, alat olah raga, tanaman
3. Bahan / media pembelajaran grafis adalah
bahan pembelajaran yang dituangkan ke dalam symbol-simbol visual.
4. Jenis-jenis media pembelajaran grafis :
a. Gambar / foto : gambar pahlawan, chonta alat indera
b. Bagan merupakan media yang berisi tentang gambar-gamba, keterangan-keterangan, daftar-daftar
c. Grafik
Grafik adalah penyajian kembali data-data yang berupa angka-angka dalam bentuk visual simbolis (lambing visual)
Jenis grafik :
1. grafik garis (line graph)
2. grafik batang
d. Diagram
e. Sketsa
f. Poster
g. Kartun
h. Peta
i. Glokl
5. Tahapan yang harus dilalui dalam mengembangkan bahan pembelajaran grafis sederhana adalah :
a. Penentuan kebutuhan belajar siswa
b. Perumusan tujuan / Kompetensi Pembelajaran
c. Pengembangan materi
d. Visualisasi pesan pembelajaran
e. Produksi
6. komponen pembelajaran yang ada dalam penggunaan bahan ajar dalam bentuk peta dinding adalah :
a. Komponen media
b. Komponen strategi pembelajaran
Bentuk informasi mengenai potensisuatu wilayah lengkap dengan legendasimbol-simbol dan teks, mem wilayah administrasi dari kecamatan sampai dengan propinsi.
Tampilan dibuat sedemikian agar membentuk citra seni dan ilmu portografi yang baik serta komulatif.
Pembuatan peta dinding dimaksudkan memberitahukan informasi dasar potensi wilayah, pulau dan kedalaman yang nantinya dipakai untuk pembuatan atlas skala dan skala kecil sehingga dapat diakses masyarakat.
7. Di SD masing-masing
Jumlah dan sebutkan (panduan buku hal 34-35)
grafik :
diagram :
bagan :
poster :
komik :
kartun :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar