Minggu, 14 Februari 2010

TUGAS INISIASI

NAMA : SUKISWATI
NIM : 282009053

TUGAS INISIASI 2

1. Maksud dengan pembelajaran sederhana sebagai bahan pembelajaran media seperti gambar tiga dimensi,benda-benda kongkrit dan sumber belajar yang ada pada masyarakat,dengan menggunakan bahan media pembelajaran realita benda sebenarnya,ada yang menyebutkan dengan bahan pembelajaran tepat guna dan pembelajaran serba guna.
2. Macam-macam pembelajaran sederhana :
 dua dimensi
 Tiga dimensi
 Realita
 Retatoon
 Rotatoon
3. Pembelajan grafis adalah bahan pembelajaran yang dituangkan kedalam symbol-simbol visual dan yang paling mudah ditemui dan banyak digunakan untuk menyalurkan pesan dan sumber ke penerima pesan agar proses penyampaian pesan dapat berhasil dan efisien, yang befungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian atau ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang akan cepat dilupakan atau diabaikan bila tidak di grafiskan .
4. Jenis-jenis pembelajaran grafis adalah
 Grafik
 Bagan
 Diagram
 Sketsa
 Koster
 gambar karton
 peta
 dan globe

Penjelasannya :
 grafik adalah gambar sederhana yang menggunakan titik garis atau gambar juga menggunakan symbol-simbol verbal .
 bagan adalah bagian dari pada gambar atau bentuk
 diagram adlah suatu gambar sederhana yang menggunakan garis-garis dan symbol-simbol .
 sketsa adalah bentuk gambar sementara atau gambar sederhana .
 koster adalah bentuk gambar yang sudah jadi untuk menyampaikan kesan-kesan tertentu untuk mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya .
 gambar karton adalah gambar yang berbentuk tiruan atau gambar interpretative .
 peta adalah gambar konvensial dari permukaan bumi yang di perkecil seperti pada kenampakannya bila dilihat dari atas ditambah tulisan-tulisan sebagai tansa pengenal .
 glibe adalah tiruan bola bumi dalam bentuk yang kecil terbentuk bola yang menggambarkan bola bumi dengan meletakkan peta bumi di atas permukaannya .
5. Tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam mengembangkan bahan pembelajaran grafis :
1. penentuan kebutuhan belajar siswa.
2. perumusan tujuan / kopetensi pembelajaran .
3. pengembangan materi.
4. visualisasi pesan pembelajaran.
5. produksi.

6. Komponen pembelajaran yang ada di dalam peta dinding :
1. judul gambar : menunjukan daerah yang di gambar.
2. tipe peta : di buat atas dasar kepentingannya dan menunjukan garis peta.
3. garis astronomi : dibuat sebagai tanda di tepi, atau pada garis tepi dengan menunjukan angka derajat menit dan detiknya tanpa membuat garis bujur atau lintang.
4. insert : menjelaskan salah satu bagian dari peta atau menunjukan lokasi.
5. indeks peta : menunjukan system pemberian nomor pada tiap lembar peta untuk mengetahui lokasi dari peta yang diamati untuk mengetahui nomor indeks dari daerah sekitarnya.
6. sumber atau pembuatan peta, menentukan besar kecilnya kepercayaan yang di berikan terhadap kebenaran-kebenaran peta.
7. tahun dan pembuatan peta.
8. skala peta dipegunakan mengetahui luas daerah yang digambar dan jarak antara daerah satuan ukuran yang sama.
9. orientasi peta dipergunakan untuk menujukkan arah mata angin.
10. legenda atau keterangan untuk memberikan keterangan dari symbol-simbol dalam peta dan legenda sesuai dengan kebutuhan.

7. Data media dua dimensi di SD Karangasem 12
1. Bank data.
2. Diagram batang, garis dan lingkaran.
3. Papan planel.
4. Papan absensi siswa kelas I – VI.
5. Papan grafik sekolah.
6. Papan visi dan misi.
7. Papan pengumuman.
8. Gambar foto.
9. Struktur organisasi sekolah.
10. Papan tulis bergaris.
11. Peta.
12. Papan Statistik.
13. Papan program PKPL
14. Papan tugas Kepala Sekolah, Guru, Penjaga.
15. Papan tata tertib peraturan sekolah.
16. Papan program tahunan.
17. Papan piket guru.
18. Papan kalender sekolah.
19. Papan jadwal sekolah.
20. Papan grafik kelulusan.
21. Papan slogan.
22. Papan struktur organisasi Komite Sekolah.
23. Papan program kerja Kepala Sekolah/program pelajaran.
24. Papan tujuan pendidikan.













Data media dua dimensi yang ada di SD Karangasem 12

No. Media Grafis Dua Dimensi Jumlah Keterangan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.

21.
22.
23.

24.
Bank data kelas.
Papan absensi siswa kelas I – IV
Papan grafik sekolah/kelulusan.
Papan visi dan misi.
Papan profil sekolah
Papan program tahunan
Papan pengumuman.
Papan planel
Gambar foto
Papan Struktur organisasi sekolah
Peta..
Papan Statistik Sekolah
Papan program kegiatan siswa.
Papan tata tertib sekolah.
Papan daftar piket guru.
Papan program kerja tahunan
Papan jadwal sekolah
Papan kalender sekolah.
Papan tulis bergaris.
Papan fungsi dan tugas Pengelola menurut jabatan
Papan slogan sekolah/Budaya sekolah.
Papan struktur organisasi Komite Sekolah.
Papan jadwal program kerja Kepala Sekolah/program pelajaran
Papan tujuan pendidikan.
7
7
1
1
1
1
2
2
40
1
12
1
1
1
1
1
1
1
1
1

1
1
1

1 Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik

Baik
Baik
Baik

Baik










NAMA : SUKISWATI
NIM : 282009053

TUGAS INISIASI 1

Jenis Alat Peraga yang Ada di SD Karangasem 12
No. Jenis Alat Peraga Ada Tidak Ada Baik Tidak Baik

1







2.




3.
Audio
Radio
Tape Recorder
HT
IPUD
Mega Phone
Alat Musik

Audio Visual
LCD
Televisi
Komputer

Visual
Gambar kartun
Poster
Globe
Kit IPA
Tiruan kerangka manusia

Model bangun ruang
Model bangun datar
Buku literatur
Buku Perpustakaan
Model jam dinding
Atlas

Tustel



-
-




















  





















































  









































No Nama Alat Peraga Sederhana Grafis Cetak Audio Video Komputer Kondisi

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
Komputer
Tape Recorder
Radio
VCD Pembelajaran
Peta
TV
Internet
Gambar foto
Sketsa
Papan Planel
Papn tulis
Globe
Papan planel
Buku literatur
Internet
Alat Kit IPA
Penggaris
Turso
Alat Musik
Alat olahraga
Bangun ruang
Bangun datar
Wayang kulit
Buku Perpustakaan
Model jam
Bagan organ tubuh
























  


































































































































Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik











NAMA : SUKISWATI
NIM : 282009053

TUGAS INISIASI 3

1. Maksud bahan pembelajaran cetak adalah sebagai perangkat bahan yang memuat materi atau isi pelajarn untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dituangkan dengan menggunakan teknologi cetak.
2. Karakteristik bahan pembelajaran cetak :
1) Harus mampu pembelajaran sendiri para siswa(self instructional). Bahan ajar cetak mempunyai kemampuan penjelasan yang sejelas-sejalnya untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran.
2) Bersifat lengkap (self-contained), memuat hal-hal yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.
3) Bahan pembelajaran cetak mampu dan memicu siswa untuk aktif dalam proses belajarnya, bahkan membelajarkan siswa untuk dapat menilai kemampuan belajar sendiri (self instructional).
3. Macam bahan pembelajaran cetak : modul, handout dan lembar kerja siswa (LKS).
- modul merupakan suatu paket belajar yang berkenaan dengan satu unit bahan pelajaran.
- Handout materi pembelajaran secara lengkap yang disajikan dengan keseluruhan dan harus dipelajari.
- Lembar kerja – penekan pada latihan, tugas atau soal-soal. LKS tetap menyajikan uraian matei-materi secara singkat.
4. Langkah-langkah pengembangan bahan cetak :
1) Cara kompilasi terhadap bahan yang telah tersedia dilengkapi dengan panduan.
2) Dengan menggunakan buku teks yang telah tersedia di pasaran dengan disertai panduan belajar.
3) Menyadur buku teks yang sudah tersedia.
4) Menulis dari bahan ajar cetak yang diperlukan yang dirancang sesuai dengan karakteristikyang dibutuhkan.







NAMA : SUKISWATI
NIM : 282009053

TUGAS INISIASI 4

1. Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan program analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.
2. Unsur-unsur multimedia :
- Sound
- Animasi
- Video
- Teks
- Grafis
3. CD yang digunakan di SD Karangasem 12
Judul : Pelatihan ITC Dasar bagi Participant Teacher KKG Kec. Batang.
Penerbit : Intel coorporation program pengajaran intel cetting started.
Bekerjasama : Intitute of Computer Technology (ICT), sebuah oragnisasi nirlaba di Amerika.
4. CD multimedia interaktif tergolong multimedia model tutorial.
Alasannya ;
- merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program yang berisi pelajaran untuk menyajikan materi secara utuh kepada siswa melalui konsep mastery learning atau belajar tuntas.
- Kelebihannya CD interaktif, siswa dapat belajar secara mandiri, tidak harus bergantung kepada guru atau instruktur dengan melalui belajar kapan saja sesuai apa yang diinginkan. Dapat langsung dipraktekkan dan materi secara berulang-ulang untuk penguasaan secara menyeluruh.
5. Pengalaman saat menggunakan CD interaktif :
- Lebih menarik perhatian anak.
- Lebih mudah menerima dan jelas.
- Data bias diulang kembali/putar kembali.
- Siswa mengikuti dengan cepat dan tuntas.
- Dipelajari secara berulang.
- Untuk materi pokok dengan materi yang lain berhubungan.
- Pencapaian materi lebih optimal.
NAMA : SUKISWATI
NIM : 282009053

TUGAS INISIASI 5

1. Internet adalah sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun di dalam lingkungan perkantoran maupun di dalam pendidikan.
2. Fungsi browser :
- Menampilkan halaman-halaman web yang terdapat di internet yang diakses dari berbagai tempat sepanjang terkoneksi dengan internet.
- Untuk membuat aplikasi web.
- Menuangkan pengguna internet untuk lebih cepat dan mudah mengakses informasi pada halaman web dengan handal.
3. Cara menggunakan mesin pencari/engine search :
Search Engine saat ini lebih dikategorikan sebagai mesin pencari di internet, walaupun sebenarnya untuk mencari file dikomputer atau mencari dokumen di word processing juga merupakan search engine.
Seperti yang telah kita ketahui, untuk mencari berjuta-juta data / informasi yang terdapat dibelantara dunia maya yang sangat luas, dibutuhkan suatu mesin pencari yang disebut Search Engine dan mungkin sudah tidak asing lagi dengan situs-situs yang bernama Google, Yahoo, MSN, Altavista dan masih banyak lagi lainnya.
Tetapi apakah kita memanfaatkan seluruh fitur-fitur yang terdapat pada search engine tersebut ?
Mungkin masih banyak dari kita sebagai pemula yang belum mengetahui cara kerja penggunaan search engine, sehingga dalam melakukan pencarian menghabiskan waktu dalam pencarian dan berulang-ulang.
Saat ini berbagai mesin pencari (search engine) semakin cerdas dan dengan semakin bertambahnya informasi didalam internet, proses pencarian haruslah juga dioptimalkan.
Beberapa cara agar pencarian dapat optimal.
Gunakan Beberapa Search Engine
Hasil pencarian dari masing-masing search engine tidaklah sama, hal ini dikarenakan search engine memiliki metode yang berbeda dalam mengklasifikasikan data yang dicari. Jika gagal dengan satu mesin pencarian, gunakan mesin pencari yang lain. adi jangan mengandalkan hanya satu mesin pencara.


Pahami Fasilitas Search Engine
Kebiasaan dari kita selalu enggan membaca fasilitas help dari suatu produk, padahal memiliki pengetahuan tentang produk tersebut sangatlah penting. Dalam hal search engine dapat kita ketahui tentang fasilitas-fasilitas yang disediakan, karena masing-masing search engine memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah Advance Search yang menawarkan berbagai kemudahan dalam proses pencarian.
Gunakan Metode Boolean
Fungsi operator Booelan biasanya digunakan oleh kalangan programer komputer untuk membuat script logika pemrograman agar lebih cepat dan effisien. Kita dapat meniru penggunaan tersebut untuk boosting pencarian di internet tanpa harus menjadi programer.
Beberapa fungsi operator Booelan yang dapat dimanfaatkan saat menggunakan search engine :
< > AND < > untuk mencari dua subjek tertentu dan hasilnya ditampilkan secara bersama (misalnya Mobil AND Asuransi)
< > OR < > untuk mencari dua subjek tertentu dan hasilnya salah satu atau keduanya (misal Honda OR Toyota)
< > NOT < > untuk mencari subjek tertentu dimana yang terakhir tidak ingin ditampilkan (misal Obat NOT Jamu)
dan masih banyak lagi seperti menggunakan tanda kurung [ ( ) ], titik koma [ ; ], atau tanda petik [ " " ] untuk dikombinasikan bersama-sama.
Manfaatkan Fasilitas Advance Search
Dengan Advance Search terdapat berbagai macam menu pencarian yang dapat dipilih, mulai format output yang diharapkan, jumlah situs yang akan ditampilkan dalam satu halaman.
Beberapa search engine menawarkan fasilitas stemmingatau wild card dalam fasilitas advance search-nya, yaitu sebuah fasilitas yang memungkinkan penguraian padanan kata sekaligus turunan kata yang paling dimungkinkan.
Beberapa Search Engine
* Altavista (http://www.altavista.com)
* Alltheweb (http://www.alltheweb.com)
* Ask (http://www.ask.com)
* AOL (http://www.aol.com)
* Britannica (http://www.britannica.com)
* Dogpile (http://www.dogpile.com)
* Gigablast (http://www.gigablast.com)
* Google (http://www.google.com)
* HotBot (http://www.hotbot.com)
* Live Search (http://www.live.com)
* LookSmart (http://www.looksmart.com)
* Lycos (http://www.lycos.com)
* Mamma (http://www.mamma.com)
* MetaCrawler (http://www.metacrawler.com)
* MSN (http://www.msn.com)
* Netscape (http://www.netscape.com)
* Search (http://www.search.com)
* Snap (http://www.snap.com)
* Yahoo (http://www.yahoo.com)
* WebCrawler (http://www.webcrawler.com)
* Wisenut (http://www.wisenut.com)

4. Contoh penggunaan mesin pencari untuk mencari informasi tentang pengertian virus komputer:
- Buka Mozila atau Internet Explorer.
- Setelah terbuka ketik “Pengertian Virus Komputer” pada mesin pencari/search engine, tekan Enter.
- Kemudian dibawahnya akan menunjukkan alamat-alamat situs internet yang memberikan informasi tentang pengertian virus komputer.
- Pilih salah satu alamat situs yang diinginkan dengan cara meng-kliknya.
- Kemudian akan terbuka tampilan halaman baru yang akan menampilkan tentang pengertian virus komputer.
5. Ringkasan artikel tentang pengertian virus:
“Definisi Virus Komputer”

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu misalnya VGA, Memory bahkan Procesor(terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows
XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Service Pack 1, Windows XP Service Pack 2, Windows Vista Service Pack 1 ) bahkan GNU/ Linux. Efek negatif virus komputer terutama adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya
pada komputer (seperti CPU Real Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya, 2% menyerang Linux/ GNU dengan versi kernel dibawah 1.4 (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.

CARA MENGATASI VIRUS KOMPUTER
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak antivirus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut. Contoh virusnya adalah Worm, Trojan, Backdoor, hacking, dll. Contoh antivirus yang bisa diandalkan dan menangkal virus adalah Kaspersky, Panda, Sophos, Symantec, Bit Defender, Ansav, SmadAV, AVG, AntiVir, PCMAV, Norton, Norman, McAfee, dan lain sebagainya.

Diambil dari : http://endraithuujelek.wordpress.com/2009/10/10/definisi-virus-komputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar