NAMA : SRI RAHAYU
NIM : 282009051
KELAS : C ( BATANG 3 )
JAWABAN TUGAS MATA KULIAH
KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SD
JAWABAN TUGAS INISIASI I
A. Tabel Inventarisasi Alat Peraga di SD DENASRI WETAN 03 BATANG
No | Jenis Alat Peraga | | Tidak ada | Baik | Tidak Baik |
1 2 3 | Audio : - Radio - Tape Recorder - CD Audio Visual : Dua dimensi. a. Berupa gambar / foto - Gambar kerangka manusia - gambar tata surya. - Gambar peta - Gambar alat indera - Foto pahlawan - Gambar alat transportasi - Gambar hewan - Gambar buah –buahan b. Grafis. - Grafik - Bagan - Diagram - Poster - Kartun c. Tiga dimensi 1. Media realita - Tumbuhan - Uang - Buah-buahan - Air - Tanah - Batuan - Hewan 2. Media model a. Model padat - Turso - Kerangka badan - Buah-buahan dari palstik - Tengkorak b. Model penampang c. Model susun - Rangkaian bel plastik - Susunan anatomi tubuh manusia d. Model kerja e. Projected visual Audio visual - TV - Vidio - Slide suara - CD interaktif | V V V V V V V V V V V V V V V - V V V V V V V V V V V - V V - - - | V V V V V V V | V V V V V V V V V V V V V V V - V V V V V V V V V V V - V V - - - | |
B. Tabel format bahan pembelajaran yang tersedia di SD DENASRI WETAN 03
BATANG
No | Nama Alat Peraga | Sederhana | Grafis | Cetak | Audio | Video | Komputer | Kondisi |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29 30. | Papan tulis Papan flannel Tape recorder Cd audio Radio Komputer Orgen tunggal Pianika Bola Matras Meja tenis meja Papan catur Raket Bak pasir KIT IPA KIT B. Indonesia Tengkorak Torso Peta Globe Attlas Kerangka Susunan anatomi tubuh manusia Uang Kalender Jam dinding Wayang Gambar / foto Buah-buahan plastik Bel listrik | V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V V | V | V V V | V V V V V V | | V V | Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik Baik |
JAWABAN TUGAS INISIASI 2
- Yang dimaksud dengan bahan / media pembelajaran adalah :
Bahan / media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan teknologi
yang sederhana / tidak komplek.
2.
1. Bahan pembelajaran dua dimensi,contoh: papan tulis
Papan tulis dibedakan menjadi 5 yaitu:
a. papan tulis ( chalk board )
b. papan bulettin ( bulletin board )
c. papan flanel ( flannel board )
d. papan magnetik ( magnetik board )
e. papan istnik ( elektric board )
2. Bahan pembelajaran tiga dimensi
contoh: Specimen,model,moek-ups, diorama
3. Bahan pembelajaran realita,
Media realita merupakan model dan objek nyata dari sutu benda,
contoh: uang,tumbuhan,batu,tanah,binatang,air.
4. Ritatoon
Merupakan gambar berseri yang dibingkai sedemikian rupa,tahapan-
tahapan yang ditunjukan pada gambar-gambar tersebut dapat
dipresentasikan sebagai suatu proses kejadian.
5. Rotatoon
Sesuai dengan namanya bahan pembelajaran ini merupakan alat
pertunjukan yang bisa diputar rotatoon.menggunakan gambar seri yang
bersambungan dan digulung pada tempat gulungan yang diletakan pada
bagian tepi kotak presentasi gambar ditempatkan pada lubang yang
menyerupai monitor pesawat TV.
- Bahan / media pembelajaran grafik adalah kebahan pembelajaran yang
dituangkan kedalam simbol-simbol visual.
4. Jenis-jenis media pembelajaran grafis yaitu:
a. Grafik ( graph ).
Media ini merupakan gambar sederhana untuk menggambarkan data
kuantitatif yang akurat dan mudah dimengerti,contoh: grafik garis
( line graph ),grafik batang ( bar graph ),grafik lingkaran ( pie graph ).
b. Diagram
Diagram merupakan suatu gambaran sederhana yang dirancang untuk
memperhatikan tentang tata kerja dari suatu benda,terutama dengan
garis-garis,contoh: Diagram bel listrik,Diagram organ tubuh manusia.
c. Bagan ( chart )
Bagan biasanya dirancang untuk menggambarkan atau menunjukan suatu
ide atau gagasan melalui simbol,garis,gambar dengan kata-kata singkat,
contoh: Bagan organisasi,Bagan pohon,Bagan table.
d. Poster
Poster merupakan kombinasi visual yang terdiri atas gambar dan pesan /
tulisan dengan menggunakan warna-warna yang menyolok.
e. Kartun
Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan,atau karikatur tentang
gagasan,situasi atau orang yang dirancang untuk membentuk opini siswa.
- Tahapan yang harus dilalui dalam menggembangkan bahan pembelajaran grafis
dan sederhana adalah:
a. Penentuan kebutuhan belajar siswa
b. Perumusan tujuan / kompetensi pembelajaran
c. Pengembangkan materi
d. Visualisasi pesan pembelajaran
e. Produksi
6. Komponen pembelajaran yang ada didalam peta dinding adalah:
1. Untuk memberikan informasi dasar potensi wilayah,pulau dan kepulauan.
2. Untuk pembuatan atlas dengan skala kecil sehingga mudah diakses oleh
masyarakat.
7. Jumlah media grafis yang ada disekolah kami adalah:
1. grafik batang = 6
- papan absen kelas I s/d kelas VI
2. grafis = 5
- peta kecamatan
- peta kabupaten
- peta propinsi
- peta
- peta dunia
3. bagan ada = 8
- struktur organisasi kelas I s/d kelas VI.
- struktur organisasi komite dan kepramukaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar