Senin, 22 Februari 2010

TUM FATIMAH 282009103 TUGAS INISIASI 3, 4 DAN 5

INISIASI 3

1. Bahan pembelajaran cetak merupakan alat yang berguna untuk membantu guru dalam menyampaikan materi kepada siswa yang berupa buku pelajaran, modul, hand out ataupun Lembar Kerja Siswa (LKS)
2. Karakteristik dari bahan pembelajaran cetak yaitu:
1) Harus mampu pembelajarkan sendiri para siswa, artinya bahan ajar cetak harus mempunyai kemampuan untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran baik bimbingan guru maupun secara mandiri.
2) Bersifat lengkap (self-contained) artinya memuat kalimat yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut adalah tujuan pembelajaran atau kompetensi prasyarat yaitu materi-materi pelajaran yang perlu dipelajari lebih dahulu.
3) Mampu pembelajarkan peserta didik (self-instructional material) artinya dalam bahan pembelajaran cetak harus mampu memicu siswa untuk aktif dalam proses belajarnya bahkan pembelajarkan siswa untuk dapat menilai kemampuan belajarnya sendiri.
3. Macam-macam bahan pembelajaran cetak untuk SD antara lain:
1) Modul merupakan suatu unit program pembelajran yang disusun dalam bentuk tertentu untuk keperluan belajar. Modul merupakan suatu perangkat yang berkenaan dnegan satu unit bahan pembelajaran.
2) Hand out dapat diartikan sebagai buku pegangan siswa yang berisi tentang suatu materi pelajaran secara lengkap. Hand out menyajikan seluruh materi yang harus dipelajari. Kesamaan karakteristik antara hand out dan modul.
3) Lembar Kerja Siswa (LKS)
Berbeda dengan modul dan hand out, bahan pembelajaran cetak berbentuk LKS dikemas dengan menekankan pada latihan tugas atau soal-soal saja.
LKS tidak hanya memuat serangkaian soal dan tugas tetapi juga menyediakan rambu-rambu pengerjaan sehingga siswa benar-benar dapat mempelajari bahan pembelajaran.
4. Langkah-langkah pembelajaran cetak yaitu ada empat cara:
1) Cara kompilasi terhadap bahan yang telah tersedia dan dilengkapi dengan pemahaman belajar.
2) Menggunakan buku teks yang telah tesedia di pasaran dengan disertai panduan belajar menyadur disertai panduan belajar.
3) Menyadur buku teks yang sudah tersedia, menulis dari bahan ajar cetak yang diperlukan.
















INISIASI 4

1. Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri dari berbagai macam program dengan kegunaan masing-masing.
Contoh: Microsoft excel untuk membuat daftar nilai siswa, Microsoft word untuk menulis teks dan tugas-tugas, power point untuk membuat presentasi serta internet untuk mencari sumber data.
Jadi pada intinya computer merupakan alat atau mesin yang memudahkan kita dalam bekerja.
2. Unsur-unsur multimedia meliputi suara, animasi, video, teks dan grafis.
3. Judul : Tanggap flu burung
Penulis : unicef community
Penerbit : Komnas FBPI
4. Modul tutorial
Alasannya; karena tutorial ini membimbing siswa secara tuntas menguasai materi dengan cepat dan menarik.
5. Pada saat menggunakan CD interaktif siswa kelihatan lebih tertarik, menyukai pembelajaran melalui CD. Pada saat mereka melihat CD tersebut semua siswa memperhatikan pembelajaran dan menjadi lebih menyenangkan serta tidak merasa bosan. Karena mereka serasa sedang menonton TV di rumah, sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan lancer, apa yang mereka lihat dan yang di dengar akan lebih cepat di tangkap.









INISIASI 5

1. Internet adalah sebuah perpustakaan besar yang berisi jutaan informasi atau data berupa teks, graphic, audio maupun animasi yang bermanfaat untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh di dalam lingkungan perkantoran ataupun pendidikan.
2. Browser adalah kegiatan mencari data yang kita inginkan dari mesin pencari data di internet.
3. Langkah-langkah menggunakan search engine adalah sebagai berikut:
1) Klik double pada gambar icon internet explorer berikut ini


2) Ketik situs (alamat) search engine yang ingin kita gunakan misalkan kita akan menggunakan search engine www.google.com maka cukup kita ketik alamat pada kotak alamat yang tersedia pada browser.
3) Kemudian tekan enter pada keyboard.
4) Tunggu beberapa saat hingga halaman keseluruhan selesai ditampilkan maka akan muncul halaman mesin pencari.
5) Kemudian masukkan kata kunci pada kotak misalkan kita ingin mencari informasi tentang sejarah computer, maka pada kotak di atas kita ketik frasa.
4. Alamat website
http://www.lintasberita.com/Teknologi/Komputer/Definisi/Pengertian_Virus_Komputer_Worm_Trojan_Spyware_Ciri_Dan_Teknik_Infeksi_Penularan
Pengertian Virus Dan Kawan-kawan
1) Virus computer adalah suatu program computer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna computer tersebut. Efek dari virus computer sangat beragam mulai dari hanya menghapus file atau dokumen sampai merusak computer.
2) Worm adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada computer kita yang memungkinkan computer kita terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan.
3) Trojan adalah sebuah program yang memungkinkan computer kita dikatrol orang lain melalui jaringan internet.
4) Spyware adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan computer ke pihak luar tanpa kita sadari. Biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan. Jika kita melihat kejanggalan pada media penyimpanan seperti file bernama aneh yang tidak pernah kita buat tetapi mengaku sebagai aplikasi maka jangan kita klik, agar virus tersebut tidak menular ke computer yang kita gunakan.



Arti Definisi / Pengertian Virus Dan Kawan-Kawan (Varian Virus) : 1. Arti Definisi / Pengertian Virus Komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita. 2. Arti Definisi / Pengertian Varian Virus Worm, Trojan dan Spyware a. Worm Worm adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer kita yang memungkinkan komputer kita terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan. b. Trojan Trojan adalah sebuah program yang memungkinkan komputer kita di kontrol orang lain melalui jaringan atau internet. c. Spyware Spyware adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakankomputer ke pihak luar tanpa kita sadari. Biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan. Jika kita kita melihat kejanggalan pada media penyimpanan seperti file bernama aneh yang tidak pernah kita buat atau file bukan jenis aplikasi / application tetapi mengaku sebagai aplikasi maka jangan kita klik, kita buka atau kita jalankan agar virus komputer tersebut tidak menular ke komputer yang kita gunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar