Senin, 22 Februari 2010

TUGAS INISIASI 3,4, dan 5

SRI KUSRINI
282009084

TUGAS INISIASI 3
Jawaban No. 01
Yang dimaksud bahan pembelajaran cetak ialah
Perangkat bahan yang memuat materi atau isi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dituanmgkan dengan menggunakan teknologi cetak.
Suatu bahan pembelajaran cetak memuat materi yang berupa ide, fakta, konsep, prinsip, kaidah atau teori yang mencakup dalam mata pelajaran yang sesuai dengan disiplin ilmunya serta informasi lainya dalam pembelajaran.

Jawaban No 02

Karakteristik bahan ajar cetak antara lain :
1.Harus mampu membelajarakan sendiri para siswa (self instruktional) artinya bahan ajar cetak harus mempunyai kemampuan menjelaskan yang sejelas-jelasnya untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, baik dalam bimbingan guru maupun secara mandiri
2.Bersifat lengkap ( self contained) artinya memuat hal-hal yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Hal-hal tersebut adalah tujuan pembelajaran/kompetensi. Prasarat yaitu materi-materi pembelajaran yang mendukung atau perlu dipelajari terlebih dahulu sebelumnya, prosedur pembelajaran, materi pembelajaran yang tersusun sistematis, latihan tugas-tugas, soal-soal evaluasi beserta kunci jawaban dan tindak lanjut yang harus dikerjakan oleh siswa.
3.Mampu membelajarkan peserta didik ( self instructional material ) artinya dalam bahan pembelajaran cetak harus mampu memicu siswa untuk aktif dalam proses belajarnya bahkan membelajarkan siswa untuk dapat menilai kemampuan belajarnya sendiri

Jawaban no.03
Berbagai macam Bahan Pembelajaran Cetak yang digunakan di SD :
1.Modul merupakn suatu unit program pembelajaran yang disusun dalam bentuk tertentu untuk keperluan belajaran. Menurut PB3K Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Modul ialah suatu unit program pembelajaran terkecil yang secra rinci menggariskan :
a.Tujuan Instruksional yang akan dicapai
b.Topik yang akan dijadikan dasar proses pembelajaran.
c.Pokok-pokok materi yang dipelajari
d.Kedudukan dan fungsi modul dalam kesatuan program yang lebih luas
e.Peranan guru dalam proses pembelajaran
f.Alat-alat dan sumber yang akan digunakan
g.Kegiatan belajar yang harus dilakukan
h.Lembar kerja yang harus dikerjakan
i.Program evaluasi yang harus dilaksanakan.

2.Handout adalah buku pegangan siswa yang berisi tentang suatu materi pelajaran secara lengkap. Bebeda dengan modul yang isinya disajikan perunit terkecil dari materi, maka handout menyajikan keseluruhan materi yang haruis dipelajari. Walaupun memilki perbedaaan ada beberpa kesamaan karakteristik antara handout dan modul. Walaupun tidak disajikan dalam unit-unit kecil, tapi sajianya tetap memunculkan komponen-komponen yang diperkukan dalam pembelajaran yang meliputi:
a.Tujuan pembelajaran/ kompetensi
b.Prasyarat yaitu materi-materi pelajaran yang mendukung atau perlu dipelajhari terlebih dahulu.
c.Prosedur pembelajaran.
d.Materi pembelajaran terususun sistematis
e.Latihan/tugas-tugas dan soal-soal evaluasi.

3.Lembar Kerja Siswa (LKS), LKS dikemas dengan hanya menekankan pada latihan, tugas atau soal-soal saja. Walupun hanya menekankan pada hal tersebut, LKS tetap menyajikan uraian materi namun secara singkat. Soal-soal yang disajikan harus benar-benar berdasarkan pada analisis tujuan pembelajaran/kompetensi yang telah diajbarkan kedalam indicator pencapaian. Agar dapat membelajarkan secara baik, LKS tidak hanya memuat serangkaina soal dan tugas tetapi juga menyediakan rambu-rambu pengerjaannya sehingga siswa benar-benar dapat mempelajari bahan pembelajaran melalui soal-soal dan tugas. Selain itu kesimpulan disetiap akhir pokok bahasan juga tetap hartus disampaikan sebagai perulangan dan penguatan materi untuk siswa .

Jawaban no. 04
Langkah-langkah pengembangan bahan cetak:
1.Menyusun Garis-gairs Besar Program Pembelajaran (GBPP) bahan ajar yang tercetak yang kan dikembangkan
2.Menulis bahan ajar dengan mengikuti strategi instruksional tertentu
3.Mereview, melakukan uji coba lapangan dan merevisi bahan ajar sebelum digunakan dilapangan.




INISIASI 4

Jawaban no 01
Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat meyediakan respon dan memilki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan serta dapat memuat dan menayangkan beragam bentuk media didalamnya.

Jawaban no.02
Unsur-unsur yang ada dalam multimedia ialah
1. sound
2. animasi
3. video
4. teks dan grafis

Jawaban no. 03
Judul “Lab Virtual IPA 1 TUBUH KITA”
Nama penulis : M. Ali Rizki
Finda Swasti Padma
Penerbit : Bina Sumber Daya MIPA 2007

Jawaban No. 04
Multimedia tersebut no.03 tergolong model tutorial karena merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran denagan menggunakan perangkat lunak berupa program komputer yang berisi materi pelajaran.

Jawaban no.05
Pegalaman saat mengajar menggunakan CD interaktif
Siswa lebih tertarik dan merasa senang dengan pembelajaran multimedia karena meraka mendapatkan sesuatau yang berbeda dengan pembelajaran konvensional. Karena di dalam pembelajaran multimedia siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran dan fokus. Ini disebabkan oleh ketertarikan siswa dalam sajian yang diberikan oleh pembelajaran multimedia.







TUGAS ISINISIASI V

Jawaban no.01
Internet ialah sebuah perpustakaan besar yang didalmnya terdapat jutaan (bahkan milyaran)informasi atau data yang berupa tisert, graphic, audio maupun animasi, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Dari segi komunikasi internet adalahsarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh, maupun di dalam lingkungan perkantoran maupun pendidikan.
Manfaat internet ialah dapat memberikan berbagai informasi dari brbagai bidang, dari jarak yang dekat maupun jarak yang jauh.

Jawaban no.02
Fungsi browser adalah untuk mengakses layanan Whord Wide Web dari sebuah computer ( yang disebut www server atau web server)

Jawaban no.03
(praktek)

Jawaban no.04
(praktek mencari virus)
Jawaban No. 5
Pengertian Virus Komputer
Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu misalnya VGA, Memory bahkan Procesor (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Windows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Windows XP Service Pack 1, Windows XP Service Pack 2, Windows Vista Service Pack 1 ) bahkan GNU/Linux. Efek negatif virus komputer terutama adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Real Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% Virus adalah virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya, 2% menyerang Linux/GNU dengan versi kernel dibawah 1.4 (dan Unix, sebagai source dari Linux, tentunya), 1% menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2% lagi menyerang sistim operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer, asalkan basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak antivirus telah mengandung kode untuk menghapus virus tersebut.Contoh antivirus yang bisa diandalkan dan menangkal virus adalah Kaspersky, Panda, Sophos, Symantec, Bit Defender, Ansav, SmadAV, AVG, AntiVir, PCMAV, Norton, Norman, McAfee, dan lain sebagainya
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar