OLEH : TRI HANDAYANI
NIM : 28 2009 076
Kepada Yth :
Bp. MAWARDI
Bersama ini saya kirimkan jawaban tugas MEDIA PEMBELAJARAN DI SD.
INISIASI I ( satu)
A.Tabel Infentarisasi Alat Peraga di SD Kasepuhan 04 Batang.
No | Jenis Alat Peraga | Ada | Tidak Ada | Baik | Tidak Baik |
1. | AUDIO | | | | |
| - Radio | v | | v | |
| - Tape Recorder | v | | v | |
| - CD Audio | v | | v | |
| | | | | |
2. | VISUAL | | | | |
| A.1. Dua demensi ( gambar atau foto ) | | | | |
| - Kerangka manusia | v | | v | |
| - Alat indera | v | | v | |
| - Tata surya | v | | v | |
| - Pahlawan | v | | v | |
| - Peta | v | | v | |
|
| | | | |
| 2. Grafis | | | | |
| - Grafik | v | | v | |
| - Bagan | v | | v | |
| - Diagram | v | | v | |
| - Poster | v | | v | |
| - Kartun | | | | |
| | | | | |
| B.Tiga Demesi | | | | |
| a. Media Realita | | | | |
| - Hewan, tumbuhan, bebatuan, alam sekitar | v | | v | |
| b. Media Model | | | | |
| - Model padat : torso, miniature kerangka badan | v | | v | |
| - Model penampang : model bola mata, model telinga, model lapisan bumi | v | | v | |
| - M odel susun : rangkaian bel listrik, susunan anatomi tubuh manusia | v | | v | |
| - Model kerja : model mesin gergaji, model mesin pesawat, model pompa air. | v | | v | |
| c.Projected Visual | | | | |
| - OHP | | v | | |
| - LCD | | v | | |
3. | AUDIO VISUAL | | | | |
| -TV | | v | | |
| - Vidio | v | | v | |
| - Slide suara | | v | | |
| - CD interaktif | | v | | |
| | | | | |
|
B. Tabel format bahan pembelajaran yang tersedia di SD Kasepuhan 04 Batang
No | Nama Alat Peraga | Sederhana | Grafis | Cetak | Audio | Vidio | Komputer | Kondisi | ||||||||
1. | Radio | | | | v | | | | ||||||||
2. | Peta | v | v | | | | | | ||||||||
3. | VCD Pembelajaran | | | | | v | v | | ||||||||
4. | Globe | v | v | | | | | | ||||||||
5. | Kerangka manusia | v | | | | | | | ||||||||
6. | Bak pasir | v | | | | | | | ||||||||
7. | Ganbar benda planet ( dll ) | | v | | | | | | ||||||||
8. | Poster | | v | | | | | | ||||||||
9. | Surat kabar | | | v | | | | | ||||||||
10 | Majalah | | | v | | | | | ||||||||
11 | Brosur | | | v | | | | | ||||||||
12 | Buku teks | | | v | | | | | ||||||||
13 | Majalah | | | v | | | | | ||||||||
14 | Kamus | | | v | | | | | ||||||||
15 | Tape recorder | | | | v | | | | ||||||||
16 | Kaset audio | | | | v | | | | ||||||||
17 | CD vidio | | | | | | v | | ||||||||
18 | Kalender | | v | | | | | | ||||||||
| | | | | | | | | ||||||||
INISIASI 2
1.Bahan / media pembelajaran sederhana adalah :
Bahan / media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan tehnologi yang sederhana / tidak kompleks.
2.Macam – macam bahan pembelajaran sederhana :
A. Bahan Pembelajaran Sederhana Dua Demensi
Papan Tulis ( Broard ) dibedakan menjadi 5 yaitu :
a. Chalkboard ( papan tulis ) ini biasanya bagian permanen dari suatu kelas.
b. Buletin Board ( papan bulletin )
adalah alat yang digunakan untuk memamarkan gagasan – gagasan tertentu.
c. Flanned Board ( papan planel )
papan planel merupakan papan yang dilapisi denga kain panel gunanya untuk menyajikan pesasn yang dapat ditempel pada kain tersebut.
d. Magnetik Broard ( papan magnetic )
papan magnetic mirip papan tulis, bagian belakangnya dilapisi lembaran baja.
e. Eletrikc Broard ( papan listrik )
prinsip papan listrik ini untuk mencocokan pertanyaan dengan jawaban yang ditandai dengan menyalanya bola lampu.
B. Bahan Pembelajaran Sederhana Tiga Demensi
a. Specimen
Jenis specimen yang biasa digunakan dalam pembelajaran antara lain :
- Akuarium
- Terrariun
- Kebun binatang
- Kebun percontohan
- Insektarium
- Herbarium
- Teksidermi
b.Model ( tiruan )
Model merupakan tiruan dari suatu obyek, diciptakan sedemikian rupa sehingga bentuknya serupa walaupun dari segi-segi yang lain tidak serupa.
- Macam – macam model : model perbandingan, model lapngan untuk menerangkan wilayah tertentu, model susunan, model utuh, peta timbul, topeng dan boneka.
c. Mock – Ups
Mock – Ups sebagai alat tiruan yang mempretasikan gerak atau fungsi dari bagian tertentu dari suatu benda. Biasanya Mock – Ups hanya dibuat untuk bagian – bagian benda yang dipandang penting saja.
d. Diorama
Diorama adalah pemandangan tiga demensi mini dari suatu obyek,kejadian atau proses yang disusun oleh berbagai simbul dan bahan –bahan nyata yang bertujuan untuk menggambarkan yang sebenarnya.
C. Realita
Realita adalah benda – benda nyata seperti apa adanya atau aslinya tanpa perubahan.
D. Ritatoon
Ritatoon merupakan gambar berseri yang bibingkai sedemikian rupa, tahapan – tahapanyang ditunjakan pada gambar – gambar tersebut dapat dipresentasikan sebagai suatu proses kejadian.
E. Rotatoon
Sesuai dengan namanya bahan pembelajaran ini merupakan alat pertunjukan yang biasa diputar.
Ritatoon menggunakan gambar seri yang bersambungan dan digulung pada tempat gulungan yang diletakkan pada bagian tepi kotak.
Presentasi gambar diletakkan pada lobang yang menyerupai monitor pada pesawat TV.
3. Bahan / media pembelajaran grafis adalah bahan pembelajaran yang dituangkan kedalam symbol – symbol visual.
4. Jenis – jenis media pembelajaran grafis :
a. Grafik
Grafik merupakan gambar untuk memvisualisasikan pesan.
b. Diagrm
Diagram merupakan salah satu penyajian secara visual dengan menggunakan garis atau gambar geometris tertentu.
c. Bagan ( Chart )
Bagan berfungsi untuk memvisualisasikan ide – ide atau konsep –konsep yang sulit bila hanya disampaikan dalam bentuk lisan atau tulisan saja.
d. Sketsa adalah suatu gambar yang sederhana yang melukisksn bagian – bagian pokoknya saja.
e. Poster
Poster merupakan suatu ganbar yang cukup besar yang ditekankan pada penyampaian suatu ide pokok.
f. Gambar Kartun
Gambar kartun adalah suatu gambar interpretative yang menggunakan simbol – symbol dan kadang – kadang agak barlebihan untuk menyampaikan pesan atau sikap terhadap sesuatu, seseorang, situasi atau kejadian tertentu.
g. Peta dan Globe
Peta dan Globe merupakan bahan pembelajaran berbentuk grafis yang disajikan dengan symbol – symbol, kata – kata, gambar dan grafis yang dirancang untuk menunjukkan hubungan dan menyatakan data suatu lokasi.
5. Tahapan yang harus dilalui dalam mengembangkan bahan pembelajaran sederhana dan grafis adalah :
a. Penentuan Kebutuhan Belejar Siswa.
b. Perumusan Tujuan / Kompetensi Belajar.
c. Pengembangan Materi.
d. Visualisasi Pesan Pembelajaran.
e. Produksi.
6. Komponen pembelajaran yang ada dalam penggunaan bahan ajar dalam bentuk peta dinding adalah :
Bentuk informasi mengenai potensi suatu wilayah lengkap dengan legenda symbol – symbol dan teks, mencakup wilayah administrasi dari kecamatan sampai propinsi.
Tampilan dibuat sedemikian rupa agar membentuk citra seni dan ilmu partografi yang baik serta komunikatif.
Pembuatan peta dinding dimaksudkan membentuk informasi dasarpotensi wilayah, pulau dan kepulauan yang nantinya dipakai untuk pembentukan atlas skala menengah dan skala kecilsehingga dapat diakses masyarakat.
7. Jumlah media grafis yang ada di SD kami :
- Grafik : 6 ( enam )
- Bagan ( Chart ) : 8 ( delapan )
- Diagram : 2 ( dua )
- Sketsa : 2 ( dua )
- Poster : 4 ( empat )
- Gambar Kartun : -
- Peta dan Globe : 13 ( tiga belas )
Dikirim oleh
TRI HANDAYANI
Kelas : C ( Batang 3)
NIM : 28 2009 076
Tidak ada komentar:
Posting Komentar