Senin, 22 Februari 2010

TUGAS KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN (OLEH: TRI HANDAYANI / 282009076)

Kepada yth
Bp MAWARDI

Bersama ini saya kirimkan jawaban inisiasi 3, 4 dan 5

I) Inisiasi 3 MEDIA PEMBELAJARAN TERCETAK

1. Yang dimaksud dengan bahan pembelajaran cetak adalah perangkat bahan pembelajaran yang memuat materi atau isi pelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dituangkan dengan menggunakan tehnologi cetak.

2. Karakteristik bahan pembelajaran cetak adalah :
a) Mampu membelajarkan sendiri para siswa ( self-instructional ). Artinya bahan ajar setak harus mempunyai kemampuan menjelaskan sejelas-jelasnya untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran, baik dalam bimbingan guru maupun secara mandiri.
b) Bersifat lengkap ( self-contained ), artinya memuat hal-hal yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.

3. Macam-macam bahan pembelajaran cetak yang dapat digunakan si SD adalah :
a. Modul
Modul merupakan suatu paket belajar yang berkenaan dengan satu unit bahan pembelajaran.
b. Handout
Handout artinya sebagai buku pegangan siswa yang berisi tentang suatu materi palajaran secara lengkap.
c. Lembar Kerja Siswa ( LKS )
LKS merupakan bahan pembelajaran cetak yang paling sederhana karena komponen isinya bukan pada materi ajar saja tetapi pada pengembangan soal-soal latihan.

4. Langkah-langkah pengembangan bahan cetak :
a. Menyusun Garis-garis Besar Program Pembelajaran ( GBPP ) bahan ajar cetek yang akan dikembangkan.
GBPP memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, pokok bahasan, sub pokok bahasan, estimasi waktu dan daftar pustaka yang akan digunakan.
b. Menulis bahan ajar dengan mengikuti strategi instrusional tertentu. Prinsip penulisannya sama halnya dengan prinsip pengajaran biasa, perbedaannya adalah bahasa yang digunakan bersifat setengah formal dan setengah lisan.
c. Mereview, melakukan uji coba lapangan dan merevisi bahan ajar sebelum digunakan di lapangan.


II) Inisiasi 4 MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

1. Komputer
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata “computer” digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
• Prosesor atau CPU sebagai unit yang mengolah data
• Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
• Hard drive, media penyimpanan semi permanen
• Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
• Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer
Perangkat lunak
• Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
• Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya

2. Unsur-unsur dalam Multimedia adalah : teks, video, animasi, image, grafik dan sound.

3. Terus terang pak, di SD saya belum punya CD interaktif namun dengan adanya tugas ini saya berusaha pinjam ke SD bertaraf standar Nasional.
Di SD saya computer hanya ada satu, computer ini difungsikan untuk administrasi sekolah.
CD intraktif yang saya pinjam adalah mata pelajaran IPA ( Loboratorium Virtual IPA ) bersama professor Santi dan Esto.
Judul : TUBUH KITA
Nama Penulis : M.Ali Rizki dan Vinda Swatipadma
Penerbit : Bina Sumber Daya MIPA 2007

4. Berkaitan dengan nomor 3, CD interaktif yang saya pinjam tersebut tergolong dalam dalam Model Tutorial, alasannya adalah dalam CD interaktf tersebut mempunyai beberapa karakteristik antara lain :
a Informasi baru
b. Bersifat konsep
c. Luas dan mendalam
d. Memerlukan kotrol dan mastery learning
e. Berhubungan antara bagian pokok materi yang satu dengan yang lainnya
f. Memungkinkan dipelajari decara berulang.
g. Memiliki pola berfikir dan arah pembelajaran bercabang (branching).
h. Membutuhkan control waktu dalam setiap segman materi atau Martery
Learning secara keseluruhan.
i. Menekankan pada pengoptimalan pencapaian aspek kognitif.

Ciri Model Tutorial :
Materi dikemas dalam bentuk prosedur sebagai berikut; pendahuluan, identitas programmer,judul, pokok materi, petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh.

Pokok Materi
Materi yang dikemas dalam bentuk dua bagian yaitu uraian materi (content) dan bagian (evaluation).

Melihat hasil
Pada bagian ini didesain dalam betuk skor angka atau grafik benar dan salah.

5. Pengalaman saya saat menggunakan CD interaktif adalah :
Wah luar biasa…..
Saya sebagai guru yang baru sekali ini menggunakan CD interaktif terkagum dan senang apalagi muridnya, seandainya di SD saya punya lab computer pastilah murid-murid saya bisa bersaing dengan SD yang berstandar nasional.


III) Inisiasi 5. MEDIA PAMBELAJARAN WEB / JARINGAN JNTERNET

1. Pengertian internet,
Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan bahkan, bahkan milyaran informasi atau data yang berupa text, graphic, audio,maupun aminasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik.

Fungsi atau mafaat internet adalah :
a. Akses ke sumber media
b. Akses ke pakar
c. Media kerjasama.


2. Fungsi Browser adalah untuk mencari data yang kita inginkan dari mesin pencari data.

3.Sudah dipraktekkan

4. Sudah dipraktekkan
5. Definisi/Pengertian Virus Komputer, Worm, Trojan, Spyware, Ciri Dan Teknik Infeksi Penularan
Fri, 29/08/2008 - 12:09am — godam64
Arti Definisi / Pengertian Virus Dan Kawan-Kawan (Varian Virus) :
1. Arti Definisi / Pengertian Virus Komputer
Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita.
2. Arti Definisi / Pengertian Varian Virus Worm, Trojan Dan Spyware
a. Worm
Worm adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer kita yang memungkinkan komputer kita terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan.
b. Trojan
Trojan adalah sebuah program yang memungkinkan komputer kita dikontrol orang lain melalui jaringan atau internet.
c. Spyware
Spyware adalah aplikasi yang membocorkan data informasi kebiasaan atau perilaku pengguna dalam menggunakan komputer ke pihak luar tanpa kita sadari. Biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan.
Jika kita melihat kejanggalan pada media penyimpanan seperti file bernama aneh yang tidak pernah kita buat atau file bukan jenis aplikasi / application tetapi mengaku sebagai aplikasi maka jangan kita klik, kita buka atau kita jalankan agar virus komputer tersebut tidak menular ke komputer yang kita gunakan.
Tanda-Tanda/Ciri-Ciri Komputer Kita Terkena/Terinfeksi Virus Komputer :
- Komputer berjalan lambat dari normal
- Sering keluar pesan eror atau aneh-aneh
- Perubahan tampilan pada komputer
- Media penyimpanan seperti disket, flashdisk, dan sebagainya langsung mengkopi file aneh tanpa kita kopi ketika kita hubungkan ke komputer.
- Komputer suka restart sendiri atau crash ketika sedang berjalan.
- Suka muncul pesan atau tulisan aneh
- Komputer hang atau berhenti merespon kita.
- Harddisk tidak bisa diakses
- Printer dan perangkat lain tidak dapat dipakai walaupun tidak ada masalah hardware dan software driver.
- Sering ada menu atau kotak dialog yang error atau rusak.
- Hilangnya beberapa fungsi dasar komputer.
- Komputer berusaha menghubungkan diri dengan internet atau jaringan tanpa kita suruh.
- File yang kita simpan di komputer atau media penyimpanan hilang begitu saja atau disembunyikan virus. dan lain-lain...
Contoh bentuk media penyebaran virus komputer dari komputer yang satu ke komputer yang lain :
- Media Penyimpanan (disket, flashdisk, harddisk eksternal, zipdisk, cd, dvd, bluray disc, cartridge, dan lain sebagainya)
- Jaringan lan, wan, man, internet dan lain sebagainya.
- File attachment atau file lampiran pada email atau pesan elektronik lainnya.
- File software (piranti lunak) yang ditunggangi virus komputer.
Cara yang paling ampuh agar kita tidak terkena virus komputer adalah dengan cara menginstall program komputer yang orisinil atau asli bukan bajakan yang tidak ditunggangi virus dan kawan-kawan, tidak menghubungkan komputer dengan jaringan atau internet, serta tidak pernah membuka atau mengeksekusi file yang berasal dari komputer lain.
Tetapi cara seperti itu terlalu ekstrim dan kurang gaul dalam penggunaan komputer sehari-hari karena biasanya kita melakukan pertukaran data atau file dengan komputer lain baik berupa file pekerjaan, file gambar, file attachment, file musik, file video, dan lain sebagainya.
Jadi untuk menghindari komputer kita diinfeksi dan terserang virus maka kita harus waspada dalam berinteraksi dengan file dari komputer lain, file dari media penyimpanan dari orang lain, attachment email, pertukaran file jaringan, lubang keamanan komputer kita, dan lain-lain. Pasang antivirus yang bagus yang di update secara berkala serta program firewall untuk jaringan dan anti spyware dan adware untuk menanggulangi jenis gangguan komputer lain.

DIKIRIM OLEH:
TRI HANDAYANI
KELAS : C (BATANG 3)
NIM : 282009076

Tidak ada komentar:

Posting Komentar