Sabtu, 27 Februari 2010

Tugas Komputer & Media Pembelajaran ZUHRIYAH 282009100 Batang 3

TUGAS INISIASI III
KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SD


NAMA : ZUHRIYAH
NIM : 282009100
KELAS : BATANG III/ C


1.Yang dimaksud dengan bahan pembelajaran cetak ialah perangkat bahan pembelajaran yang memuat materi untuk untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk teknologi cetak. Selain itu juga memuat materi yang berupa ide, fakta, konsep, prinsip dan kaidah/ teori yang tercakup dalam mata pelajaran sesuai dengan disiplin ilmunya serta informasi lainnya.

2.Karakteristik bahan pembelajaran cetak ialah :

a)Dapat mempelajarkan sendiri kepada siswa(self-instructional) ialah dapat menjelaskan dengan sejelas-jelasnya untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran , baik dari bimbingan guru maupun secara mandiri.
b)Bersifat lengkap(self-contained) yaitu memuat semua hal yang diperlukan dalam proses pembelajaran seperti tujuan pembelajaran/kompetensi, materi yang mendukung/materi yang harus dipelajariterlebih dahulu, prosedur pembelajaran yang tersusun secara sistematis, soal-soal dan latihan-latihan evaluasi, kunci jawaban dan tindak lanjut yang harus dikerjakan siswa.
c)Mampu membelajarkan peserta didik (self-instructional material) maksudnya ialah dapat mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran bahkan siswa dapat menilai kemampuan belajarnya sendiri.

3.Berbagai pembelajaran cetak yang dapat digunakan di SD yaitu

a)Modul yaitu suatu paket belajar yang berkenaan dengan satu unitbahan pembelajaran yang secara rinci memuat: tujuan instruksional, topik pembelajaran, materi, kedudukan dan fungsi modul, peranan guru dalam proses pembelajaran, alat dan sumbrr pembelajaran, kegiatan belajar yang harus dilakukan, lembar kerja, dan evaluasi.
b)Handout ialah buku pegangan siswa yang berisi materi pelajaran secara lengkap.
c)Lembar kerja siswa (LKS) ialah lembar kegiatan siswa yang memuat materi secara ringkas dan disertai soal-soal latihan yang harus dikerjakan.

4.Langkah-langkah pengembangan media cetak :

a)Menggunakan buku teks
b)Kombinasi terhadap bahan yang ada dan disertai panduan belajar
c)Menyadur buku teks yang sudah tersedia
d)Menulis kembali bahan ajar yang diperlukan, disesuaikan dengan materi yang dibutuhkan.










TUGAS INISIASI IV

1.Komputer ialah media audio visual yang dapat digunakan untuk mengetik/menulis, menggambar, memotret / foto, membuat animasi, simulasi, membuat grafik, mengoperasikan analisis ilmiah dan untuk melatih keterampilan dan kompetensi tertentu sehingga dapat diakomodasi sesuai dangan balajar siswa.

2.Unsur-unsur multimedian yaitu :
Teks
Video
Animasi
Image
Grafik
Sound

3.CD interaktif yang ada di SD Proyonaggan 12 ialah :
Judul : Peralatan Olahraga Anak Untuk Pengembangan Multilateral
Penulis : Ria Lumintuarso
Penerbit : IAAF dan PASI


4.CD multimedia interaktif tersebut tergolong : Video pembelajaran
Alasannya di dalam CD tersebut menampilkan kegiatan praktek penggunaan perangkat Peralatan Olahraga Anak (POA) yang baru dikenalkan di Indonesia yang terdiri dari berbagai pola kegiatan anak seperti: Bola Rumbai, Bola POA, Bola ayun, Rudal, Raket tonis, Gawang aman, Petak lompat, Clapping, Cones dan Gelang raja.

5.Pengalaman saat menggunakan CD tersebut ialah :
Siswa terlihat sangat antusias terhadap pembnelajaran.
Meteri lebih mudah dipahami.
Terjadi interaksi yang diharapkan dalam tujuan pembelajaran.
Meteri bisa diputar ulang dikelas yang lain.
Tujuan pembelajaran bisa tercapai.



























INISIASI V

1.Pengertian dan fungsi internet.

Internet ialah media elektronik bagai perpustakaan yang didalamnya terdapat jutaan informasi / data yang berupa teks, graphic, audio maupun animasi.
Fungsi internet ialah sarana yang efisien dan efektif untuk bertukar informasi jarak jauh baik dalam lingkungan pendidikan maupun lingkungan perkantoran.

2.Fungsi Browser :

Unutk mengakses layanan Word Wide Web.
Mengakses dengan cepat untuk menerima informasi.
Untuk membuat aplikasi Web.

3.Praktek menggunakan mesin pencari :

Ketik 2 kali pada gambar ikon internet explorer berikut ini :





Ketik alamat (situs) search engine yang ingin digunakan misal : WWW.Google.com pada kotak alamat yang tersedia pada browser.
Kemudian tekan enter atau klik tombol.
Tunggu beberapa saat hingga tampilan keseluruhan selesai ditampilkan dan akan muncul halaman mesin pencari berikut ini :



Kemudian masukkan kata kunci pada kotak diatas misal : ingin mencari informasi nama-nama pahlawan Jawa Tengah.
Kemudian klik tombol telusuri dengan Google maka akan ditemukan nama-nama pahlawan dari Jawa Tengah beserta informasi sejarah perjuangannya.

4.Contoh penggunaan mesin pencari untuk mencari informasi tentang penertian virus komputer :

Buka /klik Mozila atau inetrnet Explorer.
Ketik *PengertianVirus Komputer* pada mesin pencari/search engine, kemudian tekan enter
Di bawahnya akan menunjukkan alamat-alamat (situs) internet yang memberikan informasi tentang pengertian komputer
Pilih salah satu alamat (situs) yang diinginkan dengan cara klik kiri
Kemudian akan muncul tampilan tentang pengertian virus komputer

5.Ringkasan artikel tentang pengetian virus komputer
Definisi virus komputer :

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan /menyalin dirinya sendiri yang menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program/ dokumen lain. Virus komputer sebenarnya virus biologis yang menyebar dengan cara menyelinap ke dalam dirinya sendiri ke sel mahkluk hidup. Virus komputer dapat merusak (contohnya merusak data dokumen), menimbulkan operator komputer terganggu atau tidak menimbulkan efek sama sekali. Virus komputer umumnya merusak perangkat lunak komputer dan tidak secara langsung merusak perangkat keras komputer dengan cara membuat program yang memaksa over proses ke perangkat tertentu misalnya VGA, Memory bahkan Procesor (terutama pada sistem operasi , seperti sistem operasi berbasis keluarga Windows (Windows 95, Windows 98/98SE, Windows NT, Windows NT Server, Windows 2000, Windows 2000 Server, Windows 2003, Widows 2003 Server, Windows XP Home Edition, Windows XP Professional, Widows XP Servise Pack 1,Windows XP Servise Pack 2,Windows Vista Service Pack 1) bahkan GNU/Linux. Efek negatif pada virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri yang membuat sumber daya komputer ( CPU realtime, penggunaan memori ) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95 % virus adalah virus komputer berbasis system operasi windows. Sisanya 2 % menyerang Linux / GNU dengan versi kernel dibawah 1.4 ( unix sebagai source dari Linux ), 1 % menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2 % nya menyerang system opersai lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM dan Sun Operating System.

CARA MENGATASI VIRUS KOMPUTER

Virus dapat dicegah dengan menggunakan perangkat lunak anti virus. Perangkat lunak ini dapat memdeteksi dan menghapus virus komputer, asal basis data virus komputer yang dimiliki oleh perangkat lunak anti virus telah mengandung kode untuk menghapus virus. Contoh virusnya Worm, Trojan, Backdoor, hacking dan lain-lain. Antivirusnya yang bisa diandalkan untuk menangkal virus adalah Kaspersky, Panda, Sophos, Symantec, Bit Deferder, Ansav, SmadAV, AVG, AntiVir, PCMAV, Norton, Norman, McAfee dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar