NAMA : TUM FATIMAH
NIM : 282009103
KELAS : C BATANG 3
TUGAS INISIASI I
Jawaban Tugas
Mata Kuliah : Komputer Dan Media Pembelajaran
Di SD
A. Tabel Inventarsisasi Alat Peraga di SD
No | Jenis Alat Peraga | Ada | Tidak ada | Baik | Tidak Baik |
1. | Audio Radio Tape Recorder CD Audio | - √ √ | - - - | - √ √ | - - - |
2 | Visual : Dua Dimensi a. Gambar / Foto - Gambar Kerangka manusia - Gambar Alat Indra - Gambar tata surya - Foto pahlawan - Peta b. Grafis - Grafik - Bagan - Diagram - Poster - Kartun · Tiga Dimensi a. Media Realita : Tumbuh- tumbuhan Hewan Buah-buahan Uang b. Media Model - model padat, foroominiatur, kerangka badan - Model penampang - Bola mata, model telinga - Model lapisan bumi, model gunung meletus. - Model susun (rangkaian bel listrik, susunan anatomi tubuh manusia. - Model kerja , model mesin gergaji, mein pesawat, pompa air. · Projected Visual - OHP - LCD | √ √ √ √ √ √ √ √ √ - | - | | |
3 | Audio Visual - TV - Video - Slide Suara - CD Interaktif - Kaset | √ | | | |
TUGAS INISIASI 2
1. Bahan / media pembelajaran sederhana adalah bahan / media pembelajaran yang dikembangkan mengggunakan teknologi yang sederhana/tidak kompleks.
2. Macam – macam bahan pembelajaran sederhana.
Bahan pembelajaran sederhana digolongkan menjadi 5 yaitu :
1. Bahan pembelajaran dua dimensi
2. Bahan pembelajaran tiga dimensi
3. Realitas
4. Ritatoon
5. Motatoon
Bahan pembelajaran dua dimensi contohnya :
- papan tulis di bedakan menjadi 5 yaitu :
a. papan tulis ( sholkboard )
b. papan bulletin ( bulletin board )
c. papan panel ( Flanel board )
d. papab magnetic ( magnetikboard )
e. papan elektrik ( elektrik board )
Bahan pembelajaran tiga dimensi contoh :
- Specimen, model, mock, ups, diorama
Realita contohnya :
- Mainan boneka, buah – buahan dari kayu
- Alat – alat dapur, alat olah raga, tanaman
3. Bahan / media pembelajaran grafis adalah bahan pembelajaran yang dituangkan ke dalam symbol – symbol visual.
4. Jenis – jenis media pembelajaran grafis
a. gambar / foto : yaitu gambarpahlawan , chonta alat indra
b. Bagan merupakan media yang beriri tentang gambar – gambar , keterangan – keterangan daftar-daftar.
c. Grafik
Grafik adalah penyajian kembali data-data yang berupa angka-angka dalam bentuk visual ).
Jenis grafik
1. Grafaik garis (line graphs )
2. Grfaik batang ( bar, graphs )
3. Grafik lingkaran ( pie graphs )
d. Diagram
e. Sketsa
f. Poster
g. Kartun
h. Peta
i. Globe
5. Tahapan yang harus dilahir dalam mengembangkan bahan pembelajaran grafis sederhana adalah :
a. penentuan kebutuhan belajar/kopentensi siswa
b. perumusan tujuan / kopetensi Pembalajaran
c. pengembangan materi
d. visualisasi pesan pembelajaran
e. produksi
6. Komponen pembelajaran yang ada dalam penggunaan bahan ajar dalam bentuk peta dinding adalah :
a. Komponen media
b. Komponen strategi pembelajaran
INISIASI II
( 1 )
No | Jenis Kegiatan Ekonomi | Tempat Terjadinnya Kegiatan |
1. | Dokter mengobati pasien yang berobat kepadannya | Rumah sakit |
2 | Menjual barang-barang kenangan (cinderamata ) | Emas, mainan, kain (took) |
3. | Memetik hasil tanaman padi | Sawah |
4. | Sopir bus mengangkat penumpang ke tempat tujuan | Terminal |
5 | Pedagang membeli hasil bumi dari para petani | KUD |
6 | Berburu hewan liar untuk dijadikan makanan | Hutan, kebun |
7 | Menangkap ikan | Dilaut, sungai, tambak |
8 | Menjahit pakaian | Kompeksi |
9 | Mengajar anak-anak sekolah Dasar | Sekolah |
10 | Memperbaiki mobil yang rusak | Bengkel |
( 2 )
No | Kegiatan ekonomi | Produksi | Distribusi | Konsumsi |
1 | Menjahit baju | √ | | |
2 | Membeli buku tulis | | √ | |
3 | Menagkap ikan | √ | | |
4 | Menjual sayru-sayuran | | √ | |
5 | Memakai sepatu baru | | √ | |
6 | Merawat orang sakit | | √ | |
7 | Mengatur lalu lintas | | √ | |
8 | Mengajar anak- anak SD | | √ | |
9 | Makan nasi | | | √ |
10 | Minum susu | | | √ |
( 3 )
No | Jenis SDA | Ada | Tidak ada | Keterangan |
1 | Hasil Pertanian Padi Sayur – mayur Bunga – bungaan Kentang Cabai Tomat Bawang merah Kacang tanah Singkong, jagung | √ √ √ √ √ √ √ √ √ | | |
2 | Hasil Perkebunan Teh Kopi Karet Cengkeh Kelapa Kelapa Sawit Tebu | √ √ √ √ √ - √ | | |
3 | Hasil Pertambangan Emas Tembaga Biji besi Banksit Intan Minyak bumi Gas Timah | - - - - - - - - | | |
4 | Hasil Perikanan Ikan Hias Ikan Laut Ikan air tawar Udang Karang Cumi – cumi Kepiting Belut | √ √ √ √ √ √ √ √ | | |
5 | Hasil Peternakan Kambing Sapi Kerbau Ayam Kuda Ikan Burung Kelinci Belut Buaya | √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ | | |
6 | Hasil dari huyan Rotan Kayu gelondongan Buah – buahan Madu hutan | √ √ √ √ | | |
7 | Lingkungan alam yang indah Obyek wisata laut Obyek wisata pantai Air terjun Danau | - - - - | | |
( 4 ) Macam – macam Proses produksi
NO | HASIL ALAM | BARANG HASIL PRODUKSI | TEKNOLOGI PRODUKSI |
1 | Ubi kayu | Keripik dan kelanting tepung topioka, getuk | Sederhana |
2 | Kentang | Keripik, kue lumpur dan bregedel | Sederhana |
3 | Jagung | Marning, nasi, kue bakwan, sayur | |
4 | Ubi jalar | Keripik, kremes | |
5 | Pisang | Keripik negosari | |
6 | Beras ketan | Lemper, kueku, onde2 | |
7 | Sagu | Bubur, kipas – kipas | |
8 | Kedelai | Tempe oncom | |
9 | Buah – buahan | Sirup, manisan | |
10 | Jengkol | Keripik, masakan | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar